Sukses


Macam-Macam Olahraga Simpel yang Efektif dan Ampuh Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta Olahraga secara teratur penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Pasalnya, berat badan berlebih kerap dekat dengan risiko berbagai penyakit dan membuat hidup kurang berkualitas.

Mumpung belum meningkat drastis dan masih bisa dikendalikan, dengan cara memperbaiki pola makan dan mulai rutin berolahraga.

Namun, terkadang ada sebagian orang yang beralasan tidak sempat berolahraga karena jadwal kegiatan yang padat. Ada juga orang yang malas berolahraga karena merasa ribet dengan gerakan-gerakannya.

Padahal, ada banyak macam-macam olahraga simpel dan ampuh menurunkan berat badan. Beragamnya jenis olahraga simpel tersebut semestinya membuat seseorang tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga.

Berikut ini macam-macam olahraga simpe yang efektif dan ampuh menurunkan berat badan, disadur dari Liputan6 , Sabtu (25/6/2022).

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

1. Yoga

Di masa sekarang ini, Yoga menjadi cara yang sangat populer untuk berolahraga karena bisa menurunkan berat badan dan menghilangkan stres.

Yoga selama 30 menit setidaknya bisa membakar sekitar 149 kalori. Meski, tidak drastis dapat menurunkan berat badan, melakukan yoga cukup membantu untuk membakar lemak pada tubuh dan juga meregangkan tubuh biar tidak kaku.

3 dari 6 halaman

2. Berjalan

Berjalan merupakan satu di antara olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi menyebutkan beberapa orang dengan tingkat obesitas tinggi, yang berjalan selama 50-70 menit tiga kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang.

Kegiatan ini menjadi awalan yang mudah dilakukan oleh pemula tanpa harus membeli peralatan olahraga. Selain memiliki dampak rendah, berjalan-jalan sekitar rumah akan membuat stres hilang.

4 dari 6 halaman

3. Jogging dan Lari

Jogging dan lari menjadi kegiatan yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Meski terlihat sama, keduanya dibedakan dari kecepatan bergeraknya.

Saat joging kecepatan akan berada pada 6,4-9,7 km/jam. Sedangkan saat melakukan olahraga lari umumnya dengan kecepatan 9,7 km/jam.

Jogging selama 30 menit diperkirakan dapat membakar kalori sekitar 298 kalori. Sementara dengan berlari dapat membakar sekitar 372 kalori.

5 dari 6 halaman

4. Sepeda Statis

Ingin berolahraga di dalam rumah? Maka bersepeda menggunakan sepeda statis menjadi pilihan tepat. Gerakan mengayuh yang dilakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 210–310 kalori.

 

6 dari 6 halaman

5. Bersepeda

Bersepeda jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Ampuh untuk menurunkan berat badan bila dilakukan secara benar dan rutin.

Bersepeda selama 30 menit setidaknya bisa membakar lebih dari 260 kalori. Semakin cepat mengayuh sepeda, kalori bisa terbakar lebih banyak.

Namun perlu diingat, efek olahraga dalam membakar kalori di tubuh bisa berbeda-beda setiap orang. Pasalnya, jumlah kalori yang dibakar bergantung pada intensitas olahraga dan berat badan masing-masing.

 

Disadur dari: Liputan6 (Penulis: Gilar Ramdhani. Editor: Bogi Triyadi. Published: 22/9/2021) 

Video Populer

Foto Populer