Sukses


32 Kata-Kata Bijak Islami Seputar Kematian, Dorongan untuk Selalu Mengingat Allah

Bola.com, Jakarta Kematian adalah suatu hal yang pasti akan terjadi. Dari suatu kematian, kita bisa belajar untuk senantiasa berbuat baik di dunia sebagai bekal untuk kehidupan di akhirat.

Usia serta kondisi kesehatan tidak pernah bisa menjadi suatu patokan atas kematian sehingga sebagai umat muslim yang baik, kita harus siap untuk dipanggil oleh Allah, kapan dan di mana saja.

Ada berbagai hal yang dapat membantu kita di akhirat kelak, seperti selalu mengingat Allah, amalan-amalan selama di dunia hingga pahala ibadah yang kita lakukan.

Dengan selalu mengingat Allah Swt., kamu akan selalu hidup di jalan kebenaran yang telah Allah ajarkan kepada umat-Nya melalui kitab suci dan para nabi.

Hidup yang sesuai ajaran agama Islam akan membawamu berada di sisi Allah Swt. pada saat dirimu meninggal dunia kelak, kuburmu pun akan dilapangkan oleh-Nya.

Kamu bisa membaca kata-kata bijak Islami seputar kematian, yang akan memberikanmu pemahaman tentang arti penting berbuat baik untuk mempersiapkan kematian.

Berikut 32 kata-kata bijak Islami seputar kematian, yang bisa menjadi dorongan untuk selalu mengingat Allah, dikutip dari Theislamicquotes dan Awakenthegreatnesswithin, Selasa (30/8/2022).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Kematian

1. "Kematian adalah kenyataan sejati, tidak ada yang bisa menghentikannya. Meski kita mengabaikannya, tetap saja itu akan terjadi."

2. "Orang-orang pergi kepada Allah setelah kematian, tetapi orang yang bijaksana pergi kepada Allah sebelum kematiannya."

3. "Dialah yang menciptakan hidup dan mati untuk menguji siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dialah Yang Maha Kuasa lagi Maha Pengampun."

4. "Percayalah, ada kehidupan setelah kematian, ada tanggung jawab setelah kematian. Dan rasa tanggung jawab ini menakutkan semua orang."

5. "Kematian adalah sama untuk semua. Tidak peduli siapa kamu. Kamu hanyalah sebuah nama untuk malaikat maut. Nama yang ditandai."

6. "Allah tidak melarang kenikmatan dalam hidup kita, tetapi kita harus mengingat batasan dan tujuan yang sebenarnya. Semoga Allah mengampuni setiap muslim, dan mari kita semua bertemu bersama di Jannatul Firdaus."

7. "Saat ini, kamu sedang duduk dan membaca artikel ini di gadget elektronikmu, dan seseorang sedang ditanyai di dalam kubur. Dan itu akan menjadi kamu pada suatu saat, dan siklus ini akan berlanjut."

8. "Hidup adalah waktu yang kita habiskan di kereta, dan begitu titik tujuan kita tercapai, kita harus meninggalkan kereta."

 

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Kematian

9. "Setiap diri akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan kejahatan dan kasih (atau: kebaikan) sebagai godaan, dan kepada Kami, kamu akan dikembalikan." (Al-Quran 21:35)

10. "Kematian orang yang dicintai adalah pengingat bagi kita. Bagaimanapun, hidup adalah persiapan untuk harimu akan bertemu dengan pencipta-Mu." -Mufti Menk

11. "Tidak ada seorang pun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. "

12. "Ketika seseorang meninggal, dia bertemu dengan penciptanya, dia bertemu dengan Allah. Ini sebenarnya adalah pertemuan 'Rabb dengan Abd'."

13. "Janganlah ada di antara kamu yang menginginkan kematian. Jika dia benar maka dia mungkin meningkatkan perbuatan baiknya, dan jika dia berdosa maka dia mungkin bertobat."

14. "Segala puji bagi Allah yang memberi kita kehidupan setelah mengambilnya dari kita dan kebangkitan bagi-Nya." - Hisnul Muslim

15. "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (Q.S Al-A’raf: 162)

16. "Semua orang pasti akan kembali kepada Allah ketika mati, tapi yang berbahagia adalah orang yang dekat dengan Allah semasa hidupnya." - Sayyid Qutb

 

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Kematian

17. "Kematian adalah hal yang paling jauh dari pikiran kita, walau sebenarnya ia lebih dekat dari segala yang dekat dengan kita." - Ali Mustafa Tanthowi

18. "Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu." - Imam Syafi’i

19. "Allah telah menciptakan tanah ini baik untuk hidup maupun mati, seperti yang dikatakannya dalam Al-Qur'an, 'Bukankah kita telah menjadikan bumi ini sebagai wadah bagi yang hidup dan yang mati?"

20. "Kamu tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk berubah karena kematian tidak akan menunggu kamu untuk berubah."

21. "Dunia (dunya) bukanlah tempat istirahat; itu adalah tempat pengujian."

22. "Setiap orang melarikan diri dari kematian, dan berlari menuju kehidupan, dunia, menuju objek sementara."

23. "Api neraka adalah kediamanmu, di mana kamu akan tinggal kecuali seperti yang Allah kehendaki. Sesungguhnya, Tuhanmu bijaksana dan mengetahui."

24. "Siapa yang suka bertemu Allah, Allah senang bertemu dengannya, dan siapa pun yang benci bertemu Allah, Allah benci bertemu dengannya."

 

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Bijak Islami Seputar Kematian

25. "Allah membuatmu hidup, lalu menyebabkanmu mati; maka Dia akan mengumpulkanmu untuk Hari Kebangkitan, yang tidak diragukan lagi, tetapi kebanyakan orang tidak tahu." (Al-Quran, 45: 24-26)

26. "Tidak ada di antara kalian yang menginginkan kematian karena musibah yang menimpanya, tetapi jika dia harus melakukan sesuatu dia harus berkata: "Ya Allah, pertahankan aku hidup selama hidup baik untukku dan menyebabkan aku mati jika mati lebih baik untukku."

27. "Yang setia tidak mati; mungkin mereka diterjemahkan dari dunia yang fana ini ke dunia kehidupan yang kekal."

28. "Setiap jiwa pasti akan merasakan yang namanya kematian." (Q.S Ali Imran: 185)

29. "Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah dan kepada-Nya kita semua pasti akan kembali." (Q.S Al-Baqarah: 156)

30. "Kematian adalah berkah bagi seorang muslim. Ingat dan bicaralah dengan baik tentang orang mati dan jangan berbicara buruk tentang mereka."

31. "Dialah yang menciptakan hidup dan mati untuk menguji siapa di antara kamu yang terbaik dalam perbuatan. Dan Dia Yang Mahakuasa, Yang Maha Pemaaf." (Al-Quran 67: 2)

32. "Kematian akan menemukanmu bahkan jika kamu bersembunyi di benteng yang dibangun kuat dan tinggi."

 

Sumber: Theislamicquotes, Awakenthegreatnesswithin

Yuk, baca artikel kata-kata bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer