Sukses


Contoh Perubahan Sosial yang Terjadi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Perubahan sosial merupakan satu di antara materi dalam kajian ilmu sosiologi. Perubahan sosial budaya kerap ditemui dalam kehidupan bermasyarakat.

Dilansir laman kemdikbud.go.id, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat, mencakup sistem sosial yang meliputi nilai, sikap, dan pola-pola perilaku.

Tidak hanya pada sistem sosial saja, tetapi juga pada kebudayaan, yang meliputi pada kesenian, ilmu pengetahuan, hingga teknologi yang dipakai, akan menimbulkan perubahan baik ke arah progres maupun regres (kemunduran).

Pengertian lain mengutarakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, mencakup perubahan budaya yang di dalamnya terdapat perubahan nilai-nilai dan tata cara kehidupan dari tradisional menjadi modern.

Pada hakikatnya, tanpa disadari kita akan selalu mengalami perubahan, baik itu secara cepat atau lambat maupun perubahan kecil atau besar demi memenuhi kebutuhan hidup.

Berikut ini beberapa contoh perubahan sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari, dikutip dari laman Dosenpintar, Minggu (4/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Perubahan Sosial

  • Pertanian

Pada sektor pertanian terjadi perubahan sosial pada bidang teknologi dan masuknya berbagai jenis pupuk.

  • Kejahatan Siber

Dengan teknologi yang semakin maju, informasi sangat mudah didapat. Adapun bentuk kejahatan siber antara lain pembajakan akun, online bullying dan pembobolan website.

  • Musik

Bidang musik tentu akan menjadi contoh perubahan sosial bidang budaya. Dulu musik daerah mungkin cukup populer dan masih banyak diputar.

Namun, kini ada pengaruh musik western yang masuk sehingga jenis musik pop, rock, hip hop dan Electro Dance Music (EDM) juga semakin populer.

  • Ekonomi

Perubahan sosial budaya juga memengaruhi sektor ekonomi. Contohnya masyarakat lebih menggemari produk impor dibanding produk-produk dalam negeri.

Selain itu, ada tren liburan ke luar negeri yang dilakukan kalangan masyarakat di sektor ekonomi kelas menengah ke atas.

3 dari 4 halaman

Contoh Perubahan Sosial

  • Budaya Barat

Pengaruh globalisasi juga banyak menyebabkan perubahan sosial menjadi lebih ke barat-baratan atau sering dikenal dengan istilah westernisasi. Hal ini bisa dilihat di berbagai sektor, mulai dari musik, fashion, lifestyle, dan film.

  • Kesenian

Sudah banyak kesenian lokal yang ditinggalkan. Hal ini yang mendorong masuknya berbagai kesenian luar negeri yang dianggap lebih modern. Contoh masuknya tari balet.

  • Industri

Sektor industri banyak mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi yang ada. Contohnya revolusi industri. Adanya produktivitas industri yang meningkat dan ketimpangan sosial yang terjadi.

  • Pola Pikir

Pada pola pikir terjadi perubahan sosial yang spesifik. Dengan berkembangnya sumber iformasi membuat pemikiran masyarakat lebih kritis.

4 dari 4 halaman

Contoh Perubahan Sosial

  • Bahasa

Perubahan yang terjadi pada bahasa ialah masuknya bahasa-bahasa gaul, atau bahasa Indonesia yang dikombinasi dengan bahasa asing.

  • Pendidikan

Contoh perubahan sosial budaya di bidang pendidikan ini terjadi karena terdapat kemajuan teknologi. Kini sistem pengajaran dapat dilakukan melalui berbagai media pembelajaran seperti video dan secara online. Banyak pula ilmu pengetahuan yang dapat diperoleh dari internet.

  • Komunikasi

Zaman dahulu orang menggunakan media surat yang dikirim melalui post yang harus menunggu waktu berhari-hari untuk sampai tujuan, tapi sekarang banyak pilihan alat komunikasi seperti email, whattapp, dan lain sebagainya.

  • Model Rambut

Gaya rambut pada masa sekarang dengan berbagai model mengikuti para idola dengan berbagai pilihan warna.

 

Sumber: Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer