Sukses


Cara Membakar Lemak saat Tidur, Efektif Turunkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Lemak yang ada di bagian tubuh mungkin menjadi satu di antara hal yang mengganggu penampilan. Itulah mengapa, tidak sedikit orang ingin membakar lemak yang ada di bagian tubuh seperti perut, pinggang maupun lengan.

Tak hanya memperburuk penampilan, lemak terutama yang ada di perut dapat memicu beberapa penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Mempunyai tubuh yang ideal tentu menjadi dambaan setiap orang. Ada orang merasa kurang percaya diri jika mempunyai tubuh yang gemuk atau kurang ideal.

Memang tak mudah menurunkan berat badan dan membakar lemak yang ada di tubuh. Beragam cara dilakukan untuk membakar lemak dalam tubuh, seperti berolahraga dan menjaga pola makan.

Bahkan, tubuh tetap dapat membakar lemak, meski sedang tidur. Mungkin Anda berpikir kalau tubuh tidak membakar banyak kalori saat tidur.

Cara membakar lemak saat tidur beragam. Bagi Anda yang ingin lemak dalam tubuh terbakar saat tidur, tentu penting mengetahui caranya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membakar lemak saat tidur, disadur dari Klikdokter, Kamis (1/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cara Membakar Lemak saat Tidur

1. Tidur dengan Jam yang Tetap

Gunakan alarm atau buat pola tidur yang tetap. Tidurlah pada jam yang sama setiap malam. Anda pun akan mendapatkan jumlah tidur dalam atau fase Rapid Eye Movement (REM) yang cukup.

Saat fase Rapid Eye Movement (REM), tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

2. Tidur yang Cukup

Mungkin Anda berpikir mengganti waktu tidur dengan berolahraga maka tubuh akan membakar kalori dengan jumlah yang lebih banyak.

Namun, jika tidur kurang dari tujuh jam sehari, hormon yang meningkatkan nafsu makan dapat meningkat. Efeknya, Anda akan terdorong untuk makan lebih banyak.

3 dari 5 halaman

Cara Membakar Lemak saat Tidur

3. Hindari Makan sebelum Tidur

Sebuah penelitian pada tikus menyimpulkan, tikus yang diberikan makan sebelum tidur akan mengalami kenaikan berat badan lebih banyak dibandingkan kelompok tikus yang diberikan makan saat siang hari.

Hal ini berhubungan dengan pembakaran kalori yang lebih efektif saat siang hari, sesuai siklus sirkadian-nya.

4. Jauhkan Gadget dari Tempat Tidur

Cara membakar kalori saat tidur berikutnya adalah dengan menjauhkan gawai dari tempat tidur.

Studi yang diterbitkan dalam International Studies of Molecular Sciences menunjukkan paparan cahaya biru di malam hari akan mengganggu produksi hormon melatonin.

Paparan cahaya biru dapat meningkatkan rasa lapar dan resistensi insulin sehingga akan meningkatkan berat badan Anda.

Jauhkan gadget yang memancarkan cahaya biru seperti smartphone, tablet, dan komputer dari tempat tidur Anda.

4 dari 5 halaman

Cara Membakar Lemak saat Tidur

5. Hindari Minum Alkohol 3 Jam sebelum Tidur

Alkohol dapat menambahkan kalori yang tidak dibutuhkan. Di samping itu, alkohol menghambat kemampuan Anda untuk membakar lemak.

Alkohol dimetabolisme di hati dan akan menghasilkan senyawa asetat. Tubuh akan berusaha membakar senyawa asetat lebih dulu daripada membakar lemak sebagai bahan bakar.

Alkohol sering kali dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Namun, sebenarnya, minuman ini justru mengganggu kualitas tidur, terutama pada fase REM. Padahal, ini adalah fase terbanyak pembakaran kalori terjadi.

6. Tidur dengan Mematikan Semua Lampu

Selanjutnya, cara menurunkan berat saat tidur adalah dengan mematikan semua lampu.

Saat matahari terbenam, tubuh akan mulai memproduksi melatonin yang membuat Anda merasa mengantuk sekaligus mengatur irama sirkadian.

Menurut penelitian di Journal of Pineal Research, melatonin berperan sangat penting dalam pengaturan metabolisme dalam tubuh. Peningkatan hormon melatonin akan meningkatkan kadar lemak darah dan insulin saat puasa.

5 dari 5 halaman

Cara Membakar Lemak saat Tidur

7. Berolahraga Rutin

Berolahraga tentunya akan meningkatkan metabolisme dan membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak saat malam hari.

Rajin berolahraga sekitar 30 menit setiap hari rutin dapat membuat tubuh selalu sehat dan menjaga berat badan tetap seimbang.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 16/7/2020)

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer