Sukses


Dukung Pembibitan Atlet Tenis Meja Indonesia, Universitas Terbuka Gelar Turnamen untuk Pelajar Nasional

Bola.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-38, Universitas Terbuka mendukung pencarian bibit masa depan tenis meja Indonesia dengan menggelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional di Jakarta pada 26 hingga 28 Agustus.

Turnamen tenis meja ini dipertandingkan dengan empat kategori berbeda, yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Perguruan Tinggi. Turnamen ini memperebutkan Piala Rektor Universitas Terbuka dan Direktur Utama Bank Tabungan Negara (BTN) selain ada total hadiah senilai Rp112 juta.

"Jadi pelajar dari keempat kategori tersebut bisa mendaftar untuk mengikuti turnamen ini. Universitas Terbuka terus berupaya membantu pencarian bibit baru atlet muda tenis meja dengan cara menggelar turnamen tingkat pelajar dan mahasiswa. Ini bentuk kepedulian kami terhadap perkembangan tenis meja di Indonesia," ujar Rektor Universitas Terbuka, Prof. Drs. Ojat Darojat Ph.D.

Menurut Rektor Universitas Terbuka itu, pihaknya telah ditetapkan menjadi pusat pembibitan atlet tenis meja oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, baik di jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun perguruan tinggi. Harapannya akan lahir calon atlet yang tidak hanya berprestasi di level nasional, tapi juga internasional.

Sebagai sponsor, Universitas Terbuka menggandeng Bank Tabungan Negara untuk mendukung terselenggaranya turnamen tenis meja yang sudah diminati oleh 546 pelajar dari empat kategori tersebut.

"Kami berharap kolaborasi ini terus berlanjut untuk membantu meningkatkan prestasi tenis meja nasional. Kami percaya banyak bibit muda yang bisa didapatkan dari turnamen ini dan punya masa depan sebagai atlet nasional," lanjutnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Menjunjung Tinggi Sportivitas

Turnamen tenis meja tingkat pelajar ini juga merupakan wujud nyata kepedulian Universitas Terbuka dalam mencari atlet muda baru.

Menurut Ojat, Universitas Terbuka bukan hanya pelopor dalam pendidikan jarak jauh, tapi juga sebagai wahana untuk menemukan dan melatih atlet-atlet muda berprestasi.

Tahun ini, tema dari turnamen tenis meja pelajar Universitas Terbuka 2022 adalah Menjunjung Tinggi Sportivitas, Menuju Kemandirian dan Profesionalisme. Tema ini, kata Ojat, dipilih untuk mengingatkan atlet muda bahwa sportivitas adalah segalanya di dunia olahraga.

“Menang dan kalah adalah hal yang lumrah di dunia olahraga. Menang bukan satu-satunya tujuan akhir, tapi bagaimana atlet menjunjung sportivitas yang tinggi untuk meraih kemenangan. Atlet bukan hanya mengejar good winner tapi juga good loser,” jelas Ojat.

 

3 dari 3 halaman

Diselingi Ekshibisi Selebriti

Dalam turnamen tenis meja tingkat pelajar tahun ini, Universitas Terbuka bersama Bank Tabungan Negara menghadirkan partai ekshibisi antara atlet dan artis di mana Abdel Achrian, atau yang kerap disapa Cing Abdel, berpasangan dengan Gilang Maulana melawan Denny Cagur yang berpasangan dengan Bima Abdinegara.

"Terima kasih untuk Rektor Universitas Terbuka yang menggelar turnamen pelajar Nasional Rektor Cup 2022. Perkembangan ping-pong saat ini antusiasnya sudah sangat baik. Semoga ini membuka mata pengurus PTMSI untuk berbenah dan membuat banyak turnamen serupa sehingga ping-pong semakin dikenal dan juga digemari oleh masyarakat kita," ucap Cing Abdel.

"Keren banget turnamen rektor UT ini, harapan saya tidak hanya menggairahkan olahraga tenis meja, tapi lewat turnamen antarpelajar ini bisa menjaring bibit-bibit baru," pungkas Denny Cagur.

Video Populer

Foto Populer