Sukses


6 Manfaat Olahraga Dayung bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Dayung adalah jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Namun, olahraga dayung bukan olahraga yang sering ditemui layaknya jenis olahraga lain seperti sepak bola atau bulutangkis.

Sebab, olahraga dayung membutuhkan alat-alat yang sulit didapat seperti perahu dan alat mendayung itu sendiri.

Di balik segala "kerumitannya", tidak sedikit orang mencoba berolahraga dayung untuk menyalurkan hobi, sebatas bersenang-senang, atau menjadi atlet profesional.

Di sisi lain, dayung merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, sama seperti jenis olahraga lain.

Lantas, apa saja manfaat positif bagi tubuh yang jarang diketahui dari olahraga dayung?

Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa menyimak pembahasan mengenai manfaat olahraga dayung, di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga dayung bagi tubuh, yang jarang diketahui, dilansir dari laman Healthfitnessrevolution, Jumat (19/8/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Dayung bagi Tubuh

1. Membakar Kalori

Melakukan olahraga dayung bisa membantu membakar kalori. Jumlah kalori yang terbakar saat melakukan olahraga dayung bergantung pada banyak faktor. Dari berat badan, intensitas, hingga durasi berolahraga. Makin intens, tentu jumlah kalori yang dibakar makin banyak.

2. Stimulasi Otot Seluruh Tubuh

Olahraga dayung dapat memberikan stimulus kepada otot di seluruh tubuh, manfaat yang bisa diperoleh dari full body workout. Kumpulan otot mulai bagian atas, core, hingga bawah akan ikut bekerja ketika mengoperasikan alat olahraga ini.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Dayung bagi Tubuh

3. Membangun Kekuatan Otot

Beberapa orang yang rutin melakukan olahraga dayung mengklaim otot mereka menjadi lebih kuat. Tentunya, jika dipadukan dengan olahraga angkat beban atau resistance training dengan repetisi sesuai kemampuan masing-masing.

4. Menambah Kebahagiaan

Menjalani olahraga dayung secara rutin akan memperbanyak hormon-hormon bahagia seperti endorfin, dopamin, dan serotonin.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga Dayung bagi Tubuh

5. Menyehatkan Jantung

Orang yang secara teratur berolahraga dayung akan memiliki tekanan darah rendah, kolesterol terjaga, hingga berat badan yang sehat. Tentunya, kondisi ini akan menjaga seseorang dari risiko menderita stroke, serangan jantung, diabetes, dan obesitas.

6. Membakar Lemak

Buat Anda yang ingin membakar lemak dalam tubuh, berolahraga dayung bisa jadi solusi. Proses mendayung akan membantu Anda untuk membakar kalori.

 

Sumber: Healthfitnessrevolution

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer