Sukses


Cara Meningkatkan Stamina Tubuh agar Tidak Mudah Lelah dan Letih

Bola.com, Jakarta - Stamina adalah kekuatan dan energi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar saat melakukan kegiatan.

Stamina yang bagus penting dimiliki orang-orang dengan segudang aktivitas agar tidak mudah lelah dan lemas.

Stamina juga bisa diartikan sebagai kemampuan mental yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan atau melalui situasi yang sulit.

Bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan setiap hari, tentu membutuhkan stamina yang optimal. Hal tersebut membuat Anda wajib melakukan upaya agar stamina senantiasa terjaga sehingga segala aktivitas dapat berlangsung sesuai keinginan.

Meningkatkan stamina adalah cara yang dapat dilakukan apabila ingin hidup lebih sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina agar tetap bugar.

Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini secara berkelanjutan agar stamina Anda senantiasa terjaga. Apa saja hal yang perlu diketakukan untuk meningkatkan stamina?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina, disadur dari Klikdokter, Kamis (11/8/2022).

2 dari 5 halaman

Rutin Olahraga

Olahraga dapat meningkatkan stamina fisik maupun stamina mental Anda. Individu yang berolahraga secara rutin akan merasa lebih berenergi saat melakukan pekerjaan fisik maupun mental.

Satu di antara penelitian yang ada menunjukkan bahwa orang yang mengikuti program olahraga secara rutin memiliki angka kejadian kelelahan akibat kerja yang lebih rendah.

Selain itu, hasil dari penelitian tersebut menyebut bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menurunkan tingkat stres.

3 dari 5 halaman

Meditasi atau Yoga

Anda dapat melakukan meditasi atau yoga secara rutin supaya merasa lebih relaks dan lebih fokus. Apabila dilakukan secara konsisten, meditasi dan yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki stamina secara keseluruhan.

Hal itu dibuktikan oleh satu di antara penelitian kecil yang dilakukan pada 27 mahasiswa. Penelitian ini menyebut, berpartisipasi dalam suatu bentuk dari meditasi atau yoga dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki kesejahteraan secara umum.

4 dari 5 halaman

Konsumsi Kafein

Kafein adalah suatu stimulan. Hal ini berarti, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat tersebut dapat meningkatkan laju jantung dan memberikan booster energi sementara waktu.

Kafein banyak ditemukan pada kopi, teh, dan minuman sejenisnya.

Pada suatu penelitian, tim peneliti mendapati bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein mampu membuat partisipan menjadi lebih berenergi saat sedang mengalami kelelahan.

Namun, untuk mendapatkan efek yang ideal, peneliti mengatakan bahwa asupan kafein tetap harus dibatasi.

5 dari 5 halaman

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat mengubah mood alias suasana hati. Selain itu, musik yang sesuai dapat meningkatkan efisiensi fungsi jantung dan pembuluh darah.

Meski belum pasti, satu di antara penelitian mengungkapkan bahwa peserta yang mendengarkan jenis musik favorit saat berolahraga memiliki laju jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

Dengan kata lain, musik mampu meningkatkan stamina seseorang saat sedang berolahraga.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 19/5/20219).

Dapatkan artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer