Sukses


Cara Minum Kopi untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, ada sebagian orang sangat suka hingga susah melepaskan diri dari kopi. Bahkan, kopi sering dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina dan mencegah rasa kantuk saat beraktivitas.

Namun, tak hanya untuk mengusir kantuk. Faktanya, ada begitu banyak manfaat kopi bagi kesehatan, seperti menurunkan risiko terjadinya gagal jantung, kanker usus besar, Alzheimer, dan stroke.

Selain itu, kopi bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau diet. Hal itu karena kafein yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga memicu peningkatan dalam jumlah pembakaran kalori.

Mungkin belum banyak yang tahu, kopi bisa bantu menurunkan berat badan. Namun, ada beberapa cara mengonsumsi kopi secara sehat yang perlu diikuti.

Kemudian perlu diingat juga, untuk menurunkan berat badan, Anda tetap harus memenuhi asupan gizi seimbang yang disertai dengan olahraga.

Berikut ini beberapa cara minum kopi untuk menurunkan berat badan yang bisa dipraktikkan, disadur dari Klikdokter, Jumat (29/7/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Jenis Kopi

Kopi light roast cenderung lebih kaya akan antioksidan polifenol daripada roasting medium atau dark. Oleh karena itu, kopi light roast lebih bagus untuk Anda yang sedang diet.

Selain itu, pilihlah kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Anda dapat membeli biji kopi utuh, lalu menggilingnya sendiri di rumah menggunakan coffee grinder.

Minum kopi tanpa gula dapat membantu Anda dalam membatasi asupan kalori berlebih ke dalam tubuh. Jika Anda khawatir mengenai kandungan pestisida pada kopi, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli biji kopi organik.

3 dari 6 halaman

2. Batasan Minum Kopi Per Hari

Untuk kesehatan yang optimal, seseorang dianjurkan minum kopi 150-450 mililiter saja per hari, atau setara dengan kafein maksimal 400 miligram.

Mengonsumsi kopi terlalu banyak bisa memicu efek samping seperti jantung berdebar, gangguan lambung, dan gangguan metabolisme.

4 dari 6 halaman

3. Minum Kopi pada Waktu Tertentu

Kopi paling baik dikonsumsi pada pukul 10.00-15.00. Setelah pukul 15.00 sore, minum kopi tak lagi dianjurkan karena dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Bukannya manfaat diet kopi yang didapat, melainkan insomnia di malam hari yang justru bisa mengganggu kesehatan. Insomnia pun berpotensi meningkatkan berat badan.

5 dari 6 halaman

4. Gunakan Pengganti Gula yang Sehat

Agar manfaat kopi untuk diet lebih maksimal, sebaiknya jangan menambahkan gula. Sering kali gula digunakan saat mengonsumsi kopi.

Jika merasa harus memberikan rasa manis dalam kopi, sebaiknya gunakan pemanis buatan yang tidak mengandung kalori sama sekali, seperti gula stevia.

Selain itu, Anda bisa menggunakan kayu manis untuk menambah cita rasa kopi Anda. Faktanya, kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida.

 

6 dari 6 halaman

5. Hindari Campuran Krimer

Memang krimer menjadi komponen yang biasa digunakan orang-orang untuk menambah kenikmatan kopi yang dikonsumsi.

Hanya, penambahan krimer tidak dianjurkan. Hal itu karena kandungan lemaknya tinggi serta terdapat kandungan gula. Akibatnya justru dapat menggagalkan diet penurunan berat badan Anda.

Dibanding krimer, untuk menambah efek creamy pada kopi, lebih baik bila menggunakan susu sapi cair seperti susu segar atau susu UHT.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 29/3/2022)

Dapatkan artikel tentang kopi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer