Sukses


Cara Mengurangi Nyeri Otot sehabis Berolahraga, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan satu di antara kebutuhan penting yang harus dipenuhi setiap orang. Dengan rutin berolahraga, badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Itulah mengapa olahraga penting dilakukan siapa saja. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan olahraga sebagai bagian gaya hidup, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak muda.

Namun, bagi mereka yang jarang berolahraga justru akan menjadi tantangan. Apalagi orang-orang yang lama tak berolahraga dan ingin memulainya kembali, terkadang malah membuat tubuhnya terasa pegal-pegal atau nyeri otot setelah olahraga.

Nyeri otot merupakan efek samping yang biasanya muncul usai berolahraga. Maka itu, penting mengetahui cara meredakan nyeri otot setelah olahraga.

Namun, Anda harus bisa membedakan antara nyeri otot setelah olahraga, dengan nyeri otot akibat bekerja terlalu berat, atau nyeri karena cedera.

Berikut ini cara mengatasi nyeri otot setelah berolahraga yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Senin (11/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

1. Tetap Aktif Bergerak

Lantaran rasanya nyeri, Anda mungkin malas dan tak ingin bergerak dari kasur atau tempat duduk. Padahal, bergerak justru bisa menjadi cara menghilangkan sakit badan setelah olahraga dan membuat tubuh merasa lebih baik.

Lakukan aktivitas fisik ringan selama 30-60 menit seperti berjalan atau bersepeda santai. Beraktivitas ringan setelah berolahraga dapat meredakan nyeri otot setelah lama tak berlatih.

2. Atur Waktu Olahraga dan Beristirahat

Anda tidak dianjurkan untuk berolahraga berat setiap hari. Saat berlatih, kombinasikan olahraga ringan dan berat dalam waktu seminggu.

Misalnya, jika hari ini berolahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan di hari berikutnya untuk mengurangi rasa nyeri. Kemudian, istirahatlah di hari ketiga untuk memulihkan energi tubuh.

3 dari 5 halaman

Cara Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

3. Gunakan Kompres Es

Jika nyeri dirasakan dalam 48 jam pertama, Anda dapat menggunakan kompres es sebagai cara mengatasi pegal setelah olahraga.

4. Gunakan Kompres Hangat

Bila dalam kurun waktu 48 jam otot masih terasa nyeri, gunakan kompres hangat. Mengompres dengan air hangat dapat memicu aliran darah dan mengurangi ketegangan otot, sehingga rasa nyeri bisa mereda.

Saat mengompres, gunakan handuk hangat dan letakkan di bagian tubuh yang nyeri. Hindari kontak terlalu lama dengan kompres yang masih panas guna mencegah terjadinya luka bakar.

4 dari 5 halaman

Cara Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

5. Pijat

Setelah olahraga, coba untuk memijat ringan bagian tubuh yang terasa nyeri. Memijat dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan pergerakan sendi tubuh. Saat dipijat, suasana hati Anda juga bisa meningkat.

Namun, tidak sembarang pijat dapat dilakukan untuk meredakan nyeri. Pilih teknik pijat yang memberikan tekanan ringan seperti Swedish massage.

Anda juga dianjurkan menjalani akupuntur dengan terapis ahli untuk menangani nyeri otot di bagian tertentu.

6. Minum Obat Anti-Peradangan

Nyeri otot setelah berolahraga dapat diredakan dengan mengonsumsi obat antinyeri yang dijual di apotek. Anda bisa mengosumsi obat seperti parasetamol, ibuprofen, dan aspirin.

Sebelum mengonsumsi obat, pastikan Anda tidak memiliki alergi atau kontraindikasi terhadap ketiga obat antinyeri tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

7. Melakukan Peregangan

Banyak orang yang sering melupakan sesi pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Padahal, pemanasan dan pendinginan adalah latihan peregangan yang dapat meredakan nyeri hingga spasme (kontraksi) otot.

Mulai sekarang, jangan lupa melakukan peregangan sebelum dan setelah berolahraga.

8. Konsumsi Makanan Berprotein

Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung protein sebagai cara meredakan nyeri otot setelah olahraga.

Pilihlah daging yang memiliki sedikit kandungan lemak, susu, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut mengandung protein yang membantu memulihkan otot setelah mengalami robekan mikro saat berolahraga.

Usahakan selalu menambahkan makanan berprotein dalam asupan nutrisi sehari-hari.

9. Pengobatan Oles Antinyeri

Obat antinyeri (analgesik) topikal bisa digunakan untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga. Obat ini dapat mengurangi rasa sakit sementara.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/3/2022).

Dapatkan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer