Sukses


5 Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan, Menyegarkan Badan

Bola.com, Jakarta - Olahraga menjadi satu di antara kegiatan yang penting untuk dilakukan agar kesehatan tetap terjaga dan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Namun, tidak sedikit juga orang yang menyepelekan olahraga karena padatnya aktivitas atau pekerjaan di kantor.

Kegiatan olahraga paling sering dilakukan di pagi hari atau sore hari. Padahal, olahraga di malam hari juga bisa mendatangkan manfaat untuk tubuh Anda.

Selain itu, olahraga di malam hari bisa Anda lakukan jika seharian memiliki kesibukan dan dari pagi hingga sore tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Anda bisa mencoba untuk olahraga malam seperti senam aerobik, fitness, bermain bulutangkis atau bola basket, futsal, dan berbagai jenis olahraga lainnya.

Melakukan olahraga di malam hari bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan lebih berenergi untuk menjalani aktivitas di keesokan harinya.

Berikut lima manfaat olahraga malam untuk kesehatan, yang patut dicoba, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (9/6/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan

Mengatasi Insomnia

Manfaat olahraga malam diyakini akan ampuh mengatasi insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan si pengidapnya sulit untuk tidur di malam hari. Kesulitan tidur disebabkan tingkat stres selepas beraktivitas.

Untuk Anda yang memiliki kesibukan pada jam kerja, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam dilakukan secara rutin. Hal itu akan membuat kualitas tidur makin meningkat dan membuat tubuh merasa jauh lebih fit di pagi hari.

Menghilangkan Racun dan Toxin

Manfaat olahraga malam yang berikutnya adalah dapat menghilangkan racun dan toxin. Selama beraktivitas seharian, terdapat banyak racun dan radikal bebas yang mungkin dapat mengganggu tubuh dan kesehatan seseorang.

Misalnya asap dan debu, makanan tidak sehat yang dikonsumsi, dan udara AC seharian. Olahraga malam menjadi aktivitas tepat untuk mengeluarkan semuanya sehingga membuat tidur akan menjadi pulas.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan

Lebih Terlihat Awet Muda

Satu di antaranya manfaat olahraga yang paling umum, termasuk olahraga di malam hari, adalah mampu membuat Anda terlihat awet muda dan wajah terlihat lebih fresh sehingga ini bisa menjadi daya tarik bagi Anda.

Solusi Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga malam diyakini ampuh menurunkan berat badan. Setiap olahraga pada dasarnya memang menjadi solusi untuk menurunkan berat badan.

Bagi yang menjalankan program diet, olahraga menjadi kewajiban yang harus dilakukan karena dapat membakar lemak pada tubuh dan tidak perlu khawatir tentang masalah berat badan lagi, termasuk berolahraga di malam hari.

Namun, untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi pembakaran kalori dari makanan yang kita konsumsi seharian.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Malam untuk Kesehatan

Buat Keadaan Psikologis Membaik

Manfaat olahraga malam yang terakhir adalah dapat membuat keadaan psikologis Anda menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di Universitas London, membuktikan bahwa melakukan olahraga lari di malam hari dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap satu kelompok pelari dengan jarak lebih dari sepuluh kilometer ini menemukan bahwa berolahraga lari di malam hari dirasakan lebih ringan daripada berlari di siang hari, meski jaraknya sama.

Kelompok pelari tersebut berlari satu menit lebih cepat ketika berlari pada malam hari. Hal ini memengaruhi mereka secara psikologis karena mereka merasa lebih senang dan puas akan pencapaiannya.

Di sisi lain, olahraga malam juga berdampak baik pada aktivitas keesokan harinya, yakni mereka merasa lebih bersemangat untuk beraktivitas.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Rakha Fahreza Widyananda. Pubished: 5/10/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer