Sukses


Contoh-Contoh Perilaku Bela Negara yang Patut Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Bela negara adalah satu di antara wujud bahwa kita mencintai tanah air, dan bersedia menjadi individu yang berada di garda terdepan dalam mempertahankan identitas dan integritas negara.

Bela negara merupakan sikap yang harus ditujukan oleh setiap warga negara, mulai kelompok usia dini hingga para orang yang telah lanjut usia.

Setiap warga negara mempunyai kewajiban yang sama dalam urusan bela negara. Hal ini dilakukan semata-mata untuk kemajuan bangsa.

Bahkan dalam Pasal 30 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai kekuatan utama, dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Lalu, seperti apa perilaku bela negara itu? Berikut 20 contoh perilaku bela negara yang patut untuk dilakukan, seperti dikutip dari laman Dosensosiologi, Kamis (28/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Contoh Perilaku Bela Negara

1. Mempelajari sejarah perjuangan pahlawan

Satu di antara perwujudan cinta tanah air adalah mengetahui perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Tujuannya adalah agar setiap warga negara juga ikut merasakan perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan.

Selain itu, diharapkan setiap warga negara mengamalkan nilai sosial dan norma sosial yang diberikan para pahlawan.

2. Mempelajari budaya daerah

Budaya daerah adalah akar dari budaya nasional. Mempelajari budaya daerah menjadi satu di antara cara untuk melestarikan budaya nasional. Banyaknya budaya asing yang masuk ke negara kita mengancam lunturnya budaya asli.

Untuk menjaganya, setiap warga negara lebih baik tetap mempelajari, melestarikan, dan mengenalkan budaya kita kepada negara lain.

3. Menjaga dan melestarikan lingkungan

Cinta tanah air berarti menjaga tempat kelahiran dari kerusakan. Wilayah adalah satu di antara unsur negara. Maka itu, lingkungan sosial harus tetap dijaga kelestariannya agar warga negara yang tinggal di dalamnya dapat melangsungkan kehidupannya dengan aman dan nyaman.

4. Menggunakan produk dalam negeri

Menggunakan produk dalam negeri akan meningkatkan penghasilan para pengrajin atau produsen dalam negeri. Dampaknya adalah pendapatan perkapita negara akan meningkat. Selain itu, akan mengurangi berbagai jenis pengangguran.

3 dari 6 halaman

Contoh Perilaku Bela Negara

5. Ikut serta mengatasi kerusakan massal dan komunal

Dalam kehidupan berbangsa tentunya akan selalu terdapat masalah baik yang memiliki kerusakan massal dan komunal, seperti tawuran, konflik agama, dan sebagainya. Sebagai warga negara, kita bisa mencegahnya.

6. Selalu berlaku jujur dan amanah

Dalam kehidupan bermasyarakat terkadang kita diberikan tanggung jawab untuk mengemban tugas yang mengelola uang kepentingan sosial. Satu di antara upaya bela negara kita adalah dengan tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

7. Aktif bersosialisasi di tengah masyarakat

Makhluk sosial seperti manusia tidak bisa hidup sendirian. Oleh karena itu dia perlu untuk berinteraksi dan berhubungan positif dengan masyarakat lain di sekitarnya.

8. Memperkanalkan wisata lokal kepada dunia

Banyak wisata lokal yang belum dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan. Masyarakat lebih memilih berwisata ke luar negeri. Padahal, dengan mengunjungi tempat wisata dalam negeri akan meningkatkan pendapatan daerah maupun nasional.

Banyaknya tempat wisata bahkan juga dapat menarik wisatawan luar negeri.

4 dari 6 halaman

Contoh Perilaku Bela Negara

9. Membayar pajak tepat waktu

Satu di antara wujud kesadaran berbangsa adalah membayar pajak tepat waktu. Pajak digunakan untuk membiayai kebutuhan belanja negara dan kebutuan warga negara. Jadi, seharusnya pajak akan kembali kepada rakyat itu sendiri.

