Sukses


6 Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sepak bola merupakan satu di antara jenis permainan bola besar. Sepak bola merupakan olahraga yang begitu digemari masyarakat di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Secara umum, tujuan permainan sepak bola ialah memasukkan bola ke gawang lawan sebanyaknya-banyak dan mencegah gawang sendiri dari kebobolan.

Sepak bola digemari karena tidak memerlukan perlengkapan yang mahal seperti olahraga lainnya. Untuk dapat memainkan olahraga ini hanya bermodalkan sepatu dan bola.

Selain bola, ada beberapa komponen penting lain dalam permainan sepak bola. Meski cukup banyak, kamu tetap bisa bermain sepak bola tanpa harus memiliki seluruh komponen tersebut.

Hal yang terpenting dalam permainan sepak bola adalah prinsip kebersamaan, kerja sama tim yang baik, dan sportivitas.

Untuk menambah pengetahuan tentang permainan sepak bola, penting mengetahui komponen-komponennya. Apa saja komponen dalam permainan sepak bola?

Berikut ini beberapa komponen penting dalam permainan sepak bola, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Kamis (15/9/2022).

2 dari 4 halaman

Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola

Pemain

Sepak bola dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari 11 pemain utama (10 pemain dan satu kiper). Namun, jumlah pemain dapat disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan atau kompetisi yang dilangsungkan.

Pada pertandingan resmi sekurang-kurangnya harus ada tujuh orang pemain pada saat dimulainya permainan (kick off). Setiap pemain juga bisa digantikan oleh pemain cadangan ketika permainan dimulai.

Lapangan

Permainan sepak bola dapat dilakukan di lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Bahkan, permainan sepak bola juga dapat dimainkan di lapangan yang tidak berumput atau tanah, asalkan permukaan lapangan rata, tidak berbatu, tidak terdapat penghalang, dan tidak ada benda-benda yang bisa mencederai pemain.

Secara umum, lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Panjang lapangan sekitar 100-110 meter dengan lebar lapangan 64-75 meter.

3 dari 4 halaman

Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola

Bola

Bola adalah komponen utama dalam permainan sepak bola. Bola berbentuk bundar dan umumnya terbuat dari bahan kulit atau semacamnya.

Untuk ukuran bola yang dapat digunakan dalam permainan, yaitu ukuran nomor tiga, empat, atau lima. Ukuran bola tersebut disesuaikan dengan tingkatan usia pertandingan.

Gawang

Selain bola, gawang merupakan komponen utama yang diperlukan dalam permainan sepak bola. Gawang berfungsi sebagai tempat atau tujuan akhir dari semua regu dalam menciptakan gol.

Gol tercipta apabila suatu regu yang sedang dalam penyerangan dapat memasukkan bola ke dalam gawang. Untuk ukuran lebar gawang 7,32 meter dan tinggi mistar gawang ke tanah 2,44 m.

4 dari 4 halaman

Komponen Penting dalam Permainan Sepak Bola

Wasit

Wasit merupakan seorang yang mempunyai wewenang untuk memimpin jalannya suatu pertandingan olahraga.

Dalam sepak bola, seorang wasit ditemani dua hakim garis, satu wasit cadangan dan penilai wasit. Mereka semua termasuk perangkat pertandingan.

Waktu permainan

Waktu dalam permainan sepak bola sebenarnya disesuaikan dengan umur dan tingkatan atau level kompetisinya. Namun, waktu permainan sepak bola secara resmi adalah 2 x 45 menit dengan jeda istirahat 15 menit.

Apabila skor masih imbang maka akan dilanjutkan dengan babak tambahan dengan waktu 2 x 15 menit. Jika skor masih tetap imbang, wasit akan menunjuk titik putih untuk dilanjutkan dengan adu penalti hingga menemukan pemenangnya.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar pengetahuan sepak bola lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer