Sukses


5 Jenis Dribble dalam Olahraga Basket, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Basket merupakan satu di antara cabang olahraga yang dimainkan secara beregu. Praktiknya, basket dimainkan oleh dua tim, masing-masing regu atau tim yang bertanding terdiri lima pemain.

Regu yang paling banyak memasukkan bola adalah regu yang memenangi pertandingan. Jenis permainan bola besar ini populer di Amerika Serikat dan di belahan bumi lainnya, seperti Eropa Selatan, Lithuania, hingga Indonesia.

Olahraga ini cenderung kompetitif dengan tempo permainannya yang lebih cepat dibanding permainan bola besar lainnya, seperti voli dan sepak bola. Basket bisa dimainkan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor).

Untuk bisa bermain bola basket, harus menguasai sejumlah teknik. Ada beberapa teknik dalam permainan bola basket yang perlu dikuasai.

Satu di antaranya adalah dribble. Dribble merupakan teknik menggiring bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis dribel dalam olahraga basket yang perlu diketahui, disadur dari Liputan6, Selasa (7/6/2022). 

2 dari 6 halaman

1. High Bounce

High bounce secara sederhana diartikan sebagai teknik dribble tinggi dalam olahraga basket. Bola yang dipantulkan dengan teknik high bounce idealnya mencapai ketinggian antara paha hingga sedikit di atas pinggang.

Jenis dribble ini dapat dimanfaatkan ketika pemain ingin menggerakkan bola ke atas lapangan dengan cepat. Untuk melakukan high bounce, pemain perlu menjaga tubuhnya agar tetap tegak, lalu dorong bagian atas bola jauh ke depan tubuh.

3 dari 6 halaman

2. Change of Pace

Change of pace merupakan teknik dribble yang dilakukan dengan memperlambat tempo gerakan hingga lawan mengira pemain seolah-olah akan berhenti.

Teknik ini berguna untuk mengecoh lawan. Ketika pemain oposisi memberikan reaksi, pembawa bola perlu segera menambah kecepatan dan bergerak melewati lawan.

4 dari 6 halaman

3. Crossover

Crossover merupakan teknik dribble silang yang cocok dimanfaatkan ketika pemain bertahan dari kubu lawan mencoba untuk mencegah pergerakan pembawa bola ke sisi tertentu.

Contohnya, ketika pemain lawan memblokir pergerakan ke sebelah kanan, pembawa bola dapat mempraktikkan dribble silang ke arah kiri, demikian pula sebaliknya.

Dribble jenis ini bagus untuk membangun jarak, tetapi membuat bola rentan direbut lawan. Maka itu, pemain perlu menjaga bola tetap rendah ketika memindahkannya dari satu tangan ke tangan lain. Pantulan bola idealnya tidak lebih tinggi dari lutut pemain.

5 dari 6 halaman

4. Between the Legs

Between the legs merupakan teknik dribble yang dilakukan dengan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya di antara kedua kaki. Gerakan ini cocok diterapkan ketika pembawa bola ingin mengubah arah dribble, tetapi sedang berada di bawah penjagaan lawan.

Meski hanya terlihat seperti variasi gerakan crossover, between the legs merupakan teknik yang penting dan efektif diterapkan ketika seseorang menghadapi tekanan ekstrem dari pemain bertahan di kubu lawan.

Dalam beberapa kesempatan, pembawa bola mungkin berada pada jarak yang sangat dekat dengan pemain bertahan. Kondisi ini akan membuat teknik crossover sulit untuk diterapkan.

Hal itu karena bola akan dengan mudah direbut lawan. Dengan melakukan between the legs, tubuh berperan sebagai perisai yang mampu melindungi bola dari ancaman pemain lawan.

6 dari 6 halaman

5. Behind the Back

Behind the back merupakan teknik menggiring bola di belakang punggung. Ketika mempraktikkan gerakan ini, pemain akan membawa dan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya melalui belakang punggung.

Teknik behind the back cocok diterapkan ketika pemain ingin mengubah arah sambil menjaga pandangan dari seluruh lapangan. Dribble dengan jenis ini juga bermanfaat untuk menjaga bola tetap jauh dari pemain lawan.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Theresia Melinda Indrasari, Editor: Harley Ikhsan. Published: 2/3/2022)

Video Populer

Foto Populer