Hal yang tidak boleh dilakukan adalah menunda membayar pajak atau memanipulasi pajak.

10. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat

Mengikuti upacara bendera dengan khidmat adalah wujud kesadaran berbangsa dan bernegara. Banyak generasi penerus bangsa yang tidak mengikuti upacara bendera dengan khidmat.

Padahal, upacara memiliki banyak makna yakni menghormati jasa pahlawan, meningkatkan kedisiplinan, dan rasa cinta terhadap negara.

11. Menghindari golput ketika pemilu berlangsung

Banyak masyarakat yang golput, tidak mencoblos sewaktu pemilu, bahkan tidak menyempatkan diri untuk datang ke TPS dengan berbagai alasan.

Seperti tidak percaya kepada calon pemimpin yang akan dipilih, tidak mendapatkan imbalan dalam arti pemilu dan lain sebagainya. Sangat disayangkan karena masa depan bangsa ada di tangan para pemilih pemimpin.

12. Menghindari konflik

Menghindari konfik merupakan satu di antara perwujudan sadar berbangsa dan bernegara. Pecahnya suatu negara diawali dari pecahnya masyarakat dan tidak adanya persatuan di dalamnya sehingga akan mudah dicampuri dan dikuasai oleh negara lain.

5 dari 6 halaman

Contoh Perilaku Bela Negara

13. Melakukan musyawarah

Musyawarah dilakukan untuk mencapai mufakat terhadap suatu keputusan yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat sosial. Misalnya, ikut berkontribusi dalam membangun rumah ibadah, fasilitas publik atau perbaikan drainase.

14. Tidak melanggar norma sosial

Masyarakat Indonesia dikenal sangat menjunjung norma sosial dan masyarakat yang masih berlaku. Dengan tidak melanggar norma sosial yang ada, kita secara tidak langsung juga menjaga keutuhan bangsa.

15. Berartisipasi langsung di bidang keamanan

Bela negara bisa kita wujudkan dengan membantu pihak militer atau TNI dalam mengamankan suatu kondisi.

16. Mengikuti organisasi-organisasi kemanusiaan

Mengikuti organisasi kemanusiaan menjadi satu di antara wujud rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Banyak organisasi sosial kemanusiaan seperti peduli bencana, organisasi perlindungan perempuan, organisasi perlindungan anak, yatim dan sebagainya. Organisasi-organisasi ini lah yang membantu pemerintah dalam memberantas banyaknya keterbatasan.

6 dari 6 halaman

Contoh Perilaku Bela Negara

17. Berprestasi untuk mengharumkan bangsa dan negara

Memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademis akan membanggakan bagi negara. Apalagi ketika dunia tahu prestasi yang dimiliki oleh anak bangsa. Hal ini juga perlu mendapat dukungan dari pemerintah. Tugas kita yakni meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

18. Pelajar belajar dengan giat

Generasi muda harus belajar dengan rajin dan giat guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jangan sampai kita tertinggal oleh negara lain.

Di era milenial ini dituntut untuk meningkatkan kualitas SDM untuk bersaing dengan negara lain. Bukan hanya hal akademik, namun juga keterampilan lain.

19. Mengangkat potensi daerah tempat tinggal

Setiap masyarakat bertanggung jawab atas kemajuan daerahnya. Melalui perkumpulan pemuda atau perkumpulan lain di daerahnya diharapkan bersama-sama untuk menggali potensi daerah yang dimiliki.

Misalnya potensi sumber daya alam, potensi sumber daya manusia, potensi wisata, ekonomi, dan sebagainya.

20. Guru mendidik siswanya dengan tulus

Sebagai guru yang melaksanakan bela negara adalah mendidik siswanya dengan penuh perhatian. Bukan hanya mengajar, tetai mendidik mereka menjadi manusia yang baik. Harapan bangsa ada pada generasi muda yang memiliki karakter dan akhlak baik.

 

Sumber: Dosensosiologi

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer