Sukses


Macam-Macam Makna Kemerdekaan bagi Warga Indonesia yang Perlu Dipahami

Bola.com, Jakarta - Di tahun 2022 Indonesia memperingati hari kemerdekaan ke-77 tahun. Momen hari kemerdekaan begitu berarti bagi warga Indonesia.

Indonesia mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Indonesia mengalami penjajahan oleh bangsa-bangsa Eropa dan Jepang dalam waktu kurang lebih selama 350 tahun.

Maka, sebagai warga Indonesia perlu selalu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai wujud nasionalisme.

Menjaga keutuhan NKRI juga dapat diartikan sebagai wujud terima kasih kita kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.

Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, yang dibacakan oleh Presiden Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta, 77 tahun silam.

Apakah kita sebagai warga Indonesia sudah benar-benar memahami makna dari kemerdekaan Republik Indonesia?

Berikut ini macam-macam makna kemerdekaan bagi warga Indonesia, yang perlu dipahami, disadur dari Otosia, Rabu (3/8/2022).

2 dari 6 halaman

Bukan Akhir Perjuangan

Perjuangan panjang yang dilakukan para pahlwan bangsa selama kurang lebih 350 tahun untuk memerdekakan bangsa tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mereka rela meninggalkan keluarga dan mempertaruhkan nyawa dalam melawan penjajahan untuk mewujudkan kemerdekaan bagi Tanah Air.

Namun, yang perlu diketahui, khususnya bagi generasi muda, adalah kita tidak dapat duduk santai di rumah tanpa melakukan apa pun.

Seperti dalam sejarah, banyak generasi muda yang membantu melawan penjajahan. Kita sebagai generasi muda saat ini juga harus terus berjuang demi terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur.

Kita harus menjaga apa yang telah ditinggalkan oleh para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan. Perlu juga kita renungkan setiap saat, sebenarnya sudah seberapa besar energi yang telah kita berikan bagi bangsa ini.

3 dari 6 halaman

Pemersatu Bangsa

Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia yang telah diusahakan oleh pahlawan terdahulu, dapat dijadikan sebagi momen untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote, orang-orang yang merasa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi akan selalu berteriak, "Aku Indonesia!".

Dengan hal itu dapat kita lihat bahwa kemerdekan bangsa ini dapat dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa, yang dapat menyingkirkan perselisihan dan perbedaan untuk kepentingan NKRI.

Dalam segala kepentingan negara, kita harus selalu dapat melupakan perbedaan dan pandangan yang kita miliki sehingga dapat bersama bahu-membahu memajukan Indonesia.

4 dari 6 halaman

Menumbuhkan Rasa Saling Menghargai dan Menghormati

Kemerdekaan memiliki beberapa makna mendalam, satu di antaranya dapat menumbuhkan rasa saling menghargai dan menghormati.

Dengan kemerdekaan yang kita dapatkan, kita harus selalu menghargai jasa pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan dan menjaga negeri ini dengan jiwa nasionalisme yang tinggi.

Makna dari menghargai dan menghormati juga dapat diartikan sebagai tidak membeda-bedakan agama, ras, dan suku dalam bermasyarakat dan kehidupan sosial.

5 dari 6 halaman

Bukti Bangsa Indonesia Memiliki Kekuatan dan Tidak Bisa Dipandang Remeh

Pada masa saat ini, masih banyak masyarakat yang pesimistis dan memandang remeh bangsa sendiri dalam berkompetisi dengan negara lain dalam segala aspek.

Mereka tidak percaya diri bahwa bangsa Indonesia dapat bersaing dalam banyak hal dengan negara lain. Hal itulah yang membuat negara ini terkadang sulit untuk berubah menjadi lebih baik.

Namun, yang perlu diketahui, dengan melihat kemerdekaan yang telah kita miliki dan mengusir para penjajah dari negara ini, dapat membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki kekuatan dan tidak bisa dipandang remeh.

Terlepas dari berbagai masalah yang terjadi pada bangsa ini, kita sebagai masyarakat Indonesia harus selalu optimistis dan terus berjuang untuk memajukan dan mengharumkan nama bangsa di dunia Internasional.

6 dari 6 halaman

Perjuangan yang Kita Lakukan Akan Lebih Berat

Kemerdekaan yang telah kita rasakan saat ini bukanlah akhir dari perjuangan yang harus kita lakukan. Banyak hal yang masih perlu kita perjuangkan dalam menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan cita-cita bangsa yang dapat memberikan kehidupan makmur dan adil bagi setiap warga.

Pada zaman saat ini banyak warga yang lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan bangsa. Hal semacam itu yang harus selalu dihindari.

Seperti kutipan yang pernah dikatakan oleh Bung Karno, "Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, tapi perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri".

Hal ini berarti kemerdekaan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan. Pada dasarnya, setiap waktu penerus bangsa harus selalu berjuang demi kemajuan dan kemakmuran Indonesia.

 

Disadur dari: Otosia.com (Published: 16/8/2021)

Dapatkan kumpulan artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer