Sukses


8 Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan

Bola.com, Jakarta - Cara jitu mengurangi nafsu makan perlu Anda ketahui terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, adakalanya Anda kesulitan mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

Makan berlebih, apalagi mengonsumsi makanan tidak sehat, menjadi satu di antara penyebab kenaikan berat badan. Namun, bagi beberapa orang, tidak mudah untuk meredam keinginan makan, termasuk keinginan untuk selalu ngemil.

Nafsu makan berlebih tidak hanya mengantar Anda kepada konsumsi makanan yang melebihi batas, melainkan juga dapat memperbanyak frekuensi makan Anda. Bisa dibayangkan, apabila Anda sering makan dan dalam jumlah besar, tentu akan memengaruhi berat badan Anda.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mengendalikan nafsu makan menjadi keharusan. Jika Anda kesulitan, Anda bisa menyimak beberapa caranya di bawah ini.

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan Anda, disadur dari Klikdokter, Selasa (28/6/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Nafsu Makan

1. Tambahkan rasa pedas pada makanan

Mengutip Reader's Digest, senyawa aktif capsaicin dalam makanan pedas (semua jenis cabai kecuali paprika) bertindak sebagai penekan nafsu makan alami. Tidak hanya itu, capsaicin juga bisa meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. 

Jadi, jika Anda menambahkan potongan cabai rawit atau bahan pedas lainnya pada makanan, hal itu bisa memperlambat proses makan Anda.

2. Menghirup aroma peppermint

Sebuah penelitian yang dilansir dari Reader's Digest menemukan, ketika orang mencium aroma peppermint setiap dua jam selama selama lima hari, kalori mingguan mereka berkurang hingga 1.800 kalori.

Rasa lapar mereka pun lebih terkontrol ketimbang orang yang tidak mencium aroma peppermint sama sekali. Jadi, sebaiknya nyalakan lilin aromaterapi, kunyah atau hirup teh beraroma peppermint untuk menekan nafsu makan Anda.

3. Tambahkan biji chia sebagai pelengkap makanan

Biji chia kaya akan kandungan serat. Maka itu, biji chia dapat menjadi penekan nafsu makan yang besar karena "mengembang" sembilan kali lipat dalam perut. Oleh karena itu Anda akan merasa kenyang berjam-jam lamanya.

Jadi, taburkan biji chia pada oatmeal, yoghurt, smoothies, ataupun olahan kue supaya bisa menekan nafsu makan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Nafsu Makan

4. Makan satu apel tiap hari

Selain baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, apel juga bisa mengendalikan nafsu makan. Sebab, kombinasi pektin, serat larut dan kadar air yang tinggi pada apel bisa mengenyangkan Anda dalam waktu yang relatif lama.

5. Minum dua gelas air sebelum makan

Apabila sebelum makan sudah mengisi perut terlebih dulu dengan air, Anda akan merasa kenyang dan cenderung makan lebih sedikit. 

Agar rasanya tidak hambar atau monoton, Anda bisa memberikan irisan buah lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air minum tersebut.

6. Minum teh hijau

Jika Anda hanya mengonsumsi teh hitam biasa, sebaiknya ganti dengan teh hijau mulai sekarang. Pasalnya, kandungan senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam ekstrak teh hijau mampu memengaruhi hormon norepinefrin dan dopamin. Pada akhirnya, nafsu makan Anda akan sedikit berkurang.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Nafsu Makan

7. Mengelola stres

Saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Menurut seorang ahli nutrisi dari New York, Amerika Serikat, Keri Glassman, MS., kortisol yang menumpuk bisa menyebabkan akumulasi lemak perut serta masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, selama masa stres, seseorang biasanya akan mendambakan makanan atau minuman yang kadar gulanya tinggi.

Maka itu, saat Anda merasa tertekan atau stres, lakukan meditasi sejenak dengan cara menutup mata dan menenangkan pikiran. 

Anda juga sebaiknya mengatur pola napas panjang hingga beberapa menit, supaya tubuh lebih relaks dan tidak menagih untuk diberikan asupan yang tidak diperlukan.

8. Olahraga sebelum makan malam

Bekerja seharian bisa membuat Anda kelaparan saat tiba di rumah malam hari. Jadi sebaiknya, lakukan olahraga selama 30 menit sebelum Anda makan.

Hal ini karena olahraga bisa menekan acylated ghrelin (hormon kelaparan) sembari meningkatkan kadar hormon yang bertindak sebagai penekan nafsu makan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/10/2018)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer