Sukses


Taekwondoin Muda Indonesia Raih 3 Medali Perunggu pada Kejuaraan Taekwondo Asia

Bola.com, Jakarta - Taekwondoin Indonesia mencicipi Kejuaraan Taekwondo Asia atau Asian Cadet Junior Poomsae Championship di Vietnam, 22 hingga 27 Agustus 2022. Hasilnya, taekwondoin muda Indonesia berhasil meraih tiga medali perunggu.

Asian Cadet Junior Poomsae Championship merupakan ajang taekwondo internasional junior pertama yang diikuti Indonesia setelah masa pandemi. Hasilnya cukup menggembirakan karena sukses mendulang prestasi.

"Mungkin ini seperti event pengawal lagi buat kita, kita absen karena COVID-19. Jadi ini yang pertama buat anak-anak bertanding secara offline, bahkan sebagian besar, sekitar 80% dari yang kita berangkatkan itu belum pernah ikut kejuaraan internasional," ujar Laras Fitriana Noviaty Sumarna, manajer Timnas Taekwondo Indonesia ketika dihubungi.

Oleh karena itu, lanjut Laras Fitriana, Asian Cadet Junior Poomsae Championship adalah ajang yang pas buat para atlet muda menggali pengalaman. Apalagi lawan-lawan yang dihadapi berasal dari negara-negara dengan tradisi kuat.

"Pasti jadi pengalaman tersendiri, terutama karena melawan negara-negara yang sudah sering bertanding. Sisi lainnya, mungkin lebih kepada friendship, yang utaman sih pengalaman bertanding di level internasional sekelas Asia," katanya lagi.

2 dari 4 halaman

Masih Harus Diasah

Lebih lanjut, Laras Fitriana menilai apa yang didapat oleh para atlet muda ini sudah memuaskan. Hanya saja, ia berharap anak-anak bisa terus digenjot dengan kejuaraan-kejuaraan taekwondo lagi, terutama yang berlevel internasional.

"Mereka bagus, memuaskan, bisa tampil maksimal. Tapi tetap untuk hasil yang lebih tinggi lagi, masih perlu banyak pengalaman, latihan, persiapannya ditingkatkan."

"Mudah-mudahan nanti ada kejuaraan internasional lagi yang diselenggarakan resmi oleh federasi internasional. Biasanya mendekati akhir tahun ada kejuaraan internasional," ujarnya menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Raih 3 Perunggu dan Penghargaan Trophy Best Fighting Spirit Female

Pada ajang tersebut, taekwondoin muda Indonesia sukses menggondol tiga medali perunggu serta Trophy Best Fighting Spirit Female.

M. Nadim Fathurrahman, Naylana Khansa, dan Keisha Aurelia Putri berhasil mengharumkan nama Indonesia di pentas internasional.

Intan Syabani, meski berada di peringkat 7, mendapatkan penghargaan Trophy Best Fighting Spirit.

 

4 dari 4 halaman

Hasil Kejuaraan Taekwondo Junior Asia

  • Cadet Individual Male

M. Nadim Fathurrahman

Perunggu

  • Cadet Pair

M Nadim dan Naylana Khansa J

Perunggu

  • Cadet Freestyle Individual Female

Keisha Aurelia Putri

Perunggu

  • Cadet Individual Female

Intan Syabani

Peringkat 7

Trophy Best Fighting Spirit

  • Junior Individual Female

Jingga Joelanda

Peringkat 5

  • Junior Tim Female

Jingga , Rulaa , Sashenka

Peringkat 6

Video Populer

Foto Populer