Sukses


Pengertian Curriculum Vitae, Fungsi, Manfaat, Ciri, Tujuan, dan Jenisnya

Bola.com, Jakarta - Curriculum vitae atau CV merupakan dokumen wajib yang harus dicantumkan ketika Anda ingin melamar sebuah pekerjaan. Maka itu, Anda harus merangkai curriculum vitae semenarik mungkin.

Curriculum vitae merupakan sebuah dokumen untuk memberikan gambaran mengenai pengalaman kerja secara singkat, sekaligus menjelaskan mengenai daftar riwayat hidup yang umumnya digunakan untuk bahan referensi ketika melamar atau mencari pekerjaan.

Biasanya curriculum vitae berisikan informasi pelamar, seperti data pribadi, latar belakang pendidikan, keterampilan, pengalaman pekerjaan, dan lain sebagainya yang tidak diketahui orang lain.

Secara sederhana, curriculum vitae adalah gambaran diri Anda secara jelas, singkat, dan tidak bertele-tele yang dimuat dalam tulisan.

Dalam pembuatan curriculum vitae tidak ada batasan. Intinya, Anda harus pintar menyusun dokumen ini agar bisa men-self-branding dan terpilih menjadi orang yang tepat untuk mengisi posisi kerja yang dibutuhkan. 

Berikut ini pembahasan lebih mendalam mengenai curriculum vitae dan berbagai informasi lainnya terkait CV, dilansir dari laman Penelitianilmiah dan Pengajar, Jumat (17/6/2022).

2 dari 4 halaman

Fungsi dan Manfaat Curriculum Vitae

1. Fungsi Curriculum Vitae

Beberapa fungsi curriculum vitae yang perlu diketahui:

  • Memperkenalkan diri kepada perusahaan.
  • Mengklasifikasikan pelamar berdasarkan jenjang pendidikan dan pengalamannya.
  • Mengetahui kemampuan dan keterampilan pelamar.
  • Mengetahui nominal gaji yang layak bagi seorang pelamar.

2. Manfaat Curriculum Vitae

Di dalam curriculum vitae menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri serta lain sebagainya. Dengan curriculum vitae maka perusahaan atau perorangan dapat memeriksa dan mengetahui perkembangan karier pelamar.

Jadi, curriculum vitae bermanfaat supaya perusahaan atau perorangan tersebut mengetahui serta juga mendapat gambaran tentang diri pelamar kerja.

3 dari 4 halaman

Ciri dan Tujuan Curriculum Vitae

3. Ciri Curriculum Vitae

Beberapa ciri dari Curriculum Vitae yang perlu diketahui:

  • Menggunakan bahasa yang formal dan sesuai EYD.
  • Berisi informasi atau diri yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Menggunakan desain yang menarik, tetapi tidak berlebihan.
  • Rapi.

4. Tujuan Curriculum Vitae

  • Untuk memberi tahu atasan tentang perincian pribadi Anda seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat.
  • Untuk mendapatkan wawancara untuk pekerjaan tertentu yang telah Anda lamar.
  • Untuk menunjukkan bagaimana Anda memenuhi kriteria untuk pekerjaan yang Anda lamar.
  • Untuk meenunjukkan kualitas diri Anda dan meyakinkan atasan untuk mengundang Anda untuk wawancara.
  • Curriculum vitae merupakan potret riwayat karier Anda, ini digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian Anda untuk peran spesifik yang telah Anda lamar.
4 dari 4 halaman

Jenis Curriculum Vitae

5. Jenis Curriculum Vitae

- Curriculum vitae berdasarkan urutan kronologis

Curriculum vitae ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila seseorang memiliki tipe perkerjaan yang sama sepanjang karier seseorang, sehingga curriculum vitae jenis ini akan memperlihatkan perkembangan karier seseorang.

Jenis curriculum vitae seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

- Curriculum vitae berdasarkan keterampilan

Jenis curriculum vitae ini lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Jenis curriculum vitae ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

 

Sumber: Penelitianilmiah, Pengajar

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer