Sukses


Daftar Nama Tokoh Proklamasi beserta Perannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Pembacaan teks proklamasi pada 17 Agustus 1945 merupakan penanda kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

Di samping itu, pembacaan teks proklamasi menjadi ujung tombak dari segala perjuangan dan pengorbanan yang telah dicurahkan para pahlawan Indonesia.

Dalam sejarahnya, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan pukul 10.00 WIB, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung lebih mengenal Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai proklamator Indonesia.

Namun, pada momen bersejarah tersebut tak hanya Ir. Soekarno dan Moh.Hatta saja yang terlibat, ada beberapa tokoh lain yang berperan penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Mungkin belum banyak yang tahu, siapa saja tokoh-tokoh tersebut. Penasaran siapa saja tokohnya dan seperti apa perannya pada proklamasi kemerdekaan Indonesia?

Berikut ini daftar nama tokoh proklamasi beserta perannya yang perlu diketahui warga Indonesia, dikutip dari laman Gurubelajar86, Selasa (26/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Daftar Nama Tokoh Proklamasi beserta Perannya

1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno merupakan Presiden pertama Republik Indonesia. Bung Karno lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901, dan meninggal di Jakarta, pada 21 Juni 1970.

Bung Karno menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.

Ia kemudian menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Hatta. Bung Karno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

2. Drs. H. Mohammad Hatta

Drs. H. Mohammad Hatta atau Bung Hatta, lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 12 Agustus 1902. Beliau wafat di Jakarta, 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun. Bung Hatta berperan menyusun konsep teks proklamasi bersama Bung Karno dan Mr. Achmad Soebardjo.

Ia ikut menandatangani teks proklamasi atas nama bangsa Indonesia bersama Bung Karno. Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama Indonesia. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

3 dari 4 halaman

Daftar Nama Tokoh Proklamasi beserta Perannya

3. Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo

Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo lahir di Karawang, Jawa Barat, 23 Maret 1896, dan wafat pada 15 Desember 1978 pada usia 82 tahun. Beliau Menteri Luar Negeri Indonesia yang pertama.

Achmad Soebardjo merupakan salah seorang tokoh dari golongan tua yang berperan mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Achmad Soebardjo berperan menyusun konsep teks proklamasi di rumah Laksamana Tadashi Maeda bersama Bung Karno dan Bung Hatta.

4. Laksamana Tadashi Maeda

Laksamana Tadashi Maeda merupakan seorang perwira tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Beliau membantu persiapan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan dengan mempersilakan rumahnya digunakan untuk kegiatan penting.

Di rumahnya berkumpul para tokoh bangsa yang berjasa besar. Walau beliau orang Jepang, beliau rela membantu Indonesia dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan karena simpati terhadap rakyat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Daftar Nama Tokoh Proklamasi beserta Perannya

5. Sukarni

Sukarni lahir di Blitar, Jawa Timur, 14 Juli 1916. Beliau wafat di Jakarta, 7 Mei 1971 pada usia 54 tahun. Nama lengkapnya adalah Sukarni Kartodiwirjo.

Sukarni adalah salah seorang tokoh pemuda dan pejuang yang gigih melawan penjajah. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia.

6. Fatmawati

Fatmawati yang bernama asli Fatimah, lahir di Bengkulu pada 1923, dan meninggal dunia di Jakarta pada 1980. Beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta.

Fatmawati merupakan sosok yang menjahit bendera pusaka sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

7. Sayuti Melik

Teks proklamasi kemerdekaan diketik oleh Sayuti Melik. Sayuti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sayuti Melik mengetik naskah proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

 

Sumber: Gurubelajar86

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer