Sukses


Bacaan Doa Memohon Ampunan Allah Swt. atas Dosa-Dosa, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Sebagai manusia biasa tentu tak pernah luput dari dosa. Setiap manusia tentu pernah berbuat doa kecil atau besar, baik secara sadar maupun tidak.

BACA JUGA: Bacaan Doa Taubat Lengkap Dengan Tata Cara Melakukannya

Seperti diketahui, orang yang memiliki banyak dosa akan dimasukkan ke neraka oleh Allah. Maka itu, perlu memohon ampunan atas dosa yang diperbuat kepada Allah Swt.

Adapun praktiknya dengan cara tidak mengulangi lagi dosa tersebut dan berdoa memohon pengampunan Allah Swt. atas segala dosa yang pernah dilakukan.

Sudah seharusnya manusia selalu berdoa untuk memohon ampunan setiap harinya. Doa memohon ampunan tersebut bisa dilantunkan setiap saat, terutama ketika berdoa setelah salat wajib.

Allah Swt. memiliki sifat Maha Pengampun dan senantiasa membuka pintu maaf bagi hamba-hamba-Nya yang dengan tulus ingin bertobat.

Membaca doa mohon ampun merupakan upaya untuk mendapat ampunan dari Allah atas dosa-dosa yang dilakukan.

Berikut ini bacaan doa memohon ampunan Allah Swt. atas dosa-dosa yang pernah diperbuat, disadur dari Dream, Selasa (12/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Doa Memohon Ampunan atas Kekhilafan

Berikut bacaan doa memohon ampunan atas segala kekhilafan yang bisa dibaca:

Allahummaghfir li khathi'ati wa jahli, wa israfi fi amri, wa ma anta a'lamu bihi minni. Allahummaghfir li jiddi wa hazli, wa khatha’i wa ‘amdi. Wa kullu dzalika ‘indi. Allahummaghfir li ma qadamtu wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru, wa anta ‘ala kulli syai’in qadirun.

Artinya:

"Ya Tuhanku, ampunilah kekeliruan dan kebodohanku, kelewatan batasku dalam sebuah hal, dan dosaku yang mana Kau lebih tahu dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku dalam serius dan gurauanku, kekeliruan, dan kesengajaanku. Apa pun itu semua berasal dariku. Tuhanku, ampunilah dosaku yang terdahulu dan terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan kunyatakan, dan dosa yang mana Kau lebih tahu dariku. Kau Maha Terdahulu. Kau Maha Terkemudian. Kau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

3 dari 6 halaman

Doa Memohon Ampunan atas Dosa yang Terulang

Banyak dosa-dosa yang kerap tak disadari kita ulang dalam aktivitas sehari-hari. Berikut doa memohon ampunan atas dosa yang terulang:

Allahumma inni astaghfiruka mimma tubtu ilaika minhu summa udtu fih wa astaghfiruka mimma ja’altahu ala nafsi summa la uffi bihi laka wa astaghfiruka mima za’amta anni aradtu bihi wajhaka fakhalata qalbi minhu ma qad amiltu.

Artinya:

"Ya Tuhan, aku memohon ampun kepada-Mu dari apa-apa yang telah aku sesali lalu aku mengulanginya, dan aku memohon ampun atas apa yang telah Engkau tetapkan, tapi aku tak melakukannnya, dan aku memohon ampun atas dugaanku terhadap-Mu yang membuat hatiku resah."

4 dari 6 halaman

Doa Memohon Ampunan dari Tindakan Berlebihan

Perilaku berlebihan akan mendatangkan banyak kerugian, tetapi serin gkali kita tidak sadar melakukannya. Jika sudah terlanjur, lebih baik segera memohon ampunan kepada Allah Swt. Caranya dengan membaca doa mohon ampun di bawah ini:

Rabbanaghfir lana dzunuubana wa israfana fii amrina wa tsabbit aqdamana wansurna 'alal qaumil kafirin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

5 dari 6 halaman

Doa Mohon Ampun karena Lalai

Berikut bacaan doa mohon ampun karena lali yang diambil dari Surat Al Baqarah ayat 286:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana la tuakhidzna innasina au akhthoqna, rabbana wa la takhmil 'alaina ishran kama khamaltahu alal ladzina min qoblina, rabbana wa la tukhammilna ma la thoqota lana bihi, wa'fu anna, waghfirlana, warkhamna anta maulana fanshurna 'alal qoumil kafirin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

6 dari 6 halaman

Doa Memohon Ampunan Allah Swt

Berikut ini adalah lafal doa untuk memohon ampunan Allah Swt.:

Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa’dika ma istata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abou ‘laka bi ni’matika alaya, wa abou’u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.

Artinya:

"Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Saadah. Published: 10/2/2022)

Dapatkan artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer