Sukses


Macam-Macam Keutamaan Kurban yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta Menyembelih hewan kurban menjadi satu di antara amalan yang sangat dianjurkan saat Iduldha tiba. Ibadah kurban tidak lepas dari dari peristiwa pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as.

Diceritakan, Nabi Ibrahim bermimpi bahwa Allah memerintahkan dia untuk mengurbankan putra satu-satunya, Ismail. Dalam pengabdiannya kepada Allah, Ibrahim setuju untuk mengikuti mimpinya dan melakukan kurban dengan menyembelih Ismail.

Saat akan menyembelih, Allah turun tangan dan mengirimkan seekor domba jantan untuk dikorbankan menggantikan Ismail. Ismail selamat karena Ibrahim membuktikan bahwa dia akan mengorbankan putranya sebagai tindakan takwa-Nya.

Secara etimologi, kata kurban berasal dari bahasa Arab qurban yang yang berarti dekat. Sedangkan secara harfiah, kurban berarti menyembelih hewan tertentu yang disyariatkan dalam Al-Qur'an pada hari raya Iduladha sebagai bentuk ibadah kepada Allah Swt.

Dilansir laman zakat.or.id, hukum kurban adalah sunah muakad. Sunah muakad yaitu, sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. kepada ummatnya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang memiliki kelapangan dan tidak berkurban, maka jangan dekati tempat salat kami”. (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim).

Walaupun kurban bukanlah ibadah yang bersifat wajib, bagi seorang muslim atau keluarga muslim yang mampu dan memiliki kemudahan, sangat dianjurkan untuk berkurban.

Sebab, kurban mengandung banyak keutamaan yang bisa didapatkan setelah menjalankannya. Apa saja keutamannya?

Berikut ini macam-macam keutamaan kurban yang perlu diketahui umat muslim, dilansir dari laman zakat.or.id dan baznasjabar.org, Senin (20/6/2022).

2 dari 5 halaman

Ibadah yang Paling Dicintai Allah di Hari Raya Iduladha

Dari Aisyah ra, Nabi saw. bersabda,

“Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Iduladha yang lebih dicintai Allah Swt. dari menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR Tirmidzi).

3 dari 5 halaman

Hewan Kurban Sebagai Saksi di Hari Kiamat

Rasulullah telah bersabda dalam sambungan hadis yang diriwayatkan Aisyah: “Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Menurut Tirmidzi hadis tersebut hasan, sedangkan Hakim berpendapat bahwa isnadnya sahih. Sebagian ulama mengatakan isnadnya lemah. Namun karena hadis tersebut mengandung ajaran tentang keutamaan kurban, hadis tersebut tidak tercela.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Ketakwaan

Ibadah kurban merupakan satu di antara pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt. sebagaimana halnya ibadah salat. Kurban juga menjadi media takwa seorang hamba. Dalam QS. Al Maidah ayat 27 yang berbunyi:

“Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa.”

Kurban juga dapat menjadi pembelajaran untuk kita melepaskan sifat kikir,  dengki, egoisme dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Dimensi Sosial dan Kemanusiaan

Ibadah kurban tidak hanya bermanfaat untuk orang yang berkurban (Mudhohi), tapi secara tidak langsung juga bisa membantu fakir miskin dari kelaparan. Islam telah mengatur bagaimana menyeimbangkan perekonomian dan aspek kemanusiaan sosial, satu di antaranya dengan berkurban.

Daging yang dibagikan dapat menghubungkan rasa kasih sayang dan kepedulian antara fakir miskin dengan mudhohi. Dengang berkurban juga kita dapat merasakan kenikmatan rezeki dan berkah yang senantiasa diberikan Allah Swt. kepada setiap hamba-Nya.

 

Sumber: zakat.or.id, baznasjabar.org

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer