Sukses


Macam-Macam Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Omega-3 menjadi satu di antara kandungan yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. Omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh yang biasa ditemukan dalam produk makanan hewani.

Untuk mendapatkan manfaat dari omega-3, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis ikan seperti salmon, sarden, hingga makarel.

Tidak hanya bisa mendapatkannya dengan cara mengonsumsi ikan secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi suplemen omega-3.

Manfaat dari omega-3 yang paling sering dicari oleh berbagai kalangan adalah manfaatnya dalam menyehatkan otak dan menguatkan daya ingat.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita dapat setelah mengonsumsi berbagai makanan atau suplemen yang mengandung omega-3?

Berikut macam-macam manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh, seperti disadur dari Merdeka, Selasa (12/7/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengatasi Peradangan

Omega-3 dapat mengatasi peradangan. Peradangan merupakan respons alami terhadap infeksi dan kerusakan yang terjadi pada tubuh. Peradangan terkadang bertahan lama, bahkan tanpa infeksi maupun cedera ini, yang disebut peradangan kronis atau jangka panjang.

Peradangan yang berkepanjangan hampir dapat berkontribusi menimbulkan penyakit kronis termasuk penyakit jantung dan kanker.

Anda dapat mencegah hal tersebut sedini mungkin dengan rajin mengonsumsi asam lemak omega-3 yang dipercaya dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan seperti eikosanoid dan sitokin inflamasi.

2. Menguatkan Tulang dan Sendi

Manfaat omega 3 untuk kesehatan berikutnya adalah dapat menguatkan tulang dan sendi. Hal ini sesuai dengan beberapa studi yang menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang. Dengan demikian, omega-3 dapat mencegah risiko terjadinya osteoporosis.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa omega-3 memilik efek antiradang yang baik untuk mencegah dan mengatasi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

3 dari 4 halaman

Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat omega-3 lainnya ialah baik untuk menjaga kesehatan mata. DHA merupakan struktur lemak utama pada retina mata. Kurangnya asupan DHA dapat menyebabkan berbagai gangguan mata dan penyakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula.

Maka itu, kamu perlu rutin mencukupi asupan omega-3 untuk menjaga fungsi dan kesehatan mata kamu.

4. Meredakan Nyeri Haid

Nyeri haid merupakan masalah yang sering dialami hampir semua perempuan setiap bulannya. Bukan saja sakit, nyeri haid kerap mengganggu aktivitas sehari-hari bagi yang mengalaminya.

Nyeri haid umumnya terjadi di perut bagian bawah dan panggul yang sering meluas ke punggung bawah dan paha. Manfaat omega 3 baik untuk meredakan nyeri haid.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rajin mengonsumsi omega-3 diketahui mengalami nyeri haid yang lebih ringan. Bahkan penelitian lain menambahkan bahwa suplemen omega-3 lebih efektif daripada ibuprofen dalam mengobati rasa sakit yang parah selama menstruasi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

5. Cegah Kanker Payudara

Omega 3 mampu mengurangi risiko kanker payudara. Asam lemak yang ada pada omega-3 akan menurunkan kekuatan estrogen dalam jaringan payudara.

Asam lemak omega 3 juga merupakan elemen penting yang bisa menggantikan sel payudara yang rusak terserang oleh inflamasi sel kanker. Bahkan, untuk mereka yang sudah terserang kanker payudara, asam lemak omega-3 bisa menjadi kunci untuk melawan serangan kanker tersebut.

6. Cegah Kelahiran Prematur

Manfaat omega-3 untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah kelahiran prematur. Perlu diketahui bahwa kekurangan asam lemak omega-3 bisa menjadi akibat dari ketakseimbangan emosi, stres, kekurangan gizi atau hormonal.

Wanita hamil yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 memiliki risiko 50 persen lebih rendah mengalami kelahiran prematur yang diakibatkan karena stres.

7. Menjaga Kesehatan Fungsi Otak

Selanjutnya, agar bisa tetap sehat dan berfungsi dengan baik, jaringan saraf dan otak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Satu di antara nutrisi yang dibutuhkan dan baik untuk otak dan saraf adalah omega-3.

Asupan omega-3 yang cukup diketahui baik untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 28/12/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer