Sukses


Macam-Macam Teknik dalam Olahraga Dayung yang Perlu Dikuasai

Bola.com, Jakarta Dayung merupakan jenis olahraga daya tahan (endurance) yang media utamanya berupa air dengan alat perahu dan dayung.

Konsep olahraga dayung ialah jika menginginkan perahu bergerak ke depan maka gunakan dayung maju. Sedangkan dayung mundur dilakukan jika ingin menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur.

Sementara jika ingin membelokkan perahu ke kanan, tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur, dan sebaliknya jika ingin membelok ke kiri.

Jenis olahraga ini ada yang bersifat permainan dan ada juga yang bersifat perlombaan. Dayung bisa dilakukan secara individu maupun kelompok.

Olahraga dayung biasanya dilakukan di laut, sungai, dan danau. Di sisi lain, ada dua jenis olahraga dayung, yaitu rowing dan canoeing (kayak dan kano).

Kemudian ada juga kategori tradisional yang menggunakan perahu naga (dragon boat). Untuk bisa mahir dalam mendayung tentu tidak mudah. Terdapat beberapa teknik yang harus diketahui dan dikausai.

Berikut ini macam-macam teknik di olahraga dayung yang perlu dikuasai, dikutip dari laman Mingseli dan Mahasiswaindonesia, Rabu (22/6/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik dalam Olahraga Dayung

1. Teknik Dayung Maju

Teknik dasar ini dilakukan dengan cara menggerakan kayuhan dayung ke arah depan dan lurus mengikuti alur di bagian lambung pinggir perahu. Pada umumnya, pandangan para pendayung mengarah ke depan sembari menunggu aba-aba khusus dari komando.

2. Teknik Dayung Mundur

Teknik dayung mundur merupakan gerakan kayuhan yang mengarah ke depan tetapi dilakukan dari belakang. Di sini peran komando yang menentukan teknik dayung perahu ketika digerakkan mundur.

3. Teknik Dayung Pancung

Teknik ini merupakan teknik dasar mendayung yang digunakan untuk menggeser perahu pada bagian depan ke arah samping sampai mencapai ke garis finish.

4. Teknik Dayung Tolak (Pry Stroke)

Teknik ini biasa digunakan untuk mendukung teknik menarik atau mendayung perahu, sehingga dapat dikendalikan dengan baik ketika dayung dimasukkan dalam air.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik dalam Olahraga Dayung

5. Teknik Dayung C Stroke

Teknik dayung c stroke digunakan untuk mengubah arah perahu menuju arah yang menyerupai huruf C dengan cepat, sehingga dayungan yang dibentuk dapat lebih efektif dan baik.

6. Teknik Berhenti

Teknik dasar berhenti dipakai untuk menghentikan perahu dengan gerakkan kompak antara pendayung dan perahunya. Meski terlihat mudah, tapi faktanya teknik berhenti membutuhkan konsentrasi dan kecepatan tingkat tinggi.

7. Dayung tarik (Draw Stroke)

Dayung tarik sering digunakan dalam olahraga arung jeram untuk menghindari tabrakan antara bagian belakang perahu dengan batu, dengan menggeser perahu mendekati posisi yang diinginkan. Caranya, tancapkan dayung jauh ke samping dan tarik ke arah perahu.

 

Sumber: Mingseli, Mahasiswaindonesia

Yuk, baca kumpulan artikel macam lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer