Sukses


Jenis-Jenis Olahraga untuk Mengendalikan Emosi, Menenangkan Hati dan Pikiran

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Dengan berolahraga, tubuh menjadi sehat, bugar, dan lebih berenergi.

Tak hanya bikin tubuh sehat dan bugar, olahraga juga bisa untuk mengontrol emosi. Tak bisa dimungkiri, setiap orang pasti pernah merasakan berbagai suasana hati, satu di antaranya marah.

Rasa marah tersebut bisa disebabkan karena berbagai hal. Emosi tersebut yang terkadang akan merusak suasana yang ada.

Itulah mengapa, sebisa mungkin untuk senantiasa bisa mengendalikan diri agar tak mudah marah atau emosi. Beragam cara bisa dilakukan untuk meredam amarah, seperti dengan olahraga.

Ada beberapa jenis olahraga untuk mengontrol emosi marah yang bisa Anda coba.

Berikut ini jenis-jenis olahraga untuk mengontrol emosi, dilansir dari Verywell Fit via Merdeka.com, Kamis (18/8/2022).

 

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengendalikan Emosi

Tinju

Jenis olahraga untuk mengontrol emosi marah yang pertama adalah tinju. Tinju merupakan satu di antara latihan intensitas tinggi yang dapat membantu Anda melepaskan rasa amarah.

Olahraga ini melibatkan kombinasi pukulan dan jab sehingga Anda bisa melampiaskan kemarahan dengan lebih positif.

Selain berguna untuk mengelola emosi dengan baik, tinju juga membantu membakar kalori serta membentuk kekuatan tubuh secara efektif.

Latihan Sirkuit

Jenis olahraga untuk mengontrol emosi berikutnya adalah latihan sirkuit. Ini masih termasuk latihan intensitas tinggi yang dapat membantu Anda melepaskan energi saat marah.

Latihan ini bisa Anda lakukan ketika kondisi emosional sedang tidak baik atau sering kali suasana hati buruk karena satu dan lain hal.

Anda mungkin memerlukan beberapa peralatan untuk melakukan olahraga ini seperti dumbbell, kettlebell, atau resistance band.

3 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengendalikan Emosi

Menari

Menari juga termasuk jenis olahraga untuk mengontrol emosi yang bisa dilakukan. Olahraga yang masuk dalam kelompok latihan intensitas tinggi ini membantu melepaskan energi dengan baik saat sedang marah.

Anda juga bisa mengekspresikan diri melalui gerakan-gerakan tarian. Dengan begitu, emosi yang sedang dirasakan dapat lepas kemudian suasana hati akan terasa lebih baik.

Lompat Tali

Jenis olahraga untuk mengontrol emosi selanjutnya adalah lompat tali. Olahraga intensitas tinggi ini berguna untuk meningkatkan detak jantung dengan cepat dan membakar kalori tubuh secara efektif.

Lompat tali juga membantu Anda melepaskan emosi dan suasana hati yang sedang buruk. Cukup menyediakan alat lompat tali yang sederhana, Anda bisa melakukan aktivitas untuk mengelola emosi dengan baik.

Latihan ini juga membantu Anda mengelola kondisi stres dan menjaga keseimbangan mental dengan lebih baik.

4 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengendalikan Emosi

Yoga

Jenis olahraga untuk mengontrol emosi juga bisa Anda lakukan dengan berbagai latihan yoga. Jenis olahraga yang satu ini melibatkan gerakan-gerakan lambat tapi dapat membantu membuat otot-otot tubuh rileks.

Selain itu, yoga juga dilakukan dengan latihan pernapasan yang baik sehingga dapat membantu memperlambat detak jantung dan menenangkan pikiran. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis yoga yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut :

  • Hatha yoga : jenis yoga yang melibatkan gerakan-gerakan lebih lambat dan lebih lembut.
  • Yoga kekuatan dan yoga vinyasa : jenis yoga yang melibatkan gerakan lebih cepat serta menawarkan latihan yang lebih intens.
  • Bikram yoga : jenis yoga ini dilakukan di ruangan yang memiliki pemanas. Yoga ini juga dapat menantang Anda untuk fokus pada postur tertentu selama kelas 90 menit.
5 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengendalikan Emosi

Meditasi dan Tai Chi

Meditasi juga termasuk jenis olahraga untuk mengontrol emosi. Dalam hal ini, Anda bisa mempraktikkan olahraga tai chi, yaitu seni bela diri dari China yang melibatkan gerakan mengalir dan serangkaian meditasi.

Laju gerakan lambat yang dilakukan dapat membantu menenangkan emosi Anda dan menurunkan detak jantung saat Anda merasa sedang emosi dan marah.

Kini terdapat beberapa kelas tai chi yang dilakukan secara online, Anda bisa mengikutinya dengan mudah tanpa harus masuk pada kelas khusus.

 

6 dari 6 halaman

Olahraga untuk Mengendalikan Emosi

Bejalan atau Mendaki

Berjalan kaki merupakan satu di antara olahraga yang baik untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes tipe 2.

Selain itu, jalan kaki atau aktivitas mendaki juga sangat baik dilakukan untuk melepaskan amarah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa hanya satu kali berjalan (hanya 10 menit) dapat mengurangi permusuhan dan kemarahan pada orang dewasa muda, meskipun tidak pada tingkat yang signifikan secara statistik.

Studi lain menunjukkan bahwa mencapai 10.000 langkah per hari menghasilkan tingkat kemarahan yang dilaporkan lebih rendah, bersama dengan berkurangnya kecemasan, depresi, kelelahan, kebingungan, dan gangguan suasana hati. Tentu ini menjadi aktivitas olahraga yang murah dan mudah dilakukan.

Sumber Asli: Verywell Fit

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter: Ayu Isti Prabandari. Published: 25/6/2021).

Video Populer

Foto Populer