Sukses


9 Penyebab Jerawat di Leher yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jerawat menjadi suatu hal yang menyebalkan karena dapat menganggu penampilan. Laki-laki maupun perempuan bisa bermasalah dengan jerawat.

Selain itu, munculnya jerawat terkadang menimbulkan perih di wajah jika terkena air atau sentuhan tangan.

Jerawat dapat muncul di berbagai permukaan kulit, satu di antaranya yang cukup sering ditemui adalah jerawat pada bagian leher.

Jerawat di leher bisa membuat penderitanya jadi tidak nyaman. Penyebab munculnya beragam, seperti kebersihan yang kurang terjaga dan gangguan hormon.

Bagi Anda yang menghadapi gangguan jerawat satu ini, perlu mengetahui penyebabnya agar jerawat tidak lagi muncul.

Berikut sembilan penyebab jerawat di leher yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (22/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Leher

1. Gangguan Hormon

Saat pria dan wanita mengalami perubahan hormon, kemunculan jerawat di wajah, punggung, hingga leher, memang bisa jadi satu di antara tandanya. 

Biasanya, perubahan hormon ini lebih sering menyerang kaum wanita ketimbang pria. 

2. Pakai Perhiasan Tertentu 

Memakai perhiasan dengan bahan-bahan tertentu juga bisa memicu munculnya jerawat di leher.  Namun, kondisi ini jarang terjadi, kecuali perhiasan tersebut terbuat dari bahan yang memicu iritasi. Beberapa material perhiasan yang bersifat iritan antara lain logam palsu atau plastik.

Permukaan perhiasan yang kotor atau adanya bakteri pada area kulit juga bisa memicu jerawat di leher. 

3. Tidak Merawat Kebersihan Diri dengan Baik 

Satu di antara penyebab jerawat di leher dan area lainnya adalah karena kurangnya kebersihan diri. 

Bisa jadi Anda jarang mencuci atau menyabuni area leher karena terlalu fokus pada wajah. Alhasil, kotoran yang menempel pada leher jadi tidak hilang secara menyeluruh, hingga bakteri penyebab jerawat bertumpuk.

Maka itu, selalu ingat untuk membersihkan area leher dengan sabun badan atau sabun cuci muka. 

3 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Leher

4. Sedang Mengalami Stres 

Stres juga bisa menimbulkan jerawat, meski bukan jadi penyebab utama. Akan tetapi, ketika tubuh sedang mengalami kecemasan yang berlebihan, akan terjadi perubahan hormon.

Kondisi inilah yang nantinya membuat kulit lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, cobalah untuk mengelola stres Anda dengan baik. 

5. Punya Pola Makan yang Buruk

Punya jerawat di leher? Artinya bisa jadi pola makan yang Anda terapkan saat ini buruk.

Sebaiknya Anda hindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, tinggi gula, produk susu, dan makanan yang berlemak. Kurangi asupannya karena jenis makanan itu bisa memicu munculnya jerawat pada leher dan area tubuh lainnya.

6. Mengonsumsi Obat Tertentu 

Tidak hanya makanan, minum obat-obatan tertentu juga bisa memicu jerawat pada leher. Satu di antara contoh obat yang bisa memicu jerawat adalah antidepresan dan steroid. 

Konsultasikan pada dokter mengenai dosis obat agar tidak berdampak pada munculnya jerawat. 

4 dari 4 halaman

Penyebab Jerawat di Leher

7. Pakai Kosmetik 

Karena tidak mau terlihat lebih gelap dari wajah, Anda jadi mengaplikasikan makeup di bagian leher. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal ini.

Hanya, jika setelah beraktivitas Anda tidak membersihkan makeup di leher dengan tuntas, siap-siap saja dengan kemunculan jerawat.

8. Muncul Gesekan pada Kulit

Munculnya gesekan pada kulit leher juga bisa menyebabkan jerawat muncul. Misalnya, Anda memiliki baju yang mungkin terlalu ketat di bagian leher (kemeja, turtleneck, scarf), atau gesekan dari rambut panjang Anda yang mungkin kotor dan jarang dicuci.

Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini bisa menyebabkan jerawat dan memicu iritasi lainnya.

9. Riwayat Keluarga 

Punya riwayat keluarga yang sering memiliki jerawat di leher juga bisa menjadi alasan lain leher sering berjerawat. 

Jika kondisi ini terjadi pada Anda, jangan sungkan untuk pergi ke dokter kulit/kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 11/3/2021)

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer