Sukses


Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas agar Tahan Lama dan Kualitas Tetap Terjaga

Bola.com, Jakarta - Umat muslim baru saja merayakan Hari Raya Iduladha. Hari Raya Iduladha identik dengan tradisi penyembelihan hewan kurban.

Pada umumnya, hewan kurban yang dapat disembelih adalah sapi, kerbau, unta, kambing, dan domba. Setelahnya disembelih, dagingnya akan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Biasanya daging kurban ini tidak habis dimakan hanya dalam sehari. Sebab, beberapa orang mungkin mendapatkan stok daging kurban yang cukup banyak.

Agar kondisi daging kurban tetap terjaga, sebaiknya disimpan dalam kulkas untuk kemudian diolah lagi pada keesokan harinya atau lain waktu.

Itulah mengapa, penting bagi Anda mengetahui cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tahan lama. Jika salah proses penyimpanan, daging kurban bisa bau hingga busuk dan berpotensi mengundang penyakit.

Berikut ini cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tahan lama dan kualitas tetap terjaga, dikutip dari laman rri.co.id, Senin (11/7/2022).

2 dari 4 halaman

Simpan di Freezer

Bekukan daging di freezer menggunakan suhu -18 derajat celcius, suhu ini dapat menonaktifkan jamur dan bakteri bahkan melambatkan aktivitas enzim. Seperti yang diketahui, jamur, bakteri dan enzim menjadi beberapa faktor pemicu pembusukan makanan.

Apabila belum mau mengolah daging dalam waktu dekat, lebih baik menyimpannya di dalam freezer terlebih dahulu. Nah, ketika akan mengolah daging di esok harinya, barulah pindahkan daging ke chiller atau rendam daging di air dinging menggunakan plastik.

3 dari 4 halaman

Gunakan Media Penyimpanan yang Tepat

Kemasan vacuum sangat disarankan untuk menyimpan protein hewani karena lebih awet menjaga kesegaran daging. Namun, jika tidak memiliki kemasan vacuum, kemasan plastik biasa atau stoples juga cukup, meski durasi menyimpan menjadi lebih sebentar.

4 dari 4 halaman

Simpan Secepatnya

Cara selanjutnya adalah dengan langsung menyimpan daging di kulkas setelah memperoleh daging kurban.

Pastikan Anda tidak mencuci daging kambing ketika belum mau diolah. Sebab, daging yang dicuci bisa terkontaminasi bakteri yang ada di air sehingga membuat daging mengkerut dan daging tidak segar lagi.

 

Sumber: rri.co.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer