Sukses


Hari Keenam ASEAN Para Games 2022, Atlet Indonesia Pecahkan Rekor dan Panen Emas

Bola.com, Solo - Kontingen Indonesia terus menambah pundi-pundi medali pada hari keenam di ASEAN Para Games 2022. Indonesia semakin mantap di puncak klasemen. Banyak juga rekor yang pecah.

Gemuruh tepuk tangan dan yel-yel “Indonesia” menggema di penjuru venue Hotel Solo Paragon, Kamis (4/8/2022) setelah Shebrioni sukses menuntaskan angkatan ketiga seberat 103 kg. Ia berhasil mengungguli lawannya Arawan Bootpo (Thailand) yang gagal menyelesaikan angkatan ketiga seberat 101 kg.

Shebrioni memecahkan rekor angkatan terbaik ASEAN Para Games di kelas 67 kg atas nama atlet Thailand, Somkhoun Anon sebesar 95 kg. Tak hanya merebut emas dari angkatan terbaik, mojang Bandung ini juga mengamankan emas dari total angkatan (298 kg). Akumulasi angkatannya jauh meninggalkan Tran Thi Chau (Vietnam) di posisi kedua dengan 240 kg.

Shebrioni mempersembahkan prestasinya pada seluruh warga Indonesia. Dia berharap dua emasnya bisa menjadi kado manis bagi Indonesia yang akan berusia 77 tahun pada 17 Agustus nanti.

“Emas ini persembahan untuk HUT Indonesia, tim pelatih serta keluarga,” ujar peraih emas Peparnas Papua 2021 itu.

2 dari 4 halaman

Parabadminton dan Blind Judo Juara Umum

Sementara itu dari cabang olahraga Parabadminton, kontingen Indonesia di atas kertas telah memastikan diri keluar sebagai juara umum meski kompetisi masih menyisakan satu hari.

Pada Kamis (4/8/2022), pundi-pundi medali emas Indonesia kembali bertambah. Tak tanggung-tanggung, ada sembilan nomor yang berhasil diamankan oleh tuan rumah.

Dengan torehan 11 medali emas, Indonesia dipastikan tampil sebagai juara umum cabor Parabadminton ASEAN Para Games Solo 2022 yang total mempertandingkan 19 nomor.

3 dari 4 halaman

Judo 9 Emas

Status juara umum juga berhasil disabet tim judo tunanetra Merah Putih. Judoka Indonesia menambah dua emas di hari terakhir penyelenggaraan cabang olahraga judo tunanetra ASEAN Paragames Solo 2022 di Tirtonadi Convention Hall, Solo, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022).

Tambahan dua medali emas berhasil diraih dari nomor beregu putra (-60 kg, -73 kg, dan +73 kg) dan putri kelas -48 kg, -57 kg, dan +57 kg. Secara total, judoka Indonesia mempersembahkan 9 emas, 5 perak dan 3 perunggu dari 10 nomor yang dipertandingkan.

4 dari 4 halaman

Target Tercapai

Capaian target emas juga berhasil dituntaskan oleh tim voli duduk putri Indonesia. Mereka menjadi kampiun setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-0 di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (4/8/2022).

“Kami dari awal ditargetkan emas dan bersyukur ini bisa tercapai. Hasil ini atas kerja keras semuanya baik dari pemain, tim pelatih, ofisial, serta dukungan dari suporter,”kata Pelatih Tim Voli Duduk Putri Indonesia, Andri Asrul Setiyawan saat ditemui usai pertandingan.

ASEAN Paragames Solo 2022 diselenggarakan mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Sebanyak 1.248 atlet berkompetisi dalam 924 pertandingan di 14 cabang olahraga. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyandang status juara umum pada perhelatan terakhir ASEAN Paragames 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Video Populer

Foto Populer