Sukses


Macam-Macam Teknik Tangkisan Karate yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Karate merupakan satu di antara seni bela diri yang cukup digemari di Indonesia. Banyak orang yang ingin belajar karate secara baik dan benar.

Sebelum itu, penting bagi kamu mengetahui apa itu karate. Awalnya, perkembangan karate terjadi sekitar abad ke-16 M di Pulau Okinawa. Pada saat itu Pulau Okinawa belum menjadi bagian negara Jepang.

Seiring berjalannya waktu, pada abad ke-19 Pulau Okinawa menjadi bagian negara Jepang dan karate mulai berkembang di Negeri Matahari Terbit.

Nama seni bela diri ini awalnya bukanlah karate, namum Tote. Tote memiliki makna yaitu tangan China.

Setelah tote masuk ke Jepang maka kanji Okinawa diganti oleh sensei Gichin Funokashi ke dalam kanji Jepang, sehingga tote berubah menjadi karate.

Secara bahasa, karate terdiri atas dua kanji, yaitu kara (kosong) dan te (tangan). Jadi, karate adalah satu di antara cabang olahraga bela diri yang hanya menggunakan tangan kosong tanpa menggunakan bantuan senjata.

Ada banyak gerakan dalam seni bela diri karate, dan satu di antaranya adalah teknik tangkisan (uke).

Berikut ini macam-macam teknik tangkisan karate, yang bisa dipelajari, dikutip dari laman Muhammad-anwari dan Materiolahraga, Rabu (27/7/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Tangkisan Karate

1. Age Uke/Jodan Uke

Tangkisan untuk menahan serangan yang mengarah pada bagian atas tubuh yaitu kepala, teknik ini juga bisa divariasikan untuk menyerang bagian dagu atau leher lawan.

2. Uchi Uke

Tangkisan untuk menahan serangan ke arah dada, perut, kepala. Teknik tangkisan ini hampir sama dengan teknik tangkisan ude uke, yang membedakan hanyalah cara pengambilannya.

Teknik uchi uke merupakan teknik tangkisan yang pengambilannya dari ketiak, artinya tangkisan ini merupakan tangkisan keluar.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Teknik Tangkisan Karate

3. Ude Uke

Tangkisan untuk menahan serangan yang mengarah ke arah perut, dada, dan kepala. Yang membedakan dengan tangkisan uchi uke adalah cara pengambilannya, cara pengambilan tangkisan ini adalah dari kepala.

4. Gedan Barai

Merupakan tangkisan bawah yang fungsinya untuk menahan serangan yang mengarah ke arah kaki, perut. Biasanya tangkisan ini menahan serangan tendangan mae geri, cara pengambilan tangkisan ini dari kepala.

 

Sumber: Muhammad-anwari, Materiolahraga

Dapatkan kumpulan artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer