Sukses


Jenis-Jenis Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Bola.com, Jakarta - Jenis-jenis minuman yang harus dihindari pengidap gagal ginjal perlu diketahui. Tentu agar penyakit gagal ginjal yang Anda alami, atau yang diidap orang-orang terdekat Anda, tidak menjadi makin parah.

Gagal ginjal, atau dapat disebut penyakit ginjal kronis, adalah tahap akhir dari penyakit ginjal. Pada tahap ini, kemampuan ginjal dalam mengeluarkan cairan sudah menurun, tergantung dari stadiumnya.

Pada pengidap gagal ginjal tahap awal, mereka akan memiliki batasan cairan yang berbeda dengan orang yang memiliki gagal ginjal tahap akhir.

Namun, tidak hanya jumlah cairan yang dibatasi melainkan jenis minuman yang dikonsumsi juga perlu mendapat perhatian.

Ada beberapa jenis minuman yang perlu Anda hindari agar kondisi penyakit tidak memburuk.

Berikut jenis-jenis minuman yang harus dihindari pengidap gagal ginjal, disadur dari Klikdokter, Senin (1/8/2022).

2 dari 4 halaman

Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Minuman bersoda

Minuman ini dilarang untuk penderita gagal ginjal. Hal ini karena minuman bersoda mengandung elektrolit di dalamnya.

Fungsi ginjal yang menurun menyebabkan cairan dan elektrolit tidak dapat dikeluarkan tubuh sehingga dapat menumpuk. Akibatnya bisa terjadi ketakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Gejala yang timbul bisa berupa gangguan irama jantung, kram otot, kejang, hingga penurunan kesadaran.

Minuman berkafein

Asupan berkafein, seperti kopi dan aneka ragam teh, termasuk pantangan minuman untuk penderita gagal ginjal. Hal ini karena efek kafein bisa menjadi makin kuat, serta dapat menyebabkan jantung berdebar dan pusing.

 

3 dari 4 halaman

Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Susu

Susu memang tidak sepenuhnya dilarang untuk pengidap ginjal. Namun, jumlahnya perlu dibatasi.

Tak bisa dimungkiri, susu adalah asupan baik sebagai sumber potasium, fosfor, serta protein. Kendati begitu, minum susu terlalu banyak, bersamaan dengan asupan fosfor lain, dapat mengganggu kesehatan tulang pada pengidap penyakit ginjal.

Saat fungsi ginjal rusak, konsumsi fosfor terlalu banyak dapat mengakibatkan penumpukan fosfor dalam darah, yang bisa menarik mineral kalsium dari tulang. Akibatnya, tulang bisa menjadi tipis dan lemah seiring waktu. Risiko patah tulang pun meningkat.

Selain itu, membatasi minum susu dapat menghindarkan Anda dari penumpukan limbah protein di dalam darah.

Alkohol

Ginjal punya tugas penting sebagai penyaring zat berbahaya, termasuk alkohol. Dengan meminum alkohol, ginjal akan dipaksa bekerja lebih keras.

Alkohol menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan membuatnya kurang mampu menyaring darah. Alkohol juga memengaruhi kemampuan untuk mengatur cairan dan elektrolit dalam tubuh. Itulah mengapa pengidap sakit ginjal wajib menghindari minuman yang satu ini.

 

4 dari 4 halaman

Minuman yang Harus Dihindari Pengidap Gagal Ginjal

Minuman kemasan dengan pemanis buatan

Pantangan minuman berikutnya untuk pengidap gagal ginjal adalah minuman dalam kemasan. Misalnya, minuman dalam kaleng atau botol.

Biasanya, minuman jenis ini mengandung pemanis buatan sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat. Selain itu, jenis minuman ini dapat memengaruhi terjadinya penyakit diabetes. Diabetes akan memperberat kerusakan ginjal.

Ketimbang mengonsumsi minuman dalam kemasan yang punya gula tinggi, konsumsilah air putih. Terutama jika Anda menderita gagal ginjal.

Hanya, banyaknya air putih yang diminum juga perlu diperhatikan. Pengidap biasanya dianjurkan untuk membatasinya.

Apabila tidak dibatasi, cairan tersebut tidak akan dapat dikeluarkan sehingga akan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan yang disebut edema. Cairan yang menumpuk juga bisa menyebabkan sesak.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/2/2022)

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer