Sukses


Jenis-Jenis Gaya Renang yang Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Jenis-jenis gaya renang yang ampuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan perlu diketahui, khususnya bagi Anda yang sedang berjuang mendapatkan berat badan ideal.

Seperti diketahui, renang menjadi satu di antara olahraga favorit. Banyak yang menyukai renang karena selain menyehatkan juga bisa menyegarkan.

Meski terkesan ringan dan fun, renang termasuk satu di antara olahraga yang mampu membakar banyak kalori. Pastinya, cocok buat Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. 

Diketahui, ada beberapa jenis gaya renang tertentu yang bahkan dapat membakar kalori lebih banyak ketimbang jenis gaya lainnya. Jadi, jenis-jenis gaya tersebut dapat Anda andalkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Anda pasti penasaran, jenis gaya tersebut. Nah, berikut ini jenis-jenis gaya renang yang ampuh bakar kalori dan turunkan berat badan, disadur dari Klikdokter, Senin (25/7/2022).

2 dari 4 halaman

Gaya Renang yang Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

Simak perhitungan gaya renang yang dapat membakar kalori berdasarkan pemilik berat badan 70 kilogram:

1. Gaya bebas

Gaya bebas meliputi pergerakan tangan dan kaki secara aktif. Apabila dilakukan untuk tujuan rekreasional atau nonkompetisi (kecepatan sedang), jumlah kalori yang dibakar adalah 406 kkal (kilokalori) per jam.

Sedangkan bila dilakukan untuk berkompetisi atau nonrekreasional dengan kecepatan dan intensitas yang tinggi, kalori yang dihabiskan adalah sebanyak 686 kkal per jam

2. Gaya dada atau katak

Gaya katak merupakan gaya renang yang paling sering digunakan, baik perenang amatir maupun profesional. Gaya katak juga terbilang mudah dipelajari.

Apabila sifatnya rekreasional atau nonkompetisi (kecepatan sedang), kalori yang dibakar bisa mencapai 371 kkal per jam. Lalu, untuk nonrekreasional atau kompetisi dengan kecepatan dan intensitas tinggi, kalori yang dibakar bisa sebesar 721 kkal per jam.

 

3 dari 4 halaman

Gaya Renang yang Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

3. Gaya punggung

Gaya punggung adalah gaya renang yang dilakukan dalam keadaan telentang atau bagian punggung menghadap permukaan air.

Selama telentang, tangan mengayuh ke arah belakang menuju pinggang (seperti gerakan gaya bebas) untuk mendapatkan pergerakan.

Lantaran berada di posisi telentang, mulut dan hidung jadi lebih mudah untuk menarik napas.

Untuk keperluan rekreasional atau nonkompetisi dengan asumsi kecepatan sedang, jumlah kalori yang dibakar adalah 336 kkal per jam. Akan tetapi, bila dilakukan untuk kompetisi atau nonrekreasional dengan kecepatan dan intensitas tinggi, kalori yang dibakar adalah 665 kcal per jam.

4. Gaya kupu-kupu

Gaya kupu-kupu merupakan gaya renang yang paling banyak memakan kalori karena melibatkan pergerakan batang tubuh yang cukup berat. Gaya ini tidak mudah dilakukan dan memang sangat memakan kalori.

Secara umum, baik untuk tujuan rekreasional atau kompetisi, gaya kupu-kupu akan menghabiskan kalori sebanyak 966 kkal per jam.

 

4 dari 4 halaman

Gaya Renang yang Ampuh Bakar Kalori dan Turunkan Berat Badan

5. Mengambang

Sebenarnya gerakan yang satu ini bukan merupakan satu di antara gaya dalam olahraga renang. Namun, gerakan ini selalu kita lakukan untuk mengambang di dalam air ketika kita sedang tidak melakukan gaya tertentu.

Water-trapping atau gerakan mengambang di air, bila dilakukan dengan kecepatan rendah hingga sedang akan membakar kalori sebesar 245 kkal per jam. Jika gaya mengambang dilakukan pada kecepatan atau intensitas tinggi, kalori yang dibakar dapat mencapai 686 kkal per jam.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 31/12/2020)

Dapatkan artikel renang dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer