Sukses


Jenis-Jenis Olahraga yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Saat kita merasa memiliki berat badan yang berlebih, biasanya kita akan mencoba berbagai cara untuk menurunkannya.

Memiliki berat badan yang berlebihan membuat sang pemilik badan menjadi tak percaya diri. Selain itu, berat badan yang berlebih bisa meningkatkan risiko munculnya beragam penyakit.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, menjadi satu di antara opsi yang sangat aman dilakukan.

Ada satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, yakni dengan berolahraga secara rutin.

Membakar kalori yang ada di dalam tubuh dengan cara berolahraga menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di dalam tubuh, seperti joging, lari, dan berenang.

Berikut  jenis-jenis olahraga yang efektif membantu menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Healthline dan Prevention, Selasa (19/7/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

1. Yoga

Yoga merupakan cara populer untuk berolahraga dan menghilangkan stres. Meski, tidak bisa langsung disebut olahraga yang dapat menurunkan berat badan, melakukan yoga membantu untuk membakar lemak pada tubuh.

Yoga dapat memberikan manfaat kesehatan lainnya, selain dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Selain membakar kalori secara signifikan, penelitian telah menunjukkan yoga dapat mengajarkan Anda agar selalu memperhatikan berbagai makanan yang tidak sehat bagi tubuh, mengontrol makan berlebih, dan lebih memahami kapan tubuh kita membutuhkan makanan.

2. Jogging dan Lari

Joging dan lari menjadi kegiatan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Meski kegiatan tersebut terlihat sama, joging dan lari dibedakan dari kecepatan saat melakukan kegiatan tersebut.

Kecepatan saat melakukan joging akan berada pada 6,4-9,7 km/jam, sedangkan 9,7 km/jam menjadi kecepatan kita saat berlari.

Penelitian telah menunjukan bahwa melakukan joging dan lari dapat membakar lemak visceral yang berbahaya, umumnya biasa dikenal lemak yang berada di bagian perut.

Baik joging atau lari menjadi aktivitas yang bagus dan dapat Anda jadikan kebiasaan yang dilakukan setiap minggu. Untuk memulainya, coba joging atau lari selama 20-30 menit, 3-4 kali setiap minggu.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

3. Berjalan

Seperti halnya joging dan berlari, berjalan merupakan satu di antara olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. 

Kegiatan ini menjadi awalan yang mudah dilakukan oleh pemula tanpa harus membeli peralatan olahraga. Selain itu kegiatan ini memiliki dampak rendah, yang berarti tidak akan membuat Anda stres.

Sebuah studi yang dilakukan kepada beberapa wanita dengan tingkat obesitas tinggi menemukan, berjalan selama 50-70 menit tiga kali per minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang. Hal tersebut dapat membuat tubuh Anda terlihat lebih langsing.

Untuk memulainya, berjalanlah setelah makan siang, naik dan turun pada tangga kantor Anda, atau mengajak jalan anjing Anda mengelilingi taman. Lakukan kegiatan berjalan selama kurang lebih 20-30 menit setiap harinya.

4Bersepeda

Bersepeda jadi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini dapat membuat tubuh Anda bugar bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu bersepeda keliling taman dapat mengurangi stres.

Meski bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, saat ini banyak gym yang memiliki sepeda mesin sehingga Anda dapat tetap bersepeda di dalam ruangan jika cuaca di luar tidak memungkinkan.

Bersepeda tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, berbagai penelitian telah menunjukan bersepeda dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar, sehat, dan menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

5. Berenang

Berenang jadi satu di antara cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Berenang juga dapat membentuk tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan melibatkan beberapa wanita paruh baya menunjukan berenang selama 60 menit tiga kali dalam seminggu, dapat mengurangi lemak pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas, dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, dan kolesterol.

Berenang melakukan kegiatan yang sangat mudah dan tak memiliki efek samping berbahaya, seperti nyeri otot badan, sehingga semua kalangan dapat melakukanya.

6. Kickboxing

Kickboxing menjadi cara yang bagus untuk membakar kalori, membentuk otot, dan menghilangkan stres yang serius.

Dengan menggerakkan tenaga dari kaki Anda, lengan Anda mampu melontarkan pukulan jab, silangan, hook dan uppercut, menjadikannya sebagai latihan seluruh tubuh.

Olahraga ini dapat Anda lakukan paling tidak selama 60 menit tiga kali dalam satu minggu untuk membantu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di seluruh tubuh.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Olahraga yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

7. Skipping atau Lompat Tali

Olahraga berikutnya yang cepat untuk membantu menurunkan berat badan adalah skipping. Skipping atau lompat tali adalah latihan seluruh tubuh yang menggunakan bahu, kaki, dan betis.

Individu yang melakukan skipping akan menjaga perut tetap aktif dan membakar kalori hampir 25 persen lebih banyak dalam satu menit daripada berlari. Rata-rata, latihan skipping selama 15 menit bisa membakar sekitar 200-300 kalori.

 

Sumber: Healthline, Prevention

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer