Sukses


Macam-Macam Teknik Dasar Tenis Lapangan yang Perlu Dikuasai

Bola.com, Jakarta - Tenis lapangan merupakan olahraga yang dimainkan menggunakan raket sebagai alat pemukul bola. Untuk mendapatkan poin, pemain harus membuat bola berhasil menyeberangi net dan jatuh di lapangan permainan lawan tanpa bisa dikembalikan.

Tenis lapangan termasuk sebagai permainan bola kecil. Olahraga ini dapat dimainkan oleh pemain secara tunggal dan ganda, baik putra, putri, maupun campuran.

Secara etimologi, kata tenis berasal dari bahasa Prancis, tenez, yang artinya kerjakan atau bersiap. Olahraga ini sebenarnya diyakini sudah mulai dimainkan sejak zaman sebelum Masehi. Namun, catatan tertua menyebut kegiatan tenis lapangan berasal dari abad ke-11.

Banyak orang bermain tenis lapangan, baik menjadi atlet profesional maupun sekadar menyalurkan hobi.

Sama seperti olahraga lainnya, tenis meja memiliki teknik dasar yang perlu dikuasai oleh pemain.

Berikut ini macam-macam teknik dasar tenis lapangan, dikutip dari laman Aturanpermainan dan Teks, Rabu (8/6/2022).

2 dari 4 halaman

Teknik Servis

Servis merupakan suatu teknik awalan yang dapat dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan. Ada beberapa teknik di permainan tenis lapangan, sebagai berikut:

  • Flat serve, yakni teknik yang menghasilkan pukulan keras serta cepat.
  • Slice serve, yakni teknik yang sangat mematikan bagi lawan dengan cara mengejutkan lawan sehingga sulit bagi lawan untuk mengembalikannya.
  • Kick serve, teknik ini dilakukan dengan cara melaksanakan melempar bola hingga di atas kepala kemudian memukul bola dengan keras.
  • Twist serve, teknik ini hampir sama dengan kick serve, hanya twist serve dalam mengayunkan raket lebih jauh lagi.
3 dari 4 halaman

Teknik Memegang Raket

Teknik memegang raket merupakan suatu teknik dasar yang diperlukan pemain guna memainkan permainan tenis lapangan agar dapat memaksimalkan sebuah pukulan. Berikut beberapa macam teknik memegang raket:

  • Western grip, teknik yang dilakukan dengan cara menyerupai layaknya memegang panci. Pada saat kamu melaksanakan pukulan topsin, sangat disarankan untuk dapat menggunakan pukulan ini.
  • Continental grip, teknik yang sudah ada semenjak zaman awal terbentuknya permainan tenis lapangan, yang dilakukan dengan cara posisi tangan ada di atas gagang raket.
  • Forehand eastern, teknik yang paling mudah dalam teknik memegang karet karena teknik ini dilakukan dengan cara hanya berjabat tangan.
4 dari 4 halaman

Teknik Pukulan

Teknik pukulan merupakan suatu teknik untuk melakukan pukulan terhadap bola. Ada beberapa cara mengenai teknik pukulan, sebagai berikut:

  • Pukulan forehand; Apabila kamu seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan apabila bola tiba dari kanan.
  • Pukulan backhand; Apabila kamu seorang pengguna tangan kanan, teknik ini dilakukan jika bola tiba dari kiri.
  • Pukulan lob; Teknik ini digunakan untuk membuat lawan kesusahan dalam mengambil bola dengan melambung sedikit tinggi di atas net.
  • Pukulan voli; Pukulan ini tepat dilakukan apabila kamu mendapatkan bola dari lawan dengan jarak bersahabat dengan net.
  • Pukulan chop; Teknik ini dapat dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke bawah agar menghasilkan pukulan yang amat keras dan menukik.
  • Pukulan overhead smash; Sama halnya pukulan voli, pukulan ini dilakukan untuk mendapatkan bola dari lawan apabila jarak kamu bersahabat dengan net.

 

Sumber: Aturanpermainan, Teks

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer