Sukses


Cara Efektif untuk Berhenti Merokok, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Merokok menjadi satu di antara penyebab timbulnya berbagai penyakit pada manusia, satu di antaranya penyakit jantung.

Hal tersebut dikarenakan di dalam satu batang rokok mengandung beragam bahan kimia yang sangat berbahaya jika masuk ke tubuh manusia.

Namun, tidak hanya perokok yang memiliki risiko terkena berbagai penyakit, orang di sekitar mereka, yang disebut sebagai perokok pasif, juga memiliki risiko yang sama.

Ada berbagai faktor yang biasanya membuat orang memiliki hasrat untuk merokok, seperti mengalami stres dan faktor pengaruh lingkungan.

Jika tidak segera dihentikan, kecanduan dalam merokok bisa membahayakan kesehatan. Memang tidak mudah untuk berhenti merokok, tetapi hal tersebut harus dicoba dan dilakukan.

Berikut cara efektif untuk berhenti merokok, yang penting untuk Anda ketahui, seperti dikutip dari WebMD, Rabu (3/8/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Efektif untuk Berhenti Merokok

1 Memiliki Pola Makan Sehat

Mengganti pola makan yang tidak baik menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, membantu Anda berhenti merokok.

Zat nikotin yang ada pada rokok dapat menyebabkan perokok kehilangan nafsu makan. Dengan mengonsumsi makanan sehat secara rutin, tubuh akan terbiasa mendapatkan nutrisi dan bisa membantu menghentikan kecanduan terhadap nikotin.

2. Memberitahu Orang Terdekat

Orang-orang terdekat Anda seperti keluarga, teman bermain, atau rekan kerja berpengaruh besar dalam usaha Anda untuk berhenti merokok.

Beritahu mereka bahwa Anda sedang berusaha berhenti merokok agar mereka dapat menegur ketika Anda akan memulai merokok kembali. Dukungan yang didapat dari orang terdekat membantu Anda untuk berhenti merokok.

3 dari 5 halaman

Cara Efektif untuk Berhenti Merokok

3. Menjauhi Stres

Stres merupakan satu di antara faktor seseorang untuk merokok. Bagi sebagian orang, kegiatan merokok yang dilakukan dapat mengurangi rasa stres. Maka itu, Anda perlu menghindari terjadinya stres dan melakukan hal yang Anda senangi.

Selain itu, Anda sebaiknya memiliki waktu tidur yang cukup karena kekurangan waktu tidur meningkatkan risiko Anda mengalami stres.

4. Membersihkan Rumah

Saat Anda masih aktif merokok, mungkin Anda sering merokok di dalam rumah, dan terkadang asap rokok yang dikeluarkan meninggalkan bau pada beberapa benda di rumah Anda.

Membersihkan rumah dari bau rokok yang masih menempel, membantu Anda untuk berhenti merokok. Cuci seprai, sarung bantal, karpet, hingga tirai agar tidak lagi tercium aroma rokok, yang bisa memicu atau memunculkan keinginan untuk merokok lagi.

4 dari 5 halaman

Cara Efektif untuk Berhenti Merokok

5. Berolahraga

Selain memberi manfaat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, berolahraga secara rutin membantu usaha Anda untuk berhenti merokok.

Saat Anda sedang berusaha berhenti merokok dan timbul hasrat untuk mengambil rokok, lakukan sedikit berjalan menaiki tangga atau mengelilingi rumah hingga hasrat tersebut hilang dengan sendirinya.

Anda juga dapat berlari mengelilingi taman atau mengunjungi pusat olahraga, seperti gym, yang biasanya diisi orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat sehingga Anda terpacu untuk ikut menerapkan gaya hidup sehat. 

6. Cari Kesibukan Lain setelah Makan

Kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan perokok adalah menghisap rokok setelah mengonsumsi makanan, dan biasanya mereka tidak sadar telah menghabiskan banyak batang rokok.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mencari alternatif kegiatan lainnya setelah makan, satu di antaranya mengganti rokok dengan mengunyah permen karet.

5 dari 5 halaman

Cara Efektif untuk Berhenti Merokok

7. Membuat Rencana

Buat rencana dan patuhi itu. Setiap kali Anda menemui tantangan dalam proses berhenti merokok, katakan pada diri sendiri, 'Saya bahkan tidak akan menghisap satu tarikan pun', dan bertahan dengan determinasi tersebut sampai keinginan itu berlalu.

8. Berpikir Positif

Anda mungkin pernah mencoba berhenti merokok sebelumnya dan tidak berhasil, tetapi jangan biarkan hal itu mematahkan tekad Anda.

Lihat kembali hal-hal yang telah diajarkan oleh pengalaman Anda dan pikirkan tentang bagaimana Anda benar-benar akan melakukannya kali ini. Berpikir positif dan yakinlah bahwa Anda pasti berhasil untuk berhenti merokok.

 

Sumber: WebMD

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer