Sukses


7 Cara agar Anda Tidur Nyenyak, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, banyak di antara kita yang sulit tidur nyenyak. Meski badan lelah setelah beraktivitas seharian, mengantuk, mata tak jua mau terpenjam. Itulah mengapa, cara agar Anda dapat tidur dengan pulas perlu diketahui.

Tidur nyenyak merupakan satu di antara kebutuhan vital manusia. Manfaat tidur bagi manusia di antaranya meregenerasi sel-sel tubuh dan membersihkan otak dari plak dan kotoran yang memicu kita terkena penyakit kognitif saat tua nanti.

Cukup tidur juga memampukan kita melawan infeksi, menjadikan fungsi otak lebih tajam, menstabilkan gula darah, membuat jantung lebih sehat, menurunkan peradangan, dan memperbaiki suasana hati.

Nah, agar Anda bisa tidur lelap demi mendapatkan cukup tidur, orang dewasa disarankan tidur malam 7-8 jam, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan. Cara-cara ini terbilang tidak sulit untuk diterapkan sehingga Anda bisa langsung mencobanya.

Berikut cara agar Anda bisa tidur nyenyak, disadur dari Klikdokter, Minggu (4/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara agar Anda Tidur Nyenyak

1. Atur Pencahayaan Ruangan

Sulit tidur bisa dipengaruhi oleh pencahayaan yang ada pada ruang kamar Anda. Saat tidur terjadi pengeluaran hormon melatonin. Fungsi utama hormon ini adalah membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah terjadinya insomnia.

Cahaya terang dari lampu atau atau gawai dapat menghambat pengeluaran hormon melatonin. Padahal, hormon itu bermanfaat untuk menunjang kualitas tidur Anda.

Maka itu, redupkan lampu kamar Anda agar tubuh mampu memproduksi melatonin dengan efektif. Jika tidak bisa tertidur dengan keadaan gelap, Anda bisa menyalakan lampu pijar sebagai penerang di malam hari. 

2. Atur Suhu Ruangan

Suhu kamar perlu diatur agar Anda bisa tidur lebih nyenyak. Suhu ruangan yang terlalu panas bisa membuat Anda lebih gelisah dan berkeringat. Sedangkan suhu ruangan yang terlalu dingin bisa bikin Anda menggigil dan sulit tertidur. 

Jadi, pastikan Anda mengatur suhu ruangan dengan suhu normal antara 20 sampai 22 derajat Celcius untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. 

 

 

3 dari 4 halaman

Cara agar Anda Tidur Nyenyak

3. Terpapar Sinar Matahari

Sulit tidur di malam hari bisa disebabkan Anda kurang terpapar cahaya dii pagi.

Fakta menyebut bahwa paparan cahaya sinar matahari pagi memainkan peran penting dalam meningkatkan produksi melatonin (hormon tidur) dalam tubuh. 

Untuk merasakan manfaat ini, Anda bisa berjalan santai selama 30 menit di pagi hari untuk mendapatkan melatonin secara maksimal. 

4. Olahraga

Selain meningkatkan kesehatan dalam tubuh, olahraga mampu meningkatkan kualitas tidur. Meski begitu, Anda tetap perlu memperhatikan waktu berolahraga. Sebab aktivitas ini dapat memproduksi endorfin yang justru membuat Anda jadi terjaga. 

Disarankan agar Anda melakukan olahraga di pagi maupun di sore hari. Jika tidak ada waktu, lakukan gerakan peregangan sederhana selama 30 menit sebelum tidur. 

5. Meditasi

Latihan meditasi yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, dengan memperlambat pernapasan dan mengurangi kadar hormon stres.

Anda bisa melakukan meditasi selama 45-60 menit setiap hari. Jika Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan, lakukan meditasi di malam hari sebelum pergi tertidur. 

 

 

4 dari 4 halaman

Cara agar Anda Tidur Nyenyak

6. Pola Makan Sehat

Anda perlu menghindari minuman yang mengandung kafein. Minuman mengandung kafein mampu membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda menjadi sulit untuk tertidur. 

Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi karena mampu meningkatkan energi dalam tubuh. 

Sebagai gantinya, makan dengan menu dan waktu yang tepat. Meski rasa lapar melanda di malam hari, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi makanan berlebih. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi camilan sehat, seperti buah-buahan. 

Namun, agar tidak mengganggu waktu dan kualitas tidur Anda, konsumsi camilan tersebut tiga atau empat jam sebelum tidur.

7. Gunakan Aromaterapi

Sebuah analisis yang dilakukan pada 2011 menemukan kaitan erat antara kualitas tidur dengan aromaterapi. Minyak aromaterapi lavender telah lama digunakan sebagai obat tradisional yang membantu merelaksasi pikiran dan membantu tidur lebih nyenyak. 

Lavender adalah jenis minyak esensial yang terbukti paling menenangkan dibandingkan lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/7/2019)

Silakan klik tautan ini untuk artikel cara dari berbagai tema lain.

Video Populer

Foto Populer