Sukses


8 Manfaat Olahraga Sepak Takraw bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Sepak takraw merupakan olahraga yang cukup populer di negara-negara Asia Tenggara. Sepak takraw termasuk jenis olahraga campuran antara sepak bola dengan bola voli.

Olahraga sepak takraw dimainkan oleh dua tim, di mana masing-masing tim terdiri dari tiga orang. Sepak takraw dimainkan di lapangan dengan menyepak bola melewati net serta bola tidak boleh menyentuh tanah.

Olahraga sepak takraw menggunakan bola yang terbuat dari rotan dan hanya boleh dimainkan menggunakan kaki, lutut, dada, dan kepala.

Olahraga sepak takraw bisa dimainkan oleh segala usia, dari anak-anak hingga orang tua.

Tidak hanya dimainkan untuk mengisi waktu luang, olahraga sepak takraw memiliki beberapa manfaat sama seperti pada olahraga umumnya.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga sepak takraw bagi tubuh, yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukannya, dilansir dari laman Dosenpenjas dan Elmoyya, Selasa (9/8/2022).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Takraw bagi Tubuh

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Sepak takraw baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Hal ini karena pada permainan sepak takraw para pemain hampir melakukan gerakan dari seluruh tubuh.

Setiap gerakan tersebut berdampak baik pada tubuh dan membuatnya merasakan kekuatan atau kebugaran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seseorang yang hanya berdiam diri saja.

2. Meningkatan Stamina dan Daya Tahan Tubuh

Stamina dan daya tahan tubuh merupakan dua hal yang berkaitan dengan kekuatan tubuh. Melalui olahraga sepak takraw Anda bisa meningkatkan stamina maupun daya tahan tubuh.

Alasannya, kebiasaan melakukan olahraga sepak takraw membuat semua anggota tubuh bergerak demi mencapai kekuatan maupun kebugaran pada badan. Melalui tubuh yang kuat itu pula, permainan sepak takraw bisa dimainkan dengan lebih mudah dan lancar.  

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Takraw bagi Tubuh

3. Tulang dan Otot Menjadi Kuat

Pada saat melakukan olahraga sepak takraw, tulang Anda akan makin kuat berkat gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat bermain sepak takraw seperti melompat, menendang dan lain-lain.

Gerakan-gerakan yang dilakukan selama permainan membuat Anda secara tidak langsung telah melatih otot-otot tubuh.

Bukan hanya itu, pada bagian tubuh atas Anda berperan penting karena membantu pergerakan tubuh dalam melakukan pergerakan seperti menendang, melompat dan bloking.

Olahraga sepak takraw bagus untuk membentuk otot dan tulang yang kuat.

4. Melatih Otak

Dalam olahraga sepak takraw, para pemain bukan hanya menggerakkan fisik saja, tetapi juga juga harus menggunakan pemikiran karena pada saat bermain, Anda harus bermain cepat serta menahan serangan lawan.

Hal ini melatih pikiran Anda untuk mengambil sebuah keputusan cepat dalam permainan. Selain itu, Anda harus menyusun serangan serta harus mampu bertahan dan menangkis berbagai serangan yang diberikan lawan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Takraw bagi Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada saat melakukan olahraga sepak takraw, Anda akan berkeringat serta mengeluarkan banyak energi sehingga peredaran darah dalam tubuh Anda akan lancar yang membuat kesehatan jantung akan terjaga.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Olahraga sepak takraw mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh, yakni memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai gerakan dengan lebih ringan dan mudah. Anda yang melakukan olahraga ini bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah karena sudah terbiasa melakukan olahraga.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Sepak Takraw bagi Tubuh

7. Mengurangi Stres

Banyak orang mengalami stres atau kejenuhan yang bisa disebabkan dari berbagai hal, seperti masalah pekerjaan atau ekonomi dan lain sebagainya.

Pada saat Anda melakukan olahraga seperti sepak takraw, stres atau kejenuhan yang Anda rasakan akan berangsur menghilang karena pada saat melakukan olahraga ini, pikiran Anda akan terfokus pada permainan saja dan tidak memikirkan yang lain, seperti pekerjaan.

8. Membuat Tubuh Ideal

Pada saat Anda melakukan olahraga yang satu ini, Anda akan mengeluarkan banyak energi yang membuat kalori dalam tubuh akan terbakar serta kadar gula dalam darah juga akan ikut berkurang.

Bukan hanya itu saja, secara tidak langsung Anda telah melatih tubuh serta membuat tubuh Anda menjadi ideal tanpa harus pergi ke tempat fitnes.

 

Sumber: Dosenpenjas, Elmoyya

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer