Sukses


Macam-macam Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Hipertensi

Bola.com, Jakarta - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyebab serangan jantung dan stroke. Penyakit ini sering disebut sebagai "silent killer", karena jarang menyebabkan gejala.

Hipertensi juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam nyawa apabila tekanan darah tidak terkontrol dengan baik.

Tekanan darah normal memiliki angka kurang dari 120/80 mm Hg. Hipertensi stadium 1 adalah kondisi di mana angka tekanan darah menunjukkan angka 130/80 mm Hg atau lebih tinggi. Hipertensi stadium 2 adalah tekanan darah yang berada di atas 140/90 mm Hg.

Apabila Anda memiliki hipertensi, biasanya dokter akan menyarankan perubahan gaya hidup, terutama dalam melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur.

Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi, dengan olahraga secara rutin kesehatan jantung pun ikut terjaga.

Berikut macam-macam olahraga yang cocok untuk pengidap hipertensi, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (30/6/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga untuk Pengidap Hipertensi

Olahraga bermanfaat bagi para pengidap hipertensi karena dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Berdasarkan penelitian, olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Pada orang dewasa yang sehat, disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang minimal 150 menit per minggu.

Sedangkan untuk yang memiliki hipertensi, dianjurkan melakukan olahraga dengan intensitas sedang ke berat minimal 40 menit, sebanyak tiga hingga empat kali per minggu.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Hipertensi

1. Lari Pagi

Lari pagi maupun joging dapat menjadi satu di antara pilihan olahraga karena relatif aman dan terjangkau berbagai kalangan. Olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia dan dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Apabila Anda tidak terbiasa untuk lari, Anda dapat memulainya dengan jalan pagi terlebih dahulu dan tingkatkan intensitasnya secara perlahan.

2. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang cukup aman bagi para penderita hipertensi, khususnya yang memiliki berat badan berlebih. Dengan berenang, sebagian berat tubuh akan ditopang oleh air sehingga tidak memberatkan sendi-sendi tubuh.

Selain itu, berenang membuat seluruh tubuh bergerak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus tekanan darah.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Olahraga yang Cocok untuk Pengidap Hipertensi

3. Bersepeda

Bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat karena melibatkan otot-otot besar di bagian bawah tubuh dan membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk mengumpulkan lebih banyak oksigen.

Maka itu, bersepeda menjadi satu di antara olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan hipertensi.

4. Senam

Senam merupakan olahraga yang aman, praktis, dan dapat dilakukan di mana saja. Selain dapat membantu melenturkan otot-otot di tubuh, senam juga meningkatkan ketenangan dan menurunkan stres, yang merupakan hal penting dalam penanganan penyakit hipertensi.

5. Yoga

Olahraga alternatif untuk pengidap hipertensi adalah yoga. Selain membuat Anda rileks, melakukan yoga dapat menurunkan risiko stroke sebesar 10 persen dan penyakit jantung sebesar 7 persen.

Namun, konsultasikan dulu dengan dokter Anda mengenai yoga apa yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 3/9/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer