Sukses


Presiden Jokowi Bakal Hadir dalam Upacara Penutupan ASEAN Para Games 2022

Bola.com, Solo - Gelaran ASEAN Para Games (APG) XI 2022 telah memasuki hari terakhir. Upacara penutupan akan dilangsungkan di Stadion Manahan, Sabtu (6/8/2022).

Presiden Joko Widodo dipastikan hadir untuk menutup ajang multievent olahraga disabilitas se-Asia Tenggara.

Sekjen Indonesian National Paralympic Organizing Comittee (INASPOC), Rima Ferdianto mengatakan, Presiden Joko Widodo telah dipastikan akan hadir untuk upacara penutupan ASEAN Para Games 2022.

Panitia telah mendapatkan konformasi resmi dari pihak kepresidenan bahwa kepala negara akan hadir dan turut serta dalam uapacara penutupan itu.

“Untuk pengamanannya nanti tentu akan lebih ketat dari yang kemarin,” beber Rima Ferdianto, Jumat (5/8/2022).

2 dari 4 halaman

Nuansa Berbeda

Selain kehadiran Presiden Joko Widodo, tampilan penutupan ASEAN Para Games kali ini akan sangat berbeda dibanding opening sebelumnya.

Jika sebelumnya nuansa etnik dan tradisional menjadi unsur yang paling dominan dalam opening ceremony kemarin, akan lebih universal untuk upacara penutupan. Tema-tema internasional akan menjadi gagasan yang dominan di upacara penutupan ajang olahraga disabilitas se-Asia Tenggara itu.

“Temanya lebih Internasional. Theme song kita nanti Delon Thamrin dkk akan membawakan lagu utama yang berbahasa Inggris, Striving for Equality atau S for E. Pokoknya temanya lebih internasional, kalau hiburannya nanti ada BCL (Bunga Citra Lestari),” beber Rima.

3 dari 4 halaman

Penonton Dibatasi

Mengingat ada sejumlah pejabat negara yang dipastikan hadir lebih banyak dari pembukaan, akan ada pembatasan yang lebih ketat dalam acara closing ceremony tersebut. Kapasitas tempat yang paling akan berpengaruh untuk penonton umum.

“Teknisnya sama dengan pendaftaran, namun kapasitasnya yang berbeda karena yang di lapangan ditengah (human confederation) tengah sudah tidak ada,” kata dia.

Dengan perubahan itu, kapasitas penonton total penonton yang bisa masuk Stadion Manahan maksimal hanya 10 ribu penonton.

“Pak Presiden dan beberapa menteri dipastikan hadir, udah dikonfirmasi. Untuk penonton umum masih sama seperti kemarin. Namun jika nggak kebagian silakan nonton dari TV saja,” jelas Ketua Pelaksana INASPOC, Gibran Rakabuming Raka.

4 dari 4 halaman

Juara Umum

Di sisi lain, kontingn memastikan tampil sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022. Indonesia selaku tuan rumah, berdiri kukuh di urutan pertama dalam perolehan medali, Jumat (5/8/2022) malam WIB.

Indonesia merajai perolehan medali ASEAN Para Games 2022 dengan total 38 medali. Terdiri dari 153 emas, 131 perak, dan 105 perunggu.

Posisi kedua diduduki Thailand dengan rincian 101 medali emas, 106 perak, dan 81 perunggu. Vietnam membuntuti di posisi ketiga dengan perolehan 64 medali emas, 52 perak, 49 perunggu.

Malaysia masih bertahan di posisi empat dengan 33 medali emas, 19 perak, dan 13 perunggu. Filipina mengunci posisi kelima dengan torehan 28 emas, 29 perak, dan 42 perunggu.

Video Populer

Foto Populer