Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Ampuh dan Efektif Mengecilkan Perut Buncit

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, memiliki badan gemuk dan perut buncit akan sangat mengganggu. Perut buncit sering membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

Sebaliknya, memiliki bentuk tubuh seksi dan ideal dengan perut six pack atau kotak-kotak adalah sebuah impian. Tidak hanya bagi kaum pria, tetapi juga para wanita.

Selain enak dilihat, memiliki bentuk perut seksi menjadi tanda bahwa dalam tubuh tidak ada lemak membahayakan yang bisa menjadi sumber penyakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut, seperti dengan olahraga. Olahraga menjadi satu di antara cara untuk mengatasi perut buncit. Apa saja olahraga yang bisa mengecilkan perut buncit?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit, dilansir dari Ciputrahospital, Senin (27/6/2022).

2 dari 6 halaman

Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

1. Crunch

Crunch memiliki gerakan yang hampir mirip dengan sit-up. Bedanya, crunch hanya menggerakkan bagian kepala dan bahu.

Adapun praktiknya bisa dimulai dengan membaringkan tubuh, lalu lutut ditekuk dan kaki menyentuh lantai. Kemudian, letakkan tangan di belakang kepala atau di dada. Selanjutnya, angkat tubuh dengan rileks hingga perut terasa kencang.

Lakukan olahraga crunch ini setiap hari minimal selama 10-15 menit. Makin rutin melakukan gerakan crunch maka akan makin terlihat manfaatnya. Untuk melakukan gerakan ini pastikan gerakannya benar agar terhindar dari cedera.

2. Plank

Plank juga dinilai efektif untuk mengecilkan perut buncit. Plank dinilai efektif karena gerakan pada olahraga plank berfokus untuk melatih otot perut dan otot lain sekitar perut.

Ada sumber lain yang mengatakan, olahraga plank selama 10 menit sama halnya dengan melakukan olahraga sit-up selama satu jam.

3 dari 6 halaman

Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

3. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan semua orang. Meski sederhana, jalan kaki dapat memberikan manfaat untuk mengecilkan perut buncit.

Berjalan selama 30 menit sambil menghirup udara segar dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Tidak hanya dapat mengecilkan perut, plank dapat memberikan efek positif bagi metabolisme tubuh dan kesehatan jantung.

4. Zumba

Zumba merupakan olahraga yang dapat Anda lakukan jika ingin mengecilkan perut buncit. Pasalnya, satu jam olahraga zumba dapat membakar sekitar 1.000 kalori tubuh.

Tak hanya itu, olahraga zumba juga membantu meningkatkan kebugaran sistem kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dan mencairkan lemak perut dengan cepat. Jadi, cobalah untuk mulai olahraga zumba karena manfaatnya sangat banyak.

4 dari 6 halaman

Jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

5. Senam Aerobik

Senam aerobik menjadi satu di antara olahraga efektif untuk mengecilkan perut buncit. Senam aerobik ini simpel, mudah dilakukan, menyenangkan, dan pastinya bagus untuk membakar kalori.

6. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi satu di antara pilihan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Bersepeda sesuai aturan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dirasa optimal untuk mengecilkan perut buncit.

Bersepeda dapat membantu meningkatkan detak jantung Anda dan membantu untuk membakar kalori.

5 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit Wanita

1. Jumping Jacks

Olahraga jumping jacks tidak membutuhkan kemampuan atau teknik yang rumit. Jumping jacks akan membakar 100 kalori setiap 10 menit berolahraga. Selain dapat membantu mengecilkan perut, jumping jacks juga bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda.

2. Burpees

Burpees merupakan olahraga yang baik dan dapat membantu membakar kalori. Besaran kalori yang terbakar setiap 10 menit kurang lebih mencapai 100 kalori.

Bagi pemula, olahraga ini akan terasa berat. Sebab, dalam burpees melibatkan banyak gerakan, seperti squad, jump, push up, dan hampir seluruh tubuh Anda. Maka itu, bagi kalangan yang pemula, sering-seringlah melakukan latihan supaya terbiasa.

6 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit Wanita

3. Mountain Climber

Melakukan mountain climber tidak membutuhkan kemampuan khusus. Pemula pun dapat melakukannya. Latihan ini baik untuk mengecilkan perut buncit dan meningkatkan kekuatan otot.

Untuk Anda yang baru saja mencoba, mulailah secara perlahan dan bertahap sampai akhirnya menjadi terbiasa. Anda dapat menggabungkan gerakan mountain climber bersamaan dengan push up atau plank.

4. Olahraga naik turun tangga

Bagi Anda yang malas untuk pergi ke tempat gym atau mempersiapkan alat olahraga, naik turun tangga dapat menjadi alternatif olahraga karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan persiapan ap apun. Meski terlihat sederhana, aktivitas ini bermanfaat untuk mengecilkan perut buncit.

 

Sumber: Web Rumah Sakit Ciputra

Dapatkan artikel olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer