Sukses


Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

Bola.com, Jakarta - Gigi dan mulut merupakan satu di antara organ dalam sistem pencernaan yang harus dijaga kesehatannya dengan baik setiap waktu.

Hal tersebut karena gigi dan mulut adalah organ yang pertama melakukan kontak secara langsung dengan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Dengan begitu, bagian mulut terutama pada gigi, rentan terdapat kotoran sisa makanan yang dapat memicu munculnya bakteri.

Apabila tidak dibersihkan secara teratur, kotoran yang tersisa pada gigi akan menjadi plak, dan jika dibiarkan lebih lama akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Karang gigi biasanya berwarna kuning atau cokelat, mengendap di belakang dan di antara gigi. Karang gigi bisa menyebabkan masalah mulut jika tidak rutin dibersihkan.

Itulah mengapa, karang gigi harus segera dibersihkan. Terkadang karang gigi ini juga membuat rasa mulut menjadi tidak nyaman, karena saat tersentuh lidah, akan terasa kasar.

Berikut cara efektif membersihkan karang gigi secara alami, seperti disadur dari Liputan6, Sabtu (6//8/2022).

2 dari 6 halaman

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

1. Rajin Menggosok Gigi

Cara membersihkan karang gigi secara alami yang pertama yakni rajin menggosok gigi. Dalam sehari kita dianjurkan untuk menggosok gigi sebanyak dua kali.

Namun, tidak hanya dua kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama dua menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata. Cara ini akan efektif terutama bagi jenis karang gigi yang masih berwarna putih alias belum parah. 

2. Sikat Gigi dengan Benar

Menyikat gigi dengan benar harus Anda perhatikan agar dapart memberikan efek yang baik dan tidak sia-sia. Sikatlah gigi dengan gerakan memutar dari atas ke bawah.

Pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi sehingga plak dan sisa makanan yang menempel akan hilang. Mulai gigi geraham atau pada sisi belakang di satu di antara sisi mulut.

Selain itu, Anda perlu memastikan tidak menyikat terlalu keras atau menekan gigi. Kebiasaan ini malah akan mengikis permukaan luar gigi (enamel) yang jadi pemicu gigi sensitif.

3 dari 6 halaman

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

3. Membersihkan Lidah

Cara membersihkan karang gigi secara alami selanjutnya yakni dengan membersihkan lidah. Campuran air liur dan bakteri dapat membentuk plak di atas permukaan lidah. Hanya, plak ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air atau berkumur memakai obat kumur.

Cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah dengan menyikat lidah. 

Gosoklah lidah Anda dari pangkal lidah paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangi cara ini beberapa kali sampai lidah Anda benar-benar bersih atau kesat.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Cara membersihkan karang gigi secara alami berikutnya Anda bisa perbanyak minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup akan membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.

Kandungan air liur yang cukup akan berfungsi untuk menjaga kelembapan mulut dan menghancurkan plak serta sisa makanan pada permukaan gigi.

4 dari 6 halaman

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

5. Menggunakan Obat Kumur

Cara membersihkan karang gigi berikutnya, Anda bisa menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur dapat membantu dalam merontokkan plak, kotoran, dan sisa makanan yang menempel di gigi.

Namun, usahakan menghindari jenis obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Anda juga perlu memastikan jika produk obat kumur yang digunakan terdaftar Badan POM.

6. Bersihkan dengan Benang

Anda bisa menggunakan benang untuk membersihkan karang gigi. Menyikat gigi tidak dapat membantu membersihkan karang gigi di sela-sela gigi. Karang gigi juga banyak ditemukan di sela-sela gigi. Anda bisa menggunakan benang khusus untuk membersihkan karang gigi di sela-sela gigi.

Meski sudah menyikat gigi dengan benar, belum tentu sela-sela gigi dapat bersih dengan sempurna. Itulah mengapa penggunaan benang menjadi penting dalam membersihkan sela gigi. Sebab, kebanyakan plak justru lebih sering ditemukan di bagian sela-sela gigi atau gusi.

Jenis benang yang digunakan untuk membersihkan sela gigi juga tidak bisa sembarangan. Selalu gunakan benang gigi (dental floss) yang banyak dijual di pasaran.

Rutin membersihkan gigi dengan benang akan berguna untuk mengurangi risiko penyakit gusi dan bau mulut. Hindari menggesek benang ke sela gigi dan gusi terlalu keras karena bisa menyebabkan iritasi.

5 dari 6 halaman

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

7. Hindari Merokok

Zat kimia pada rokok akan mempermudah pembentukan plak dan karang gigi. Itulah mengapa, mulai sekarang hindari kebiasaan merokok agar karang gigi tidak terbentuk.

8. Tidak Makan Sembarangan

Anda harus bijak memilih makanan. Bakteri yang ada di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak.

Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

6 dari 6 halaman

Cara Efektif Membersihkan Karang Gigi secara Alami

9. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Coba untuk rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari, sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Konsumsi buah yang mengandung serat dapat merangsang produksi air liur sehingga otomatis bisa membantu membersihkan permukaan gigi. Apa lagi buah dan sayur banyak mengandung vitamin, yang berfungsi menyehatkan gusi.

10. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak jarang, kita masih menemui kakek nenek dengan gigi yang masih lengkap juga terlihat bersih dan sehat, berkat kebiasaan mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi satu ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya tinggal mengambil selembar daun sirih untuk dikunyah secara langsung. Bisa juga ditambahkan dengan satu batang cengkih haluskan sedikit, lalu bisa segara dikunyah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Selma Intania Hafidha, Editor: Rizky Mandasari. Published: 20/11/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer