Sukses


Cara Memulai Olahraga untuk Berhenti Merokok, Bikin Hidup Jadi Lebih Sehat

Bola.com, Jakarta - Merokok merupakan kegiatan dan kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan, tidak hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitarnya.

Perlu diketahui, dalam satu batang rokok mengandung berbagai macam bahan kimia berbahaya dan tidak baik bagi tubuh. Kondisi tersebut bisa membuat para perokok aktif maupun pasif berisiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

Berhenti merokok dan memulai hidup sehat menjadi hal yang perlu segera dilakukan oleh para perokok. Tujuannya agar terhindar dari risiko terkena berbagai macam penyakit berbahaya.

Satu di antara cara yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bisa bikin tubuh sehat dan bugar.

Maka itu, coba rutin berolahraga mulai sekarang jika ingin berhenti merokok. Ada beberapa cara memulai olahraga untuk berhenti merokok yang penting untuk diketahui.

Berikut ini cara memulai olahraga untuk berhenti merokok yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (8/9/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Memulai Olahraga untuk Berhenti Merokok

  • Tekadkan niat sehingga Anda bisa disiplin dalam melakukan olahraga.
  • Cari waktu yang sesuai dengan Anda. Dengan demikian, olahraga dapat rutin dan bisa dilakukan nyaman tanpa terburu-buru.
  • Usahakan untuk berolahraga 30 menit dalam seharinya.
  • Pilihlah olahraga yang Anda sukai, misalnya berlari, berenang, bersepeda, Pilates, dan sebagainya.
  • Jadikan aktivitas rutin menjadi olahraga. Misalnya, parkir agak jauh dari tempat tujuan agar Anda bisa berjalan dan bergerak, atau pilih menaiki anak tangga dibandingkan menggunakan eskalator maupun lift.
  • Jika Anda bosan berolahraga sendiri, Anda bisa mengikuti kelas-kelas yang ada di pusat kebugaran.
  • Mulailah olahraga secara perlahan-lahan. Jika sudah terbiasa, tingkatkan intensitas dan durasi olahraga.
  • Ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk berolahraga bersama. Dengan begitu, Anda dapat termotivasi, rutin, dan tidak cepat bosan.
3 dari 3 halaman

Efek Positif Olahraga untuk Kebiasaan Merokok

Saat berhenti merokok, orang bisa mengalami gejala putus nikotin atau nicotine withdrawal. Gejala putus nikotin dapat terjadi setelah berhenti merokok 30 menit.

Keparahan gejalanya bergantung pada kadar kecanduan Anda, seperti berapa lama Anda merokok dan berapa banyak rokok yang diisap per hari.

Gejala putus nikotin bermacam-macam, meliputi sakit kepala, mual, lemas, insomnia, kecemasan, dan nafsu makan bertambah. Biasanya gejala ini akan mereda setelah 3-4 minggu kemudian.

Untuk mengatasi gejala-gejala tersebut, meditasi dan menghindari pemicu merokok (minum kopi, bertemu teman-teman perokok, dan sebagainya) merupakan metode yang bisa diterapkan.

Selain itu, berhenti merokok bisa diupayakan dengan olahraga rutin. Jadi, olahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga diketahui dapat mengurangi gejala putus nikotin.

Pada studi yang dimuat di British Journal of Pharmacology, para peneliti menelaah hewan percobaan tikus. Mereka memaparkan tikus dengan nikotin selama 14 hari, lalu membagi tikus ke dalam dua kelompok, yaitu tikus yang menjalani serangkaian latihan roda dan tikus yang tidak diberikan aktivitas fisik apa pun.

Hasilnya? Tikus yang berolahraga mengalami gejala putus nikotin yang tidak terlalu parah. Lebih lanjut, pada tikus yang berolahraga, para peneliti melihat adanya peningkatan aktivitas di reseptor otak yang terkait dengan nikotin.

Reseptor ini terletak di hippocampus otak dan terlibat dalam gangguan suasana hati.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 13/12/2021)

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer