Sukses


Jenis-Jenis Keju dan Olahannya yang Populer di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Ada banyak ragam bahan makanan yang ada di Indonesia. Satu di antaranya yang cukup populer dan kerap dicari orang adalah keju.

Sejatinya keju berasal dari dataran Eropa, dan memiliki berbagai jenis. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu keju juga merupakan makanan favorit di Indonesia.

Keju umumnya dibuat dari susu sapi yang difermentasi, tetapi ada juga beberapa jenis keju yang dibuat dari susu kambing.

Ada banyak makanan lezat yang dibuat menggunakan bahan dasar keju, contohnya sandwich keju, kue keju, hingga campuran dalam hamburger.

Lantas, apa saja jenis keju yang populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia?

Berikut jenis-jenis keju dan olahannya yang populer di Indonesia, dikutip dari laman Masakapahariini, Kamis (21/7/2022).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Keju dan Olahannya yang Populer di Indonesia

1. Keju Cheddar

Cheddar merupakan jenis keju yang paling populer di Indonesia. Terbuat dari susu sapi, keju cheddar masuk kategori hard cheese.

Jenis keju ini pertama kali populer di Inggris dan kini telah mendunia. Istilah "keju" di Indonesia biasanya diasosiasikan langsung dengan tipe keju yang satu ini.

Tekstur cheddar agak kukuh dan punya rasa yang kaya, sedikit manis, dan buttery. Seiring waktu, keju cheddar tampil dalam beragam ukuran.

Tak hanya sekadar isian roti, keju ini juga diaplikasikan dalam sajian kudapan seperti risol mayo keju hingga nasi goreng keju.

2. Mozzarella

Jenis keju yang satu ini sudah jadi favorit banyak orang sebagai topping makanan di Indonesia. Keju yang kali pertama dibuat di Italia ini terbuat dari susu skim sapi.

Tampil dengan warna putih dengan semburat kuning, mozzarella masuk kategori fresh cheese sehingga umurnya tidak sepanjang cheddar. Selain piza dan beragam masakan Italia, orang Indonesia menggunakannya sebagai topping lelehan keju untuk ayam geprek.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Keju dan Olahannya yang Populer di Indonesia

3. Edam

Meski tak seterkenal cheddar, keju edam sering jadi pilihan utama untuk membuat kue-kue kering khas Lebaran. Jenis keju yang berasal dari Belanda ini terbuat dari susu sapi dan memiliki rasa yang creamy.

Keju edam terkenal karena umurnya yang panjang. Seiring berjalannya waktu, keju edam hanya akan mengeras. Di Barat, keju ini disantap sebagai kudapan bersama buah-buahan ataupun biskuit dan roti.

4. Mascarpone

Berbeda dari beberapa keju di atas, mascarpone bertekstur creamy. Ia termasuk kategori fresh cheese yang punya rasa lembut dan manis. Keju yang berasal dari Italia ini sering digunakan untuk membuat tiramisu dan kue lainnya.

Perlu diketahui, harga keju mascarpone masuk kategori premium dan masih relatif sulit didapatkan.

5. Blue cheese

Di Indonesia, blue cheese biasanya hanya ditemukan di supermarket gourmet. Blue cheese memiliki karakteristik yang unik.

Warna biru yang terdapat pada keju berasal dari sejenis mold yang diinjeksi sebelum keju dibiarkan menua. Aromanya yang menyengat jadi ciri khas jenis keju ini.

Variannya begitu beragam, mulai jenis Gorgonzola, Roquefort, Stilton, dan lainnya. Jenis keju ini terbuat dari susu sapi dan sering digunakan sebagai dressing untuk salad ataupun sebagai kudapan di restoran bintang lima.

 

Sumber: Masakapahariini

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer