Sukses


6 Manfaat Olahraga bagi Pekerja Kantoran yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta Untuk mendapat tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit, diperlukan olahraga secara rutin. Tidak hanya menyehatkan, olahraga juga membuat badan menjadi bugar.

Itulah mengapa olahraga penting dilakukan siapa saja. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan olahraga sebagai bagian gaya hidup, tak hanya orang dewasa, tetapi juga anak muda.

Namun, ada sebagian orang yang merasa sulit memiliki waktu untuk olahraga karena terlalu sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Bagi para karyawan, olahraga tidak sebatas untuk menurunkan berat badan atau menjaga tubuh tetap bugar.

Maka itu, bagi orang-orang yang memiliki segudang aktivitas perlu memahami bahwa beberapa olahraga masih mungkin dilakukan secara singkat.

Meski dilakukan secara singkat, manfaat yang diperoleh tubuh tetap bisa maksimal. Manfaat olahraga untuk pekerja kantoran akan terasa bila dilakukan secara rutin.

Berikut ini beberapa manfaat sering olahraga secara rutin bagi pekerja kantoran, dilansir dari rsisurabaya.com, Jumat (24/6/2022).

 

 

 

 

 

 

2 dari 7 halaman

1. Bantu Kelola Stres

Stres akibat beban pekerjaan memang tidak dapat dihindari, tapi kamu bisa mengelolanya dengan berbagai cara. Pekerja kantoran dengan jadwal yang padat biasanya akan mengalihkan stres dengan melakukan kegiatan yang disukai atau menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Namun, berolahraga juga bisa menjadi satu di antara cara untuk mengelola stres. Pasalnya, berolahraga akan memberikan efek relaksasi, meningkatkan mood, serta menurunkan risiko Depresi.

Jika dilakukan secara rutin, kegiatan ini akan membantu kamu mengendalikan stres, sehingga tidak memengaruhi produktivitas kerja sehari-hari.

3 dari 7 halaman

2. Lebih Berenergi

Meski hanya sebentar, berolahraga akan memicu pelepasan hormon endorfin menuju aliran darah. Endorfin merupakan satu di antara jenis hormon yang memberikan pengaruh baik bagi tubuh, seperti meningkatkan mood serta menambah kekuatan dan stamina.

Stamina yang cukup dan suasana hati yang positif merupakan sumber energi terbaik untuk menjalankan pekerjaan dengan produktif.

Orang yang rutin berolahraga menjadi lebih jeli saat bekerja dan tidak mudah merasa ngantuk. Perlahan, performa kerja pun turut meningkat.

4 dari 7 halaman

3. Tingkatkan Kinerja Otak

Selain endorfin, hormon lain yang meningkat karena aktivitas fisik adalah serotonin. Pelepasan serotonin akan meningkatkan suasana hati, meningkatkan ketajaman berpikir, dan menjaga kejernihan pikiran.

Itu artinya, hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Untuk memperoleh manfaat hormon endorfin, kamu hanya perlu berolahraga rutin selama 30 menit dalam sehari.

Lakukan setidaknya selama 5 hari dalam seminggu. Kegiatan ini akan membuat kamu menjadi lebih fokus, teliti, dan produktif dalam menjalani pekerjaan.

5 dari 7 halaman

4. Menurunkan Risiko Penyakit

Satu di antara manfaat olahraga yang terbesar bagi pekerja kantoran adalah mencegah berbagai penyakit. Kegiatan ini menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, radang sendi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, serta kehilangan massa otot.

Olahraga juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, sehingga seseorang akan terlindung dari penyakit yang mudah menular, seperti pilek dan batuk.

Meski gejalanya ringan, pilek dan batuk dapat berlangsung lama dan terasa amat mengganggu. Kondisi tersebut tentu akan membuat produktivitas kerja menjadi menurun.

6 dari 7 halaman

5. Membangun Hubungan Baik

Mood yang baik, pikiran yang jernih, dan stres yang terkelola membuat seseorang bisa berinteraksi dengan baik di kantor. Oleh karena itulah, olahraga dinilai dapat memberikan dampak baik bagi hubungan personal pekerja kantoran.

Selain itu, olahraga juga terasa lebih menyenangkan bila dilakukan bersama teman. Teman berolahraga bisa berasal dari rekan-rekan kerja, pasangan, anggota keluarga, atau orang-orang baru yang kamu temui saat berolahraga di pusat kebugaran.

7 dari 7 halaman

6. Bisa Mengonsumsi Makanan Kesukaan

Tubuh selalu membakar kalori, bahkan saat sedang beristirahat. Namun, jumlah kalori yang dibakar menjadi jauh lebih banyak ketika kamu berolahraga.

Pasalnya, tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat berolahraga agar fungsinya tetap berjalan dengan seimbang.

Hal tersebut memberikan keuntungan karena kamu bisa mengonsumsi makanan kesukaanmu tanpa khawatir akan menambah berat badan yang tidak diharapkan.

Namun perlu diingat, kamu tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan tertentu. Walaupun kalorinya sedikit, makanan kesukaanmu mungkin mengandung bahan tambahan yang merugikan kesehatan bila dikonsumsi berlebihan.

Rutinitas berolahraga bisa diawali dengan gerakan pemanasan sederhana sebelum berangkat kerja. Bila waktunya memungkinkan, kamu bisa melakukan olahraga luar ruangan seperti berjalan kaki atau jogging.

Sumber: Web RS Islam Surabaya

Dapatkan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer