Sukses


9 Cara Menghafal Al-Qur'an untuk Pemula, Efektif dan Mudah Dipraktikkan

Bola.com, Jakarta - Menghafal Al-Qur'an merupakan satu di antara amalan baik yang bisa dilakukan oleh umat Islam di mana pun mereka berada.

Para penghafal Al-Qur'an akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah atau mahkota kemuliaan bagi dirinya di hari kiamat.

Selain itu, dengan menghafal Al-Qur'an, niscaya di akhirat kelak akan mendapatkan Tasyrif Nabawi atau penghargaan khusus dari Nabi.

Namun, seperti yang kita ketahui, untuk menghafalkan kitab suci umat Islam ini bisa dibilang tidak mudah, bahkan kadang untuk menghafal satu surat pun butuh waktu yang cukup lama.

Hal tersebut yang terkadang membuat semangat seseorang menjadi kendor di saat ingin menghafalkan Al-Qur'an.

Satu di antara hal yang harus dilakukan sebelum mulai menghafal Al-Qur'an adalah niat yang ikhlas dari dalam hati, dengannya niscaya Allah akan mempermudah jalan kita.

Ada beberapa cara yang dilakukan agar menghafal Al-Qur'an lebih mudah dan efektif.

Berikut sembilan cara menghafal Al-Qur'an untuk pemula, yang efektif dan mudah dipraktikkan, seperti disadur dari Merdeka, Jumat (10/6/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Menghafal Al-Qur'an untuk Pemula

1. Niat Ikhlas Hanya karena Allah

Niat merupakan satu di antara syarat dalam cara cepat menghafal Al-Qur'an. Apabila niatnya salah, seperti riya atau pamer, ujub atau bangga pada diri sendiri, atau menghafal karena ingin disebut sebagai Al-Hafidz maka itu sangat fatal.

Memiliki niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah Swt. maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Al-Qur'an.

2. Mengakrabkan Diri dengan Al-Qu'ran

Akrab dengan Al-Qur'an merupakan satu di antara cara menghafal Al-Qur'an dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Jangan pikirkan metode menghafal Al-Qur'an yang sulit terlebih dahulu, tetapi pikirkan bagaimana caranya untuk memulai membaca lima juz per hari atau harus menghafal satu ayat per hari.

3. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai cara menghafal Al-Qur'an, penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang Anda miliki. Berikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an agar hafalan menjadi lebih sempurna dan pahala yang didapatkan makin berlipat.

Hal ini juga perlu dilakukan agar Anda terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Al-Qur'an memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

3 dari 5 halaman

Cara Menghafal Al-Qur'an untuk Pemula

4. Sering Melakukan Murojaah (Mengulang Bacaan)

Makin sering mengulangi satu ayat maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan Anda. Jangan terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali. Hal ini untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut.

Sangat disarankan untuk mengulang murojaah sesering mungkin agar ayat yang sudah Anda hafalkan bisa melekat di ingatan dalam waktu yang lama.

5. Pasang Target Menghapal Al-Qur'an

Sebelum menghafal Al-Qur'an, akan baik jika membuat target dan timeline hafalan. Dengan memiliki target yang jelas, Anda akan lebih mudah untuk mendorong diri terus semangat dalam menghafal.

Terkadang, di tengah menghafal Al-Qur'an, kita biasanya mengalami kendala, seperti hafalan yang menjadi susah masuk atau malas menambah hafalan.

Kalau sudah begitu, semangat kita biasanya akan berkurang sehingga kita merasa bahwa Al-Qur'an susah untuk dihafalkan. Maka itu, adanya target akan membantu dalam mendisiplinkan hafalan kita.

4 dari 5 halaman

Cara Menghafal Al-Qur'an untuk Pemula

6. Membuat Jadwal Hafalan

Selain membuat target, membuat jadwal rutin untuk menghafal Al-Qur'an juga sangat penting agar Anda bisa disiplin dalam proses menghafal. Usahakan untuk menyediakan satu waktu khusus untuk menghafal Al-Qur'an setiap harinya.

Ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Al-Qur'an, antara lain di sepertiga malam terakhir, saat pertengahan siang hari, dan di pagi hari setelah salat subuh.

7. Banyak Mendengar Murotal

Satu di antara cara paling mudah dalam menghafal Al-Qur'an adalah dengan sering mendengarkan murotal. Biasanya, kita akan lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat tersebut dilantukan dalam irama yang merdu dan didengarkan berulang-ulang.

Makin sering Anda mendengarkan murotal maka makin banyak ayat yang Anda hafal dengan lebih cepat.

5 dari 5 halaman

Cara Menghafal Al-Qur'an untuk Pemula

8. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Qur'an

Agar menghafal Al-Qur'an menjadi lebih mudah, pastikan untuk selalu menggunakan mushaf Al-Qur'an yang sama. Menggunakan mushaf yang sama akan mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah Anda hafalkan.

Analogi menghafal Al-Qur'an itu sebenarnya mirip merekam gambar ke dalam memori sehingga bentuk mushaf itu akan memengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

9. Istiqomah

Menjadi penghafal Al-Qur'an harus memiliki prinsip yang teguh untuk selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan dan situasi apa pun. Sebab, tidak ada kesuksesan yang dapat diraih kecuali dilandasi konsistensi yang kuat, begitu pula tidak ada hafalan yang kuat diraih kecuali konsisten mengulang hafalan.

Maka itu, untuk menjaga hafalan seorang penghafal Al-Qur'an harus konsisten dengan manajemen waktu dan murajaah yang telah ditetapkan.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 14/6/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer