Sukses


Cara Membuat Peta Lokasi dari Google Maps, Mudah dan Pahami Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Cara membuat peta lokasi di google maps perlu Anda pahami agar mudah dipraktikkan. Dengan membuat peta sendiri akan memudahkan Anda dalam menandai lokasi secara manual.

Dengan begitu, lokasi tujuan Anda akan lebih mudah dicapai. Selain mudah, cara memakainya juga gratis.

Namun, sebelum mengetahui cara membuatnya, Anda perlu mengetahui apa itu peta, fungsi serta jenis-jenisnya.

Peta adalah gambaran permukaan bumi yang dibuat atau diciptakan pada bidang datar.

Sekarang ini, kita sudah dipermudah dengan adanya peta di smartphone. Hal ini tentunya membantu untuk mendapatkan informasi yang ingin Anda temukan tentang suatu lokasi atau wilayah, walau Anda belum pernah mengunjungi lokasi tersebut.

Berikut rangkuman terkait cara membuat peta lokadi dari Google Maps beserta fungsinya, disadur dari Liputan6, Senin (1/8/2022).

2 dari 5 halaman

Pengertian Peta

Sebelum mengetahui cara membuat peta, Anda perlu memahami apa itu peta terlebih dahulu. Kata peta berasal dari bahasa Yunani, 'mappa', yang memiliki arti 'kain penutup meja'.

Secara umum, peta adalah lembaran yang menampilkan sebagian maupun seluruh permukaan bumi dengan skala tertentu pada sebuah bidang datar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, peta adalah gambar atau lukisan pada kertas dan sebagainya yang menunjukkan letak tanah, laut, sungai,gunung, dan sebagainya.

Peta juga diartikan sebagai representasi melalui gambar dari suatu daerah yang menyatakan sifat, seperti batas daerah hingga sifat permukaan.

Peta pada intinya adalah gambar permukaan bumi pada bidang datar yang dibuat dalam skala tertentu.

Peta bukanlah foto dari permukaan bumi. Lebih dari itu, peta dapat menunjukkan banyak hal yang tidak bisa ditunjukkan oleh foto. Maka itu, peta terlihat sangat berbeda dari sebuah foto permukaan bumi karena banyak hal yang bisa ditunjukkan dan dijelaskannya.

Peta adalah gambar atau representasi dari permukaan bumi, yang menunjukkan bagaimana sesuatu akan terkait satu sama lain oleh jarak, arah, dan ukuran.

3 dari 5 halaman

Fungsi Peta

Fungsi peta dapat dikatakan baik jika bisa dibaca dan dimengerti dengan mudah oleh penggunanya. Fungsi ini tentunya berkaitan dengan cara membuat peta. Secara umum, fungsi peta dapat dibagi sebagai berikut:

1. Untuk menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.

2. Untuk memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.

3. Untuk menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai, dan bentuk-bentuk lainnya.

4. Untuk membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.

5. Untuk menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.

6. Sebagai alat untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.

7. Sebagai alat untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

4 dari 5 halaman

Jenis Peta Berdasarkan Bentuk

1. Peta digital

Berdasarkan namanya, peta digital dibuat menggunakan bantuan komputer. Peta digital akan menampilkan data-data yang disimpan di dalam memori komputer. Untuk melihatnya, peta digital ini ditayangkan melalui layar monitor komputer dengan menggunakan program map info dan arc info.

2. Peta timbul

Peta timbul adalah peta yang dibuat secara tiga dimensi. Peta ini terlihat mirip dengan bentuk permukaan bumi sebenarnya.

Pada peta timbul memiliki warna dan permukaan yang timbul serta kontur-kontur yang jelas. Misalnya, area pegunungan maka permukaan peta akan tampak menjulang, warna laut, warna dataran rendah dan tinggi juga tampak berbeda.

3. Peta datar

Peta datar adalah satu di antara macam peta yang dibuat pada bidang yang datar seperti kertas, kain, kanvas ataupun tripleks.

Secara umum, peta ini tampak seperti peta yang sering kita gunakan dan kita kenali. Terdapat gambar permukaan bumi, warna yang berbeda-beda, dan penjelasan skala serta simbol. 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Peta Lokasi dari Google Maps

Cara membuat peta lokasi dari Google Maps ini dapat memungkinkan Anda menambahkan marker atau penanda lokasi secara manual.

Metode cara membuat peta ini memiliki keuntungan untuk pengguna karena mudah digunakan dan gratis. Tetapi, pada cara membuat peta ini terdapat keterbatasan dalam penggunaan marker serta fitur yang tersedia dalam aplikasi.

Berikut cara membuat peta lokasi dari Google Maps:

1. Buka aplikasi Google Maps.

2. Klik ikon Menu berbentuk tiga garis vertikal yang berada di sudut kiri atas.

3. Lalu, klik opsi "Your Places".

4. Selanjutnya, klik Maps Tab.

5. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik Create Map Button.

6. Setelah berada di halaman pembuatan peta, klik ikon marker atau penanda lokasi.

7. Temukan tempat di peta yang ingin Anda tambahkan penanda, lalu klik.

8. Setelah menambahkan penanda lokasi, akan tertampil sebuah kotak, yang bisa digunakan untuk menambahkan deskripsi nama serta atribut lainnya ke marker.

Jika ingin menambahkan penanda lokasi di tempat yang lain, ulangi langkah 6-8 sebanyak yang Anda butuhkan.

9. Terakhir, di dalam gambar terdapat tiga panah. Ikuti panah pertama jika ingin memberi nama pada peta. Ikuti panah kedua jika ingin memberi nama pada layer, dan ikuti panah ketiga utuk membagikan peta kepada orang lain.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 21/10/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer