Sukses


7 Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil, Meningkatkan Energi dan Redakan Stres

Bola.com, Jakarta Olahraga menjadi satu di antara aktivitas yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tak terkecuali untuk wanita yang sedang hamil.

Saat hamil, olahraga merupakan satu di antara hal penting yang dapat membantu ibu menjaga kesehatan tubuh. Apalagi jika usia kehamilan masih terhitung muda.

Meskipun begitu, masih ada beberapa ibu hamil yang merasa khawatir jika dengan olahraga akan membuatnya kelelahan dan bisa membahayakan janin.

Padahal jika aktivitas ini dilakukan secara tepat, maka berbagai manfaat pun bisa didapatkan. Terutama dalam menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga yang dilakukan pun tentunya yang bersifat ringan dan cenderung tidak memberatkan ibu hamil.

Berikut ini tujuh manfaat olahraga untuk ibu hamil, yang bisa meningkatkan energi dan redakan stres, disadur dari Dream, Kamis (23/6/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Meningkatkan Energi

Manfaat olahraga untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa meningkatkan energi. Di masa-masa kehamilan, pastinya ada banyak energi yang digunakan. Apalagi saat usia kandungan bertambah, maka semakin berat tubuh ibu hamil.

Namun, jika Anda rutin menjalankan olahraga, hal ini bisa lebih mempermudah aktivitas harian Anda meski sedang hamil. Dengan berolahraga, maka sistem kardiovaskular menjadi lebih kuat dan Anda pun tidak akan cepat kelelahan.

Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Saat Hamil

Saat masa kehamilan, biasanya ibu hamil akan merasakan ketidaknyamanan. Baik itu rasa sakit maupun nyeri. Namun, jika Anda rutin menjalankan olahraga, hal ini bisa menjadikan otot Anda lebih kuat dan mampu untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil misalnya saja seperti yoga dan gerakan peregangan untuk mengurangi rasa nyeri di punggung. Jika ibu hamil rutin berjalan, sirkulasi darah bisa meningkat. Kemudian jika Anda berenang, maka ini bisa menjadikan otot perut lebih kuat.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Meredakan Stres

Selain untuk persiapan menuju persalinan, manfaat olahraga bagi ibu hamil juga bisa meredakan stres. Karena ibu hamil tentunya lebih mudah mengalami stres.

Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan pengalaman pertama. Pastinya ada rasa kecemasan menuju detik-detik persalinan.

Dalam sebuah penelitian telah menemukan bahwa dengan melakukan olahraga bisa membuat kadar serotonin mengalami peningkatan. Serotonin sendiri adalah zat kimia di otak yang berhubungan dengan suasana hati. Hal ini pun bisa membuat Anda lebih bersemangat  dan pastinya mampu mengatasi stres yang Anda rasakan.

Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Saat masa kehamilan, biasanya ibu hamil mengalami kesulitan tidur, terutama pada malam hari. Satu di antaranya bisa karena posisi tidur yang kurang nyaman. Kondisi inilah yang akhirnya membuat kualitas tidur ibu hamil tidak baik.

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa mulai teratur menjalankan olahraga. Olahraga bisa membuat badan lelah dan hal ini semakin memudahkan kamu supaya cepat tidur dengan nyenyak. Tak hanya itu, ibu hamil juga mendapatkan kualitas tidur yang baik.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Terhindar Dari Risiko Komplikasi Saat Kehamilan

Manfaat olahraga untuk ibu hamil selanjutnya adalah bisa menghindarkan dari adanya risiko komplikasi saat masa kehamilan. Hal ini pun sudah dibuktikan melalui penelitian, bahwa olahraga saat hamil mampu menurunkan dari risiko diabetes gestasional serta preeklamsia.

Dengan melakukan olahraga secara teratur, akan memberikan perbedaan yang sangat penting pada perempuan yang mengalami diabetes gestasional.

Dalam suatu penelitian menemukan bahwa saat perempuan dengan gangguan tersebut menjalankan olahraga sebanyak 3 kali dalam seminggu, mampu untuk mengurangi dari risiko bayi yang sangat besar hingga sebesar 58 persen.

Persiapan Menuju Persalinan

Manfaat olahraga bagi ibu hamil bisa menjadi perisapan Anda untuk menghadapi persalinan. Hal ini karena saat melahirkan, Anda membutuhkan stamina yang lebih, semangat, dan pastinya tetap fokus.

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut, olahraga bisa memudahkan dan meringankan proses persalinan dan membuat waktu melahirkan lebih singkat.

Dengan begitu, olahraga semasa hamil bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin persalinannya berjalan secara lancar, mudah, dan cepat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Memulihkan Kondisi dengan Cepat

Manfaat olahraga bagi ibu hamil yang terakhir adalah bisa memulihkan kondisi tubuhnya secara lebih cepat. Saat ibu hamil bisa menjaga kekuatan dan kekencangan otot dengan berolahraga secara rutin sewaktu hamil, maka tubuh akan semakin cepat pulih setelah melahirkan.

Bahkan, hal ini juga bisa membuat badan tidak mengalami penambahan berat setelah bayi yang dikandung lahir. Dengan begitu, tidak membutuhkan waktu lama bagi Anda untuk beristirahat setelah melahirkan. Tubuh Anda bisa segera fit dan bisa memberikan perawatan untuk sang bayi.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 24/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer