Sukses


38 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan, Penuh Semangat Juang

Bola.com, Jakarta - Setiap 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Pada momen tersebut menjadi pengingat buat seluruh warga negara Indonesia untuk senantiasa memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Rasa cinta Tanah Air yang begitu dalam terkadang sampai pada titik haru, jika mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Tanpa adanya jasa para pahlawan, kemerdekaan bangsa Indonesia akan sulit untuk diraih.

Di era modern seperti sekarang, media sosial memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan. Kamu bisa membagikan kemeriahan Hari Kemerdekaan RI melalui media sosial yang kamu miliki.

Kamu bisa membagikan kata-kata ucapan selamat Hari Kemerdekaan yang penuh semangat agar bangsa ini tidak mudah menyerah dengan keadaan.

Berikut 38 kata-kata ucapan selamat Hari Kemerdekaan yang penuh semangat juang, disadur dari Merdeka, Senin (1/8/2022).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan

1. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka..."

2. "Jadikan perbedaan sebagai sebuah keunikan dalam berbangsa dan bernegara agar terlihat indah dengan banyaknya warna. Janganlah menjadikan sebuah perbedaan sebagai kesombongan akan rasa paling benar dalam berpikir dan bertindak karena perbedaanlah yang mengakibatkan perpecahan yang membuat bangsa dan negara melemah. Merdeka!"

3. "Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan bangsa Indonesia."

4. "Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh."

5. "Berjuanglah terus dengan mengucurkan banyak keringat. Semangat 45, Dirgahayu Indonesiaku."

6. "Kini kita dapat tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas asal rajin dan tak malas. Melanjutkan kemerdekaan dengan tegas."

7. "Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan 'Merdeka atau Mati'. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta."

8. "Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

9. "Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai terpecah belah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat Hari Kemerdekaan."

10. "Kobarkan semangat, lumpuhkan rasa takut, dan mulailah bergerak menuju sebuah tujuan untuk terciptanya sebuah kemerdekaan."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan

11. "Perjuangan kita belum selesai selama masih banyak masyarakat yang tidak sejahtera. Mari lanjutkan perjuangan para pahlawan. Merdeka!"

12. "Indonesia akan terlihat indah jika kita tetap bersama untuk saling menolong. Perbedaan bukanlah halangan melainkan jembatan untuk bersatu!"

13. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

14. "Masih ada setitik harapan, mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual belaka, tetapi ajang membangun bangsa."

15. "Perbedaan itu ada bukan untuk dipermasalahkan, tapi untuk kita rayakan. Selamat Hari Kemerdekaan."

16. "Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan."

17. "Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia."

18. "Mari kita ingat semua pahlawan, masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita."

19. "Sekali merdeka, tetap merdeka! Jika kita merasa telah merdeka, seharusnya perasaan lemah dan tak berdaya tidak lagi bercokol dalam diri kita. Dirgahayu ke-77 Republik Indonesia."

20. "Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan

21. "Hidup ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka bersungguh-sungguhlah dalam berjuang. Merdeka!"

22. "Suara-suara tak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan. Apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan." - Wiji Thukul

23. "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi. Satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka!"

24. "Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang lebih keras. Selamat ulang tahun ke-77 untuk rakyat Indonesia."

25. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu lebih susah karena melawan bangsamu sendiri. Dirgahayu Republik Indonesia!"

26. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang memberi kelapangan untuk berekspresi, yang memberi kebebasan untuk berkarya, dan yang saling menghargai satu sama lain. Dirgahayu Republik Indonesia."

27. "Indonesia bukan sekadar nama. Ada kenangan, cinta, luka di sana. Ada tempat berpetualang dan pulang. Ada saya dan kau yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!"

28. "Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa."

29. "Mari kita ingat semua pahlawan masa lalu yang berjuang untuk kemerdekaan dan persatuan kita. Dirgahayu Republik Indonesia."

30. "Apakah kelemahan kita: kelemahan kita ialah kurang percaya diri sebagai bangsa sehingga kita menjadi bangsa penjiplak luar negeri, kurang memercayai satu sama lain, padahal kita ini asalnya adalah rakyat gotong royong. Semangat Hari Kemerdekaan!"

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan

31. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya. Selamat HUT ke-77 RI

32. "Merah darah pahlawan tertumpah di tanah ibu pertiwi, putih tulang para pejuang tertanam dalam tanah air Indonesia tercinta. Di sini aku terlahir, di sini pula aku tiada."

33. "Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka."

34. "Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia."

35. "Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangglah menjadi Indonesia. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia!"

36. "Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka!"

37. "Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai, tapi perjuangan melawan ketakpedulian dari diri sendiri masih berlanjut. Dirgahayu Indonesiaku."

38. "Momen 17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 16/8/2021)

Yuk, baca artikel kata-kata ucapan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer