Sukses


Cara Mencegah Badan Lemas saat Upacara 17 Agustus

Bola.com, Jakarta - Cara mencegah badan lemas saat upacara 17 Agustus penting demi menjalani proses dari awal hingga akhir. Upacara 17 Agustus merupakan momen yang sakral untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Saat itu, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur no 56, Jakarta.

Maka itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu mengenang dan meneruskan perjuangan para pahlawan demi mewujudkan cita-cita bangsa.

Sebelum melakukan upacara 17 Agustus, pastikan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari kondisi badan lemas dan lesu.

Berikut penyebab dan cara mencegah badan lemas saat upacara 17 Agustus, disadur dari Klikdokter, Senin (1/8/2022).

2 dari 3 halaman

Penyebab Badan Lemas saat Upacara 17 Agustus

Kurang makan makanan bergizi

Perhatikan menu makanan Anda sehari-hari, apakah bergizi seimbang atau malah kebanyakan lemak trans. Nutrisi yang seimbang penting sebagai sumber energi bagi tubuh. Energi ini digunakan untuk menjalankan fungsi sel-sel dalam tubuh. Ketika tidak ada sumber energi maka tubuh akan terasa lemas.

Kurang darah (anemia)

Anemia merupakan kondisi ketika hemoglobin dalam tubuh lebih rendah dari nilai normal. Hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk menjalankan fungsi sel-sel. Ketika tidak ada pasokan oksigen maka tubuh kehilangan energinya sehingga menjadi lemas.

Kondisi ini juga dapat terjadi pada mereka yang mengalami perdarahan hebat, misalnya saat operasi besar, melahirkan, atau kecelakaan.

Tekanan darah rendah

Berbeda dengan kurang darah, tekanan darah rendah diukur dengan menggunakan alat tensimeter. Tekanan darah normal berkisar antara 110–120 per 70–80 mmHg.

Jika tekanan darah terlalu rendah, tubuh akan ikut lemas. Bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan syok hingga berujung pada kematian.

Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan menyebabkan Anda dehidrasi. Kondisi ini sering menyebabkan badan lemas, bahkan hingga pingsan. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengancam nyawa. Segeralah konsumsi air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Gangguan elektrolit tubuh

Gangguan elektrolit sering terjadi saat mengalami diare atau muntah-muntah. Selain menyebabkan badan lemas, kondisi ini dapat menimbulkan kejang dan gangguan irama jantung.

3 dari 3 halaman

Mencegah badan lemas

Penuhi kebutuhan cairan

Satu di antara penyebab badan lemas adalah kurang minum. Bagi Anda yang sering mengabaikan kebiasaan minum air putih sebelum beraktivitas, biasakan dari sekarang.

Jika jumlah urine Anda menjadi lebih sedikit dan berwarna lebih pekat, hal ini berarti Anda perlu lebih banyak minum. Begitu pula bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Bila dirasa perlu, Anda bisa mengonsumsi cairan yang mengandung elektrolit seperti air kelapa murni.

Hindari konsumsi makanan tak sehat

Sebelum menyantap sesuatu, pikirkan apakah makanan tersebut baik atau tidak untuk tubuh Anda. Tidak hanya jenis makanan yang dipilih, memperhatikan jumlah atau porsinya juga penting.

Guna menghindari badan lemas, batasi atau hindari sama sekali konsumsi gorengan, minuman dengan pemanis buatan, dan minuman dengan kandungan kafein. Selain itu, batasi juga asupan gula pada makanan maupun minuman Anda.

Istirahat cukup

Seberapa pun padatnya aktivitas sehari-hari, Anda tidak boleh mengabaikan waktu istirahat. Untuk orang dewasa, cobalah mencukupi waktu tidur setidaknya 7-8 jam per hari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/8/2018)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer