Sukses


Cara Ampuh untuk Melupakan Kenangan Buruk

Bola.com, Jakarta - Sudah menjadi garis hidup, bahwa manusia tidak selamanya merasakan bahagia. Setiap orang pasti punya kenangan buruk maupun mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya.

Masa-masa sulit tersebut bisa muncul dalam berbagai hal, seperti momen menyakitkan dikhianati orang kepercayaan dan kehilangan seseorang yang disayangi.

Tidak sedikit dari kita yang sulit melepaskan diri dari kenangan tersebut sehingga membuat Anda membutuhkan cara khusus untuk melupakan kenangan tersebut.

Seseorang yang sulit melupakan kenangan di masa lalu bisa saja karena beberapa hal. Misalnya, trauma atas kejadian tersebut, rindu dengan hal-hal baik di masa lalu, serta keinginan bawah sadar untuk menghindari rasa sakit di masa depan.

Namun, melupakan masa lalu tetap harus dilakukan, apalagi jika itu menyangkut kenangan buruk bagi Anda lantaran jika dibiarkan, kenangan buruk di masa lalu atau trauma hanya akan menghambat Anda untuk berkembang.

Berikut cara ampuh untuk melupakan kenangan buruk, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (8/9/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Kenangan Buruk di Masa Lalu

1. Melakukan Afirmasi Positif

Adakalanya, self talk atau berbincang dengan diri sendiri bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.

Namun, pada suatu kondisi, self talk yang buruk bisa membuat Anda terjebak dalam suatu keadaan yang juga buruk. Terutama ketika itu berhubungan dengan masa lalu Anda yang tidak menyenangkan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan kalimat positif atas hal-hal yang telah terjadi pada diri Anda. 

Misalnya, "saya beruntung bisa menemukan jalan baru yang lebih baik dalam hidup saya". Kalimat ini akan lebih bermakna positif daripada "saya tidak percaya ini bisa terjadi pada saya".

2. Menghindari Orang dari Masa Lalu Terkait

Cara kedua ini sangat sering dijumpai. Seseorang akan cenderung menjauhi orang atau situasi yang membuatnya mengingat kembali kenangan buruk di masa lalu.

Meski begitu, cara ini tetap dinilai tepat dilakukan, apalagi ketika orang bersangkutan memberikan dampak yang sangat negatif kepada Anda.

Dengan memutus hubungan dengan orang tersebut, Anda tidak lagi harus memikirkan, memproses, hingga mengingat kembali kenangan buruk bersamanya. Anda pun bisa lebih fokus untuk mewujudkan rencana masa depan tanpa bayang-bayang masa lalu.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Kenangan Buruk di Masa Lalu

3. Fokus Terhadap Diri Sendiri

Agar tidak terus memikirkan hal-hal buruk di masa lalu, coba untuk fokus kepada diri sendiri. Saat hal-hal di masa lalu kembali terpikirkan, alihkan dengan mengamati kondisi Anda saat ini.

Kemudian, fokuslah pada hal-hal yang bisa Anda syukuri, segala hal baik, kecil maupun besar, yang telah terjadi baru-baru ini di hidup Anda.

Saat Anda telah bisa fokus ke diri sendiri, kejadian di masa lalu tidak akan banyak mengganggu masa depan Anda. Hal ini karena Anda bisa memilih bagaimana memandang hal-hal yang terjadi di masa lalu.

4. Sayangi Diri Sendiri

Berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri atas segala hal yang telah terjadi di masa lalu. Coba untuk menyayangi diri sendiri dan melakukan hal-hal baik untuk diri Anda. Penting pula untuk tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Memang sulit untuk menghindari hal-hal menyakitkan yang telah terjadi. Namun, Anda bisa memilih memperlakukan atau merawat diri sendiri dengan baik saat hal-hal buruk tersebut kembali terpikirkan.

Merawat diri akan membuat seseorang menjadi lebih memiliki kekuatan. Jadi, rasa sakit di masa lalu tidak akan terlalu memengaruhi Anda.

Praktik perawatan diri yang bisa Anda coba adalah dengan menetapkan batasan diri, berkata 'tidak', melakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman dan bahagia, serta mendengarkan apa yang Anda butuhkan.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh untuk Melupakan Kenangan Buruk di Masa Lalu

5. Biarkan Emosi Hilang dengan Sendirinya

Seseorang sering kali takut untuk menghadapi duka, amarah, kecewa, dan sedih yang terjadi pada dirinya. Padahal, jika emosi tersebut tidak diungkapkan, akan mengganggu proses melupakan itu sendiri.

Jadi, biarkanlah emosi itu muncul dan mereda dengan sendirinya. Hal ini juga akan berkaitan dengan kondisi kesehatan mental Anda. Saat emosi tersebut tidak diungkapkan, bisa membuat seseorang terjebak di dalamnya.

Saat itu sudah terjadi, akan makin sulit untuk menghilangkan bayang-bayang masa lalu. Pada akhirnya bisa timbulkan masalah pada kesehatan mental, seperti stres, kecemasan, hingga depresi.

6. Terimalah dengan Ikhlas

Menunggu orang yang sudah menyakiti Anda di masa lalu untuk meminta maaf akan mengganggu proses melupakan itu sendiri. Jadi, tidak ada salahnya untuk menerima dengan ikhlas bahwa orang tersebut memang tidak ingin meminta maaf.

Diperlukan kesadaran untuk bisa memahami bahwa sakit hati adalah hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu mengharapkan orang lain untuk meminta maaf ke Anda.

Kita tidak perlu mengharapkan permintaan maafnya karena jika kita berharap, tetapi harapannya tidak terpenuhi, akan muncul rasa kecewa atau rasa sakit hati yang lebih kuat. Hal yang paling penting adalah memahami diri sendiri dahulu.

Saat memaafkan orang lain, tidak perlu perkataan maaf dari orang lain dulu, Anda bisa memulainya sendiri dengan melihat seberapa besar masalah yang dilakukannya.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 1/2/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer