Sukses


Penyebab Badan Lemas setelah Bertanding Olahraga, Ketahui Cara Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Badan lemas sering dirasakan para atlet seusai bertanding olahraga. Ada berbagai penyebab yang membuat seorang atlet merasa lemas setelah bertanding.

Tak bisa dimungkiri, olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur tubuh akan menjadi sehat dan bugar.

Meski begitu, tak sedikit orang yang merasakan badan lemas setelah olahraga. Hal itu sering dirasakan seorang atlet setelah bertanding dalam sebuah turnamen atau kompetisi.

Badan lemas yang sering dirasakan setelah bertanding tentu bukan tanpa sebab. Bagi Anda yang sering bertanding olahraga tentu penting mengetahui apa saja penyebabnya.

Selain itu, perlu diketahui juga cara mengatasi badan lemas usai bertanding olahraga. Apa saja penyebab badan lemas dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini beberapa penyebab badan lemas setelah bertanding olahraga dan cara mengatasinya, disadur dari Klikdokter, Jumat (12/8/2022).

 

 

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Badan Lemas usai Bertanding Olahraga

1. Otot Dipaksa Bekerja Keras

Dalam ajang olahraga, setiap atlet akan mengerahkan seluruh tenaga untuk mendapatkan hasil yang baik. Hal ini juga berefek pada penggunaan otot yang berlebihan, sehingga meningkatkan produksi asam laktat.

Asam laktat yang menumpuk inilah yang membuat tubuh menjadi lemas.

2. Jadwal Pertandingan yang Padat

Jadwal pertandingan yang sangat padat tentu bisa berefek pada tubuh yang lemas. Saat pemulihan belum maksimal, atlet sudah harus bertanding lagi keesokan harinya.

Hal ini nantinya yang bisa membuat badan lemas karena efek kelelahan yang menumpuk.

3 dari 4 halaman

Penyebab Badan Lemas usai Bertanding Olahraga

3. Istirahat Kurang

Tak jarang, para atlet harus bertanding sampai malam hari dan besok paginya sudah harus kembali bertanding di arena.

Hal ini tentu bisa membuat badan terasa lelah, apalagi jika istirahat kurang. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidur cukup dan berkualitas.

4. Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja, termasuk atlet yang bertanding. Mereka bisa stres karena beban untuk berprestasi.

Hal ini bisa menyebabkan stres secara fisik dan psikis. Stres memicu pelepasan radikal bebas dalam tubuh yang berujung tubuh akan kehilangan energi.

4 dari 4 halaman

Makanan untuk Mengatasi Badan Lemas

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi untuk mengembalikan kondisi tubuh dengan cepat adalah: kentang, nasi merah, roti gandum, dan serealia gandum.

Semua bahan makanan tersebut mengandung serat yang berguna untuk mencegah dan mengatasi keluhan badan lemas.

Protein yang Cukup

Protein berhubungan dengan pembentukan hormon, regenerasi sel, dan pembentukan otot. Jadi, dengan memenuhi kebutuhan protein setiap hari, badan lemas tak akan terjadi lagi.

Protein bisa didapatkan dari tahu, tempe, daging merah, telur, ikan, kacang kedelai, keju, dan susu.

Vitamin dan Mineral

Bagi Anda yang sedang mengalami badan lemas, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi, seperti sayur dan buah-buahan.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 12/10/2018).

Baca artikel seputar olahraga dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer