Sukses


Contoh Teks Berita Singkat yang Mengandung Unsur 5W+1H

Bola.com, Jakarta - Di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, teks berita bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Lantas, apa itu teks berita?

Teks berita merupakan teks yang berisi informasi tentang sesuatu peristiwa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar atau dunia dan menjadi perbincangan publik.

Informasi yang dimuat teks berita bersifat aktual dan faktual. Sebuah teks berita dikatakan baik dan benar apabila mengandung unsur 5W+1H.

Hal ini penting agar sebuah informasi yang disampaikan dapat dimengerti dan tersampaikan dengan baik kepada publik.

Unsur 5W+1H merupakan singkatan dari kata tanya dalam bahasa Inggris yaitu What, Who, When, Why, Where, dan How.

Dalam bahasa Indonesia unsur tersebut sering disebut dengan istilah "ADIKSIMBA", yakni singkatan dari apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Berikut ini beberapa contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W+1H, dikutip dari laman Salamadian dan Sahabatnesia, Rabu (14/9/2022).

2 dari 5 halaman

Rem Blong, Mobil Ferrari Mewah Hantam Pembatas Jalan

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada Rabu (4/3/2015) malam hari. Kecelakaan ini dialami sebuah mobil mewah yang dikendarai seorang anak muda bernama Agus.

Penyebab utama kecelakaan mobil ini karena sang pengemudi berkendara dengan kecepatan di atas 120 km/jam. Saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobilnya karena rem yang blong.

Akibatnya, mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak pembatas jalan. Untungnya sang pengemudi dapat segera diselamatkan dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

3 dari 5 halaman

Indonesia Darurat Bencana, Gempa Kembali Guncang Lombok

Bencana kembali melanda satu di antara wilayah di Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi bencana besar berupa gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok. Kepanikan pun langsung melanda warga Lombok yang segera mengungsi ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok Utara ini terjadi pada pukul 18.46 Waktu Indonesia Tengah (WIT). Lokasi pusat gempa diperkirakan berada di jarak 18 km barat laut Lombok Timur dan memiliki kedalaman 15 kilometer. Besarnya skala gempa, kabar tentang terjadinya tsunami ditambah lagi listrik yang mati total sontak membuat warga panik dan memilih mengungsi.

Akan tetapi, guna meredakan kepanikan warga pihak BMKG mencabut peringatan tsunami satu jam kemudian. Gempa berskala tinggi ini juga mengakibatkan air laut naik di beberapa daerah. Di antaranya adalah di pelabuhan Carik Lombok Utara, Bada Sumbawa, dan Lembar Lombok Barat. Sementara itu, gempa susulan masih terus terjadi hingga berita ini disampaikan.

4 dari 5 halaman

Potret Pendidikan di Daerah Terpencil

Anak-anak SD di desa Mekar Jaya, Kabupaten Muara Enim, setelah turun hujan harus berjuang lebih keras dalam menuntut ilmu. Mereka harus berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu dalam kondisi lumpur dan becek dengan jarak tempuh mencapai 5 km untuk belajar di sekolah dan menggapai cita-cita mereka.

Selain akses jalan yang rusak, kondisi sekolah juga sangat mengkhawatirkan. Minimnya pelajar di wilayah desa tersebut ditambah bangunan kelas dalam kondisi rusak, membuat beberapa siswa sekolah dasar negeri 12 ini terpaksa digabung dengan siswa kelas lain.

Hingga kini, sarana dan prasarana sangat minim, seperti kelas yang rusak dan perpustakaan yang kurang buku, selain itu sekolah ini hanya mempunyai tenaga pengajar delapan orang.

Menurut pihak sekolah, mereka sudah sering melaporkan kondisi sekolahnya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang, tetapi sampai saat ini belum ada perhatian sedikit pun dari pemerintah setempat.

5 dari 5 halaman

Rio Haryanto Resmi Jadi Pembalap F1

Rio Haryanto, pembalap muda asal Indonesia, boleh tersenyum bangga. Halangan yang sempat merintang akhirnya secara bertahap bisa disingkirkan. Impiannya menjadi pembalap di Formula One (F1) terwujud.

Tim asal Inggris, Manor Racing, telah mengumumkan, Kamis (18/2), untuk menjadikan Rio sebagai pembalap kedua. Kesempatan itu membuat Rio akan bersaing dengan pembalap beken dunia, seperti Louis Hamilton, Fernando Alonso, dan Kimi Raikonnen, pada seri balapan F1 2016.

Bagaimana pembalap kelahiran Solo itu merintis kariernya di dunia balapan? Karier itu ia mulai ketika tampil pada balapan tingkat Asia. Ia memperkuat Asia Racing Team pada 2008.

Pada seri ini, Rio ikut untuk tiga seri, yaitu Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pacific. Pembalap kelahiran 22 Januari 1993 itu meraih prestasi perdananya di pentas Formula Asia 2.0. Di situ, ia meraih peringkat tiga usai memenangkan dua balapan.

Terpicu dengan pencapaian pada tahun perdana, Rio kian semangat. Ia terus memperlihatkan kebolehannya di balik kemudi roda empat. Pada 2009, ia mengikuti Australian Drivers Championship dan Asian Formula Renault Challenge Formula BMW Pacific.

Saat itu Rio memprioritaskan ajang Formula BMW Pasific. Alasannya, ajang itu sangat bagus untuk loncatan kariernya. Pada seri ini, ia memperkuat Questnet Team Qi-Meritus. Hasilnya fantastis. Rio memenangkan 11 dari 15 kali balapan. Hasil itu membuat Rio menjadi juara dengan raihan 250 poin pada klasemen akhir.

 

Sumber: Salamadian, Sahabatnesia

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer