Sukses


Cara Meningkatkan Nafsu Makan agar Badan Ideal

Bola.com, Jakarta - Cara meningkatkan nafsu makan agar badan ideal banyak dicari orang. Selama ini mungkin lebih banyak yang "bermasalah" dengan kelebihan berat badan sehingga mencari cara untuk menurunkan nafsu makan.

Namun, faktanya, banyak pula orang yang merasa kesulitan alias "bermasalah" dengan badan yang terlalu kurus. Tak dimungkiri, banyak yang ingin menaikkan berat badan mereka agar lebih "berisi" dan tentu saja, sehat.

Masalah kurang nafsu makan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, sedang tertekan karena pekerjaan atau hubungan cinta, atau baru sembuh dari sakit sehingga nafsu makan Anda belum pulih. Selain itu, bisa jadi makanan yang tersaji tidak enak dan tidak sesuai selera Anda.

Namun, Anda jangan khawatir karena ada banyak cara untuk meningkatkan nafsu makan, mulai memilih asupan makanan yang tepat sampai mengatur pola makan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Berikut beberapa cara meningkatkan nafsu makan agar badan ideal, disadur dari Klikdokter, Jumat (12/8/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan agar Badan Ideal

1. Konsumsi Asam Folat

Kurangnya asupan asam folat dapat menyebabkan turunnya nafsu makan. Maka itu, agar nafsu makan kembali normal, Anda dianjurkan untuk meningkatkan asupan asam folat dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, pisang, jeruk atau pepaya.

Namun, pastikan asupan asam folat Anda tidak lebih dari 400 mikrogram per hari.

2. Konsumsi Vitamin K

Tidak hanya menyebabkan tulang keropos, mudah lesu dan memar, kekurangan vitamin K juga dapat menurunkan nafsu makan. 

Untuk menghindarinya, konsumsi sayuran berdaun hijau, asparagus, plum, dan kedelai. Jumlah kebutuhan vitamin K harian orang dewasa adalah 90 mikrogram.

3. Makan Sedikit, tapi Sering

Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan karena penyakit yang serius, cobalah untuk makan sedikit-sedikit, tetapi sering.

Pastikan Anda menambahkan lebih banyak makanan berkalori tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, buah zaitun dan keju ke dalam menu yang Anda santap.

 

3 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan agar Badan Ideal

4. Jadwalkan Waktu Makan Anda

Lapar merupakan isyarat tubuh bahwa Anda harus makan. Namun, jika Anda tidak merasa lapar, Anda mungkin tidak bisa mengandalkan nafsu makan untuk mengingatkan kapan harus makan.

Jika ini masalahnya, cobalah membuat jadwal makan lebih teratur sebagai cara untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Rutin melakukan sarapan setiap hari merupakan kebiasaan penting ketika Anda ingin meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. 

Selain itu, sarapan membantu menaikkan efek termogenesis tubuh sehingga membuat Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan Anda.

6. Dapatkan Kalori Melalui Minuman

Cara menambah nafsu makan lainnya adalah dengan meningkatkan kalori dari minuman. Selain dari makanan, kalori juga bisa didapat lewat minuman. 

Saat Anda tidak merasa terlalu lapar, meningkatkan asupan kalori dengan minuman yang Anda konsumsi akan lebih mudah daripada harus mengunyah makanan. Anda bisa mengganti beberapa makanan Anda dengan minuman bergizi tinggi, misalnya smoothie, milkshake, dan jus.

Coba untuk membuatnya menggunakan bahan-bahan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran. Anda juga dapat menambahkan sumber protein, seperti susu murni, yoghurt, atau bubuk protein untuk kalori dan nutrisi tambahan.

 

4 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan agar Badan Ideal

7. Siapkan Makanan Favorit

Mengonsumsi makanan favorit bisa menjadi cara menambah nafsu makan. Saat Anda duduk di depan makanan yang Anda tahu akan Anda nikmati, Anda mungkin lebih cenderung memakannya daripada hidangan yang menurut Anda tidak menarik.

Jadi, luangkan waktu untuk merencanakan dan menyiapkannya terlebih dahulu. Tambahkan saus favorit Anda, misalnya saus keju, untuk menambah kelezatan makanan sehingga nafsu makan bertambah.

Namun, jika makanan favorit Anda cenderung tidak sehat, Anda dapat mencoba memasak dan menyajikannya dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

8. Cari Camilan Menyehatkan

Untuk mengakali kurangnya nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi camilan. Namun, camilan tidak dimaksudkan untuk menggantikan makan besar Anda, melainkan untuk melengkapi. 

Hindari juga makan camilan dekat waktu makan karena bisa memengaruhi selera makan Anda.

Beberapa contoh camilan yang sehat adalah buah-buahan, yoghurt, kacang-kacangan, dan oatmeal.

 

5 dari 5 halaman

Cara Meningkatkan Nafsu Makan agar Badan Ideal

9. Rutin Berolahraga

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Obesity menyebutkan, olahraga secara rutin dan teratur dapat menjadi cara menambah nafsu makan yang baik. Beberapa olahraga yang dianjurkan adalah berjalan santai, joging, atau aerobik ringan.

10. Kurangi Konsumsi Suplemen

Jika Anda nekat mengonsumsi suplemen tanpa ada anjuran dari dokter, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami toksisitas vitamin. 

Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, diare, muntah dan perubahan mental.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 26/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